TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Ular Takut Garam? Berikut Fakta dan Penjelasannya

Wah, jangan-jangan kamu juga pernah melakukannya?

ilustrasi ular (freepik.com/kuritafsheen77)

Kamu pasti punya stok garam di dapur, kan? Selain digunakan untuk memasak, garam konon juga bisa dipakai untuk mengusir ular, lho. Menurut anggapan yang beredar, cara ini efektif membuat ular tidak datang atau pergi dari sekitar rumahmu. Metodenya pun sederhana, cukup taburkan garam di sekitar rumah, lalu reptil ini tidak akan mendekat.

Namun, apakah ular takut garam? Bisakah hanya dengan menaburkan garam di sekitar rumah membuat hewan ini berbalik dan tidak jadi ke rumahmu? Berikut faktanya. 

Apakah ular takut garam?

ilustrasi ular bajing (commons.wikimedia.org/Bjørn Christian Tørrissen)

Faktanya, ular tidak takut pada garam. Ular bisa saja melewati taburan garam di sekitar rumahmu dengan mudah. Beberapa jenis ular bahkan santai-santai saja memasuki kolam air asin, bahkan hewan ini tetap bisa berenang dengan baik, melansir Premier Pool Service

Terlepas dari itu, ular tidak menjilat atau menyeruput makanannya. Ular menggigit, mencekik, dan menelan mangsanya. Selain itu, kulit ular juga tidak sensitif dengan garam. Dengan kata lain, air asin ataupun garam bukan metode efektif untuk mencegah ular mendekat atau masuk ke rumah. 

Kamu mungkin berpikiran untuk melempar garam tepat ke tubuh ular sebagai cara untuk  mengusirnya. Sayangnya, meski metode ini bisa membuat mata ular buta (jika garam yang dilempar ke matanya cukup banyak), tetapi alih-alih mundur reptil ini justru merasa terancam. Ular pun bisa mengambil tindakan mempertahankan diri yang justru membahayakanmu.

Lantas, bagaimana dengan metode merendam ular dalam garam atau larutannya?  Seorang dokter hewan di Dinas Kedokteran Hewan Negara Bagian Kwara, Dr. Bukky Richard, dalam Dubawa menjelaskan dampak dari metode tersebut. Menurutnya, merendam makhluk apa pun, termasuk ular, dalam cairan garam konsentrasi tinggi yang bersifat asam dapat membunuhnya. 

Baca Juga: 4 Tanaman yang Disukai Ular, Jangan Dibiarkan Tumbuh

Lantas, apakah garam bisa mengusir ular?

Mitos garam sebagai pengusir ular mungkin berawal dari asumsi bahwa garam dapat menyebabkan siput dan bekicot mati. Meski demikian, tidak ada sumber jelas dari mana anggapan ini bermula.

Seperti dijelaskan sebelumnya, menabur garam di sekitar rumah atau melemparkannya pada ular bukan upaya efektif untuk mencegah hewan melata ini pergi. Namun, bukan berarti tidak ada efeknya sama sekali, ya.  

PETA menyebutkan bahwa ular sangat sensitif terhadap aroma atau bau. Reptil ini bahkan punya penciuman sangat kuat dalam organ jacobson. Organ ini berada di atas langit-langit mulut ular. Fungsinya, untuk mendeteksi zat kimia dari udara atau sebagai sistem penciumannya, melansir California Academy of Science. 

Oleh karenanya, alih-alih garam dapur, organisasi PETA menyarankan untuk menggunakan garam epsom yang dicampur dengan suatu hal beraroma tajam untuk mengusir ular. Misalnya, cuka, jeruk nipis, cabai, bawang putih, minyak cengkeh, atau bahan aromatik lainnya. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya