TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa yang Harus Dilakukan Saat Biawak Masuk Rumah? Ini Anjurannya

Tenang, tenang, jangan panik dulu

ilustrasi biawak (commons.wikimedia.org/Ray in Manila)

Apa yang harus dilakukan saat biawak masuk rumah? Sebuah pertanyaan yang jawabannya mungkin kamu butuhkan suatu saat nanti. Pasalnya, salah satu reptil ini kerap tinggal berdekatan dengan manusia walau mungkin tidak disadari. Bahkan, kasus biawak masuk rumah pun dibagikan pada media sosial.

Kalau suatu saat  mengalaminya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama. Tidak usah ngide mengganggu si biawak, ya, ada baiknya segera lakukan hal berikut.

Apa yang harus dilakukan saat biawak masuk rumah?

Tahukah kamu kalau biawak merupakan salah satu kadal terberat di dunia setelah komodo? Tidak heran jika kamu shock ketika melihat reptil ini di rumah. Meski demikian, keberadaan biawak di sekitar tempat tinggal manusia bukan hal yang aneh, lho.

Dilansir laman Restorasi Ekosistem Riau, biawak liar ada di mana-mana. Hewan ini berhabitat di perairan dan dapat bertahan hidup pada suhu dingin. Sebagai predator karnivora, biawak berburu serangga, burung, katak, hewan pengerat, dan terkadang ular. 

Nah, mangsa biawak kerap berada di sekitar rumah. Oleh karena itu, tidak heran jika ada kalanya biawak 'tersesat' ke rumahmu. Ketika hal tersebut terjadi, apa yang harus dilakukan, ya?

1. Jangan panik dan jaga jarak

ilustrasi biawak (inaturalist.org/protomammal)

Bisa dibilang biawak merupakan hewan pemalu. Biawak tidak terlalu suka berinteraksi dengan makhluk lainnya sehingga besar kemungkinan reptil ini akan diam ketika berada di sekitar rumah. Namun, bukan berarti hewan ini tidak akan bertindak apa pun, ya. Biawak bisa saja menyerang saat diprovokasi. 

Demi menghindari hal itu, ada baiknya kamu tetap tenang dan menjaga jarak. Pastikan apa pun yang kamu lakukan tidak mengusik biawak sehingga hewan ini tidak membahayakanmu juga.

2. Beri jalan keluar

Apa yang harus dilakukan saat biawak masuk rumah? Langkah paling mudah adalah memberikan jalan keluar bagi biawak agar bisa keluar dengan sendirinya. Hal ini sangat mungkin, kok. Pasalnya, biawak punya insting untuk menyelamatkan diri.

Jika memungkinkan buka pintu selebar mungkin dan berikan jalan untuk keluar bagi biawak. Meski demikian, hindari menodongnya dengan tongkat kayu atau sejenisnya, ya. Kamu mungkin berniat mengarahkan, tetapi biawak justru merasa terancam.

Baca Juga: 4 Perbedaan Ular Welang dan Ular Weling, Sama-sama Berbahaya

3. Panggil bantuan

ilustrasi biawak (commons.wikimedia.org/Azardwiki)

Apabila tidak memungkinkan membiarkan biawak keluar dengan sendirinya, langkah paling tepat adalah memanggil bantuan. Kamu bisa meminta bantuan ahli terlatih atau pemadam kebakaran untuk mengeluarkan biawak dari rumahmu. 

Jangan sesekali mencoba mengeluarkannya sendiri, ya! Apalagi jika biawak berukuran besar. Kembali ke poin pertama, sejatinya biawak adalah hewan pemalu, tetapi kalau diprovokasi bisa saja menyerang, melansir National Parks.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya