TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Kucing Bisa Melihat Warna Seperti Mata Manusia?

Menurut anabul, dunia hitam putih atau berwarna, ya?

ilustrasi kucing (pexels.com/Joe Hudson)

Penglihatan kucing berbeda dengan manusia. Kucing memiliki mata yang lebih tajam bahkan mereka dapat mengenali objek saat gelap. Namun, apakah kucing bisa melihat warna?

Faktanya, kucing tidak dapat melihat warna-warni dunia sebagaimana mata manusia. Bagaimana mata kucing melihat dunia mungkin berbeda dengan manusia. Berikut penjelasan lebih lengkapnya. 

Apakah kucing bisa melihat warna?

ilustrasi kantong primordial pada kucing (unsplash.com/Li Lin)

Tidak, sayangnya kucing tidak dapat melihat warna sebagaimana manusia. Meski demikian, bukan berarti penglihatan anabul sepenuhnya hitam putih.

Kucing bisa melihat beberapa warna, yaitu biru, hijau, dan kuning. Sayangnya, beberapa warna seperti oranye, merah, dan cokelat tidak terlihat oleh anabul.

Selain penglihatan akan warna yang terbatas, saturasi pandangan kucing juga lebih rendah daripada manusia. Lebih jelasnya, sama seperti mata manusia, mata kucing juga punya bagian batang dan kerucut. Bagian batang tersebut dapat menentukan seberapa kuat mata memandang dalam gelap. Sementara itu, bagian kerucut untuk melihat suasana sekitar pada siang hari dan persepsi warna.

Nah, mata manusia punya lebih banyak sel kerucut dibanding kucing, melansir The Wildest. Artinya, mata manusia lebih sanggup menangkap spektrum cahaya dalam semua rona cerah. Sementara itu, mata kucing memiliki batang lebih banyak sehingga sanggup melihat dalam kondisi cahaya redup. 

Perbedaan fungsi penglihatan ini juga disebabkan oleh adanya reseptor fotopigmen. Mata manusia punya tiga reseptor, sedangkan kucing hanya punya dua. Alhasil, spektrum warna mata kucing pun lebih rendah. 

Baca Juga: Apakah Kucing Bisa Kedinginan? Ini Penjelasan dan Tandanya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya