TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Seberapa Sering Kucing Perlu Dibawa ke Dokter Hewan?

Anabul sejahtera adalah tugas pawrents

ilustrasi kucing ke dokter hewan (freepik.com/freepik)

Hayo siapa di sini yang hanya membawa kucing ke dokter hewan saat sakit saja? Sama seperti manusia, anabul sebenarnya juga perlu dibawa ke dokter secara rutin untuk check up kondisinya, lho. Langkah ini penting guna mendukung kehidupan anabul yang sehat dan sejahtera.

Jika memang harus rutin, seberapa sering kucing perlu dibawa ke dokter hewan? Apakah tiap bulan atau cukup beberapa kali setahun? Berikut penjelasannya untuk pawrents.

Kapan dan berapa kali kucing harus dibawa ke dokter hewan?

ilustrasi kucing ke dokter hewan (freepik.com/freepik)

Kapan kucing perlu mulai dibawa ke dokter dan harus seberapa sering? Jawabannya tergantung pada usia kucing. Jika anabul sudah dari lahir bersamamu, Cumberland Animal Clinic menyarankan anak kucing perlu mulai dibawa ke dokter saat berusia kurang lebih 8 minggu.

Menurut pedoman tahap kehidupan kucing yang dirilis oleh American Animal Hospital Association, anak kucing juga perlu mengunjungi dokter hewan lebih sering selama 16-20 minggu pertama kehidupannya. Kamu bahkan perlu membawanya lebih awal (sekitar pada usia 6 minggu) apabila induk kucing tidak menyusuinya, kucing belum bisa buang air setelah distimulasi pada usia 3-4 minggu, maupun akibat kondisi kesehatan lain. 

Kunjungan pertama anak kucing ke dokter hewan ini penting, lho. Anabul harus menerima vaksin pertamanya paling lambat pada usia 6 minggu, lalu dilanjutkan dengan vaksinasi rutin tiap 3-4 minggu.

Bagaimana dengan kucing dewasa muda (1-6 tahun) dan dewasa senior (7-10 tahun)? Berapa kali kucing harus dibawa ke dokter untuk usia tersebut tidak sesering saat masih anak-anak. PetMD menyarankan setidaknya membuat janji temu kesehatan dengan dokter sekitar sekali setahun. Itu minimal, ya.

Sementara itu, untuk kucing berusia lebih dari 10 tahun sudah dianggap senior. Seberapa sering kucing perlu dibawa ke dokter hewan pada fase usia ini? Kamu perlu mengajaknya ke dokter hewan setidaknya 6 bulan sekali alias setahun dua kali, ya. 

Baca Juga: Apakah Kucing Tahu Kapan Ia Mati? Berikut Fakta dan Tandanya

Apa yang dilakukan saat pemeriksaan rutin kucing?

Ilustrasi kucing ke dokter hewan. (pexels.com/Gustavo Fring)

Lagi-lagi jawaban dari pertanyaan ini bergantung pada usia kucing. Jika kamu membawa anak kucing yang berusia kurang dari 1 tahun, agenda biasanya melibatkan cek fungsi tubuh, perkembangan dan pertumbuhan, vaksinasi, hingga sterilisasi.

Sementara itu, pada kucing lebih dewasa, dokter akan melakukan screening kesehatan secara keseluruhan. Termasuk memeriksa kondisi jantung, gigi, kanker, dan banyak kondisi lain yang mungkin parents kurang aware. Pada saat tertentu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan darah tahunan untuk mendeteksi diabetes atau penyakit ginjal kronis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya