TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa yang Harus Dilakukan Saat Tokek Masuk Rumah?

Tetap tenang, ya

ilustrasi tokek (pexels.com/Jimmy Chan)

Keberadaan tokek di sekitar rumah memang kerap mengganggu. Bukan hanya karena bunyinya yang nyaring, tetapi juga ancaman gigitannya. Reptil tersebut memang tidak beracun. Akan tetapi, gigitan tokek dikatakan sangat kuat dan sulit dilepaskan. Tak heran jika melihat hewan satu ini kerap bikin bergidik. 

Di sekitar rumah saja mengganggu, apalagi kalau mendapati hewan tersebut di dalam rumah. Lantas, apa yang harus dilakukan saat tokek masuk rumah?

Apa yang harus dilakukan saat tokek masuk rumah?

ilustrasi tokek leopard (unsplash.com/verdian chua)

Di antara banyaknya hewan liar di sekitar rumah, tokek termasuk yang berani berada di sekitar manusia. Mereka tidak segan menunjukkan diri atau berbunyi nyaring sepanjang malam. Meski tidak sepenuhnya berbahaya, keberadaan tokek di sekitar atau bahkan rumah bisa sangat mengganggu.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat tokek masuk rumah? Kamu tidak sepenuhnya perlu khawatir. Dibanding ular atau biawak, keberadaan tokek jauh lebih mudah diatasi.

1. Biarkan tokek keluar dengan sendirinya

Langkah paling sederhana dan tidak merugikan adalah membiarkan tokek keluar dengan sendirinya. Kamu perlu memastikan ada jalur keluar yang bisa dilalui tokek tanpa merasa terancam. Tentu saja tidak sepenuhnya mudah. Langkah ini bisa memakan waktu cukup lama jika dilakukan secara alami. 

Sebagai alternatif, bisa mendorong tokek keluar menggunakan beberapa pengusir tokek alami yang direkomendasikan. Misalnya, kombinasi rempah dari bawang putih, lada hitam, dan ampas kopi yang dikatakan efektif mengusir tokek. 

2. Tangkap dan lepaskan

Apa yang harus dilakukan saat tokek masuk rumah adalah dengan menangkapnya dan melepasliarkannya kembali. Tentu bukan dengan tangan kosong dan tanpa pengaman, ya! Kamu bisa menggunakan jaring panjang atau perangkap.

Jika memang berani, beberapa sumber menyebutkan boleh saja menangkapnya langsung dengan mengenakan sarung tangan. Setelahnya, lepas liarkan kembali tokek ke habitatnya, ya. Hindari memukul atau bahkan membunuhnya.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Ular Masuk WC Rumah?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya