TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Hewan yang Hamil 3 Semester, Ada yang Sampai 18 Bulan

Masa kehamilannya lebih lama dari manusia

ilustrasi gajah (unsplash.com/Hu Chen)

Kehamilan 3 semester bukan hal mustahil, setidaknya bagi hewan. Yup, beberapa hewan punya waktu mengandung lebih lama dari manusia. Tidak tanggung-tanggung, bahkan ada yang melalui masa kehamilan hingga 18 bulan.

Membutuhkan waktu lebih lama, hewan yang hamil 3 semester ini kebanyakan bertubuh besar. Tidak heran jika hewan-hewan berikut perlu waktu lebih panjang untuk memastikan janin siap dilahirkan. 

Hewan yang hamil 3 semester

Dibanding anggota Kingdom Animalia lain, manusia memiliki masa mengandung yang lebih lama. Durasi kehamilan manusia mencapai 9 bulan yang terbagi menjadi tiga tahap alias trimester.

Meski demikian, durasi kehamilan manusia ternyata bukan yang terlama. Beberapa hewan berikut punya masa kehamilan hingga 3 semester. Apa saja hewan tersebut?

1. Gajah

ilustrasi gajah (pexels.com/Amar Hussain)

Gajah merupakan kelompok hewan mamalia yang punya waktu hamil cukup panjang. Induk gajah membawa janin dalam rahimnya selama 18—22 bulan sebelum akhirnya dilahirkan.

Mengapa gajah perlu mengandung selama itu, ya? Dilansir Treehugger, durasi kehamilan yang lama merupakan hal umum pada satwa liar dengan kecerdasan tinggi. Faktanya, gajah merupakan hewan darat dengan tubuh dan otak terbesar. Tidak heran, jika banyak perkembangan yang harus dilewati janin gajah sebelum akhirnya dilahirkan. 

2. Badak

ilustrasi Badak Putih (animalia.bio)

Hewan yang hamil 3 semester berikutnya adalah badak. Secara umum, seluruh spesies badak bisa mengandung 15—18 bulan. Salah satunya ada badak putih yang bisa hamil 15—16 bulan, melansir International Rhino Foundation. Durasi kehamilan yang panjang ini menjadi salah satu penguat mengapa hewan tersebut terancam punah.

Tak hanya kehamilannya yang lama, induk badak pun menyusui anaknya hingga 2 tahun. Enam bulan pertama, anak badak Sumatra akan menyusu setiap 1—2 jam. Apalagi induk badak terkenal sebagai salah satu animalia terbaik dalam pengasuhan.

3. Paus orca

paus pembunuh (commons.wikimedia.org/ Robert Pittman, Public domain)

Jika gajah adalah mamalia terbesar di darat, orca termasuk mamalia terbesar di laut. Tidak heran jika predator puncak ini membutuhkan masa mengandung cukup lama. Dilansir WWF, masa kehamilan orca mencapai 17 bulan. Sementara itu, Seaworld menyebutkan bahwa rentangnya lebih bervariasi, dari 15,7—18 bulan. 

Faktanya, orca jantan mulai berkembang biak pada usia 10—13 tahun dan menghasilkan sperma sepanjang tahun. Sementara itu, orca betina mulai berkembang biak sekitar usia 6—10 tahun. Nah, orca betina bisa melahirkan setiap 3—5 tahun, meski ada kalanya membutuhkan waktu hingga satu dekade untuk mendapatkan kelahiran yang berhasil.

4. Walrus

ilustrasi walrus (pexels.com/Francesco Ungaro)

Jangan terkecoh antara walrus dengan anjing laut, ya. Meski terlihat mirip, walrus tidak ditutupi bulu alias tamak botak dengan kulit tebal berkeriput. Termasuk hewan yang hamil 3 semester, durasi mengandung walrus bisa mencapai 15—16 bulan, lho.

Walrus yang mengandung biasanya melahirkan satu bayi setiap 3 tahun. Bayi yang baru lahir akan diasuh induknya, setidaknya selama 2 tahun sebelum sang bayi siap hidup terpisah, melansir Point Defiance Zoo and Aquarium

5. Paus sperma

ilustrasi Paus sperma (animalia.bio)

Hewan yang hamil 3 semester berikutnya juga datang dari laut dalam, yaitu paus sperma. Paus jantan mencapai kematangan seksual saat berusia 18 tahun, sedangkan paus sperma betina ketika berumur 9 tahun. Adapun masa kehamilannya mencapai 15 bulan dan hanya melahirkan satu anak pada setiap periode mengandung.

Uniknya, momen kelahiran bayi merupakan peristiwa sosial bagi kawanan paus sperma. Ketika ada induk sperma melahirkan, kawanan paus akan membentuk penghalang pelindung di sekitarnya. Dilansir Oceanwide Expedition, paus sperma betina hanya kawin sekali tiap 4—20 tahun, lho.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya