TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Kucing Suka Tidur di Pangkuan Kita? Ini Alasannya

Padahal ada kasur, lho

ilustrasi kucing di pangkuan (freepik.com/freepik)

Sudah bukan rahasia kalau kucing suka tidur di sembarang tempat. Ada kalanya di kardus, dalam plastik, lemari, dan banyak tempat tak terduga lainnya, termasuk pangkuan 'babu'. Padahal, sudah disediakan kasur yang konon sesuai dengan kebutuhan anabul, tetapi kucing tetap memilih pangkuanmu.

Pertanyaannya, kenapa kucing suka tidur di pangkuan kita? Kalau tujuannya mencari kehangatan, harusnya kasur jadi pilihan yang pas. Anabul mungkin memilih pangkuanmu alih-alih kasur karena hal-hal berikut. 

Kenapa kucing suka tidur di pangkuan kita?

Iya, benar, tidak semua kucing suka melakukannya. Ada juga kucing yang justru inginnya jauh-jauh dari pawrents saat sedang istirahat. Namun, dalam artikel ini kita membahas khusus kucing yang punya kesukaan meringkuk di pangkuan saja, ya. Kenapa, sih?

1. Mencari kehangatan

ilustrasi kucing dan pemiliknya (freepik.com/freepik)

Tahukah kamu bahwa kucing sangat suka tidur di tempat yang hangat? Misalnya saja dekat radiator, di bawah sinar matahari, samping kulkas, dan banyak spot lain yang menyediakan panas, termasuk di dekatmu. Ketika kucing bergelung di pangkuan, anabul mungkin sedang mencari panas yang dipancarkan oleh tubuhmu.

Faktanya, tidak hanya kucing yang mendapat manfaat kehangatan, lho. Kamu yang memangkunya juga merasakan kehangatan. Oleh karenanya, baik kamu maupun kucing, akan merasa sama-sama nyaman.

2. Mencari perhatian dan kenyamanan

Kenapa kucing suka tidur di pangkuan kita bisa jadi karena anabul mencari perhatian. Kucing memang hewan penyendiri, tapi bukan berarti anabul menolak ketika diberi perhatian.

Begitu duduk di pangkuanmu, kamu akan mulai mengelus dan memberikan atensi. Nah, kucing merasa nyaman dengan tindakan tersebut.

Tidak heran jika anabul melakukannya secara berulang untuk mendapatkan koneksi dan cinta. Tak jarang, kucing akan mulai purring dan tidur karena rsa nyaman tersebut.

3. Mencari keamanan

ilustrasi kucing dan pemiliknya (pexels.com/Ninari)

Di alam liar, kucing mencari tempat aman untuk beristirahat. Nah, bisa jadi kucing menganggapmu sebagai tempat amannya ketika di rumah. Apalagi kalau selama ini kamu selalu membela anabul saat di ambang bahaya. 

Dilansir The Dog People, tidur merupakan tahap yang rentan bagi kucing. Meski kucing termasuk predator, anabul tetap perlu waspada akan bahaya, termasuk terkaman hewan lain yang lebih besar. Nah, dengan berada di dekatmu, kucing bisa mendapatkan keamanan tersebut.

Baca Juga: Kenapa Kucing Suka Tempat Tinggi untuk Bersantai atau Tidur?

4. Bonding dengan pemiliknya

Tak hanya kamu yang berusaha dekat dengan kucing, anabul pun dapat bertindak demikian, lho. Alasan kenapa kucing suka tidur di pangkuan kita bisa menjadi tanda keinginannya untuk dekat dan merasa terikat dengan pemiliknya.

Konsultan perilaku kucing Mikel Delgado, PhD., dalam Catster menjelaskan bahwa sangat wajar kucing menggunakan bantalan saat tidur. Anabul mungkin menggunakan kucing lain yang dirasa dekat sebagai bantal tersebut. Ketika tidak ada, kucing pun menggunakan pangkuan pawrents sebagai tempat pilihannya untuk mendekatkan diri.

5. Merasa akrab dengan aromamu

ilustrasi kucing dielus (pexels.com/stayhereforu)

Kamu tentu tahu bagaimana canggihnya penciuman kucing, bukan? Ikan cue di ujung gang saja bisa tercium oleh anabul. Tidak heran karena kucing punya sekitar 200 juta reseptor bau, jauh lebih banyak dibanding manusia yang hanya punya 50 juta. Lantas, apa hubungannya dengan duduk di pangkuan?

Kemampuan mencium aroma tertentu ini mungkin memengaruhi preferensi anabul dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kucing mungkin akan memilih tidur di pangkuanmu dengan aroma tubuh yang sudah dikenalinya alih-alih kasur beraroma lainnya. Lagi-lagi hal ini membuat kucing nyaman karena tahu di mana ia sedang berada.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya