TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Tidak Boleh Membunuh Ular Kobra? Ini Alasannya

Menakutkan memang, tapi jangan, ya

ilustrasi ular kobra (unsplash.com/Nivedh P)

Sangat wajar jika manusia menghindari bahaya yang ada di depan mata. Termasuk keberadaan ular jenis tertentu yang kerap dianggap sebagai ancaman, misalnya ular kobra. Beberapa orang mungkin membela diri dengan mengambil langkah untuk membunuh hewan berbisa tersebut.

Namun, ada baiknya kamu tidak bertindak gegabah saat melihat ular tersebut. Apalagi sebetulnya ular kobra ini tidak boleh dibunuh. 

Kenapa tidak boleh membunuh ular kobra? Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan demi menjaga keselamatanmu. Berikut penjelasannya.

Kenapa tidak boleh membunuh ular kobra?

Ular kobra jawa (inaturalist.org/kphhimakova)

FYI, ular kobra merupakan ular paling berbisa di Bumi, melansir National Geographic. Namun, karakteristik ular ini sebetulnya cenderung pemalu dan secara naluriah akan menghindari manusia yang dianggapnya sebagai ancaman. Meski demikian, bukan tidak mungkin hewan satu ini menyerang ketika merasa dalam bahaya.

Masalahnya, ular kobra memiliki bisa yang beracun walau bukan yang paling mematikan di antara ular berbisa lainnya. Akan tetapi, jumlah neurotoksina yang dapat dilepaskan dalam satu gigitannya dikatakan cukup untuk membunuh 20 orang bahkan seekor gajah. Dengan fakta tersebut, siapa yang tidak panik jika bertemu ular cobra?

Walau begitu, bukan berarti kamu boleh membunuhnya begitu saja. Kenapa tidak boleh membunuh ular kobra, terutama dengan cara menghancurkan kepala? Hal itu karena ditakutkan bisanya bisa menyebar ke mana-mana. 

Bisa tersebut bisa masuk ke mata atau bekas luka manusia. Efek yang dihasilkan dari bisa tidak tidak kalah parah dari bisa yang didapat dari gigitan ularnya, lho. Dampaknya bahkan sama, bisa ular kobra tersebut dapat menyebar ke aliran darah dan menyebabkan kegagalan napas hingga kematian, melansir University of Michigan

Baca Juga: 4 Perbedaan Ular Welang dan Ular Weling, Sama-sama Berbahaya

Kenapa tidak boleh membunuh ular secara umum?

Jangankan ular kobra yang dianggap berbahaya, membunuh ular secara umum pun sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Bahkan meski ketakutan sekalipun disarankan untuk tidak membunuh reptil ini. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa hal tersebut perlu kamu lakukan.

Ular adalah bagian dari ekosistem dan rantai makanan yang seimbang. Hewan ini bertindak sebagai predator yang mana berarti bisa mengendalikan hama. Berbagai jenis ular memakan banyak hewan pengerat yang berpotensi membawa penyakit. 

Tidak hanya itu, ular juga bertindak sebagai mangsa bagi hewan-hewan predator yang lebih besar, contohnya burung elang. Penurunan jumlah ular karena pembunuhan dan perburuan dapat mengurangi sumber makanan utama bagi predator utama. Alhasil, rantai makanan terganggu dan memicu ketidakseimbangan.

Faktanya, menurut studi dari Universitas Florida, kita lebih mungkin digigit anjing daripada ular berbisa, lho. Itu berarti, lebih kecil kemungkinan ular menyerang manusia. Untuk itu, ada baiknya tidak gegabah ambil tindakan ketika melihat ular di sekitar kita, ya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya