TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa yang Harus Dilakukan Saat Ular Masuk WC Rumah?

Jangan langsung dipukul

ilustrasi ular (pexels.com/Skyler Ewing)

Pernah mendengar atau membaca berita ular yang tiba-tiba muncul dari lubang kloset kamar mandi? Hal itu mungkin jarang terjadi dan kamu belum pernah mengalaminya. Meski begitu, potensi ular muncul di toilet rumah tetap memungkinkan, terlebih ketika cuaca sedang panas-panasnya, melansir Auger Pros Plumbing and Drain

Demi mengantisipasi hal itu, apa yang harus dilakukan saat ular masuk WC atau tiba-tiba muncul dari lubang toilet? Kalau kamu berpikir ingin langsung memukulnya, urungkan niat tersebut, ya. Lebih baik lakukan langkah berikut untuk membuat ular pergi dari klosetmu. 

Apa yang harus dilakukan saat ular masuk WC?

ilustrasi ular (freepik.com/kuritafsheen77)

Sebetulnya, ular bukanlah hewan yang agresif terhadap manusia, melansir NC State University. Akan tetapi, ular bisa merasa terancam ketika berada dekat dengan manusia, apalagi jika kita mengganggunya.

Nah, kalau tiba-tiba muncul di toilet kan berarti ular yang mengganggu manusia? Well, ular tidak mengerti hal tersebut, ya. Keberadaannya di toilet mungkin juga tidak disengaja.

Ketika ular masuk atau muncul dari kamar mandi, bukan berarti reptil ini akan langsung menyerangmu, kok. Kendati demikian, sebagai antisipasi kamu bisa lakukan hal berikut.

1. Biarkan terlebih dahulu

Pertama, pastikan selalu menengok kloset sebelum buang air. Kamu tidak bisa menebak kapan ular akan berada di sana, kan? Nah, kalau ternyata saat membuka toilet ada ular di sana, sebaiknya segera ambil jarak, ya. 

Kamu bisa keluar dari toilet dan menutup pintunya rapat-rapat. Tutup juga jendela atau celah yang memungkinkan ular masuk rumahmu. Selain itu, jauhkan hewan peliharaan dari lokasi ular berada.

2. Panggil bantuan

Jangan sekali-kali mencoba menangkap reptil ini, apalagi jika ukurannya cukup besar dan dicurigai sebagai ular berbisa. Kalau ditanya apa yang harus dilakukan saat ular masuk WC, langkah tepatnya tentu saja memanggil bantuan ahli untuk menanganinya.

Kamu bisa menghubungi pemadam kebakaran untuk datang ke rumah dan mengambil ular yang ada di toilet. Jika memang ada, tidak ada salahnya juga untuk memanggil pawang ular. Sementara itu, pastikan langkah pertama sudah dilakukan, ya. 

Baca Juga: Kenapa Tidak Boleh Membunuh Ular Kobra? Ini Alasannya

3. Dapatkan bantuan medis

Dipatuk ular bisa dibilang sebagai salah satu 'mimpi buruk'. Apalagi kalau ularnya berbisa. Efek gigitan tersebut bisa memicu dampak yang membahayakan dirimu.

Nah, kalau ternyata ular itu menggigitmu, segera ke klinik atau rumah sakit terdekat. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa memanggil ambulans.

Umumnya, medis akan segera memberikan antiracun untuk mengatasinya bisanya. Lebih cepat, lebih baik, supaya racun belum menyebar ke seluruh pembuluh darah. Sebisa mungkin ingat juga bentuk ular yang mengigitmu sehingga kamu bisa memberitahukannya kepada dokter.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya