TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Roan Antelope, Mamalia Gagah yang Bisa Kalahkan Singa

Kebal dimangsa predator!

tampak dekat roan antelope jantan (commons.wikimedia.org/Charles J Sharp)

Antelop dikenal sebagai hewan mangsa bertubuh ramping. Karena itu, ia bisa melarikan diri secara gesit dari kejaran predator. Namun, ada beberapa jenis antelop yang terlalu besar dan tangguh untuk dilumpuhkan oleh predator seperti singa sekalipun, salah satunya adalah roan antelope

Roan antelope merupakan salah satu antelop terbesar di dunia. Postur tubuhnya gagah dan berotot mirip kuda. Mereka juga punya sepasang tanduk yang bisa digunakan sebagai senjata melawan predator. Tahukah kamu kalau antelop satu ini bisa membunuh singa kalau merasa terancam? Yuk, pelajari lebih lanjut lewat lima fakta unik roan antelope yang perlu kamu tahu berikut ini!

1. Salah satu antelop terbesar dan paling gagah

roan antelope beristirahat (commons.wikimedia.org/Bernard DUPONT)

Di antara puluhan spesies antelop yang ada, roan antelope jadi salah satu yang terbesar. Dicatat laman Animal Diversity, jantan bisa berbobot 300 kilogram dengan tinggi bahu antara 1,5—1,6 meter. Tingginya itu belum termasuk sepasang tanduk yang digambarkan mirip pedang lengkung atau scimitar. Tanduk jantan bisa tumbuh sepanjang 1 meter, lho!

Gak seperti antelop kebanyakan, roan antelope punya postur tubuh yang membuatnya lebih mirip kuda daripada antelop. Tubuhnya tegap dengan otot kekar. Mereka juga punya surai pendek yang berdiri tegak di atas kepala dan sepanjang tengkuknya. Karena tampilannya ini, mereka dapat nama latin Hippotragus equinus. Adapun, equinus berarti 'menyerupai kuda'.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kucing Persia, Berwajah Datar

2. Jenis antelop paling menawan

roan antelope di sabana (pixabay.com/angelo_casto-39459235)

Roan antelope ternyata gak sendirian. Mereka bukan satu-satunya jenis antelop yang mirip kuda. Ada sable antelope yang berkerabat dekat dengannya. Keduanya tergabung dalam genus yang sama, yakni Hippotragus. 

Menurut laman Africa Geographic, kedua spesies ini sudah bercabang selama 5 juta tahun atau lebih. Meskipun demikian, keduanya punya banyak kesamaan mulai dari perilaku sampai bentuk adaptasi. Struktur sosialnya pun mirip dengan satu jantan dominan yang teritorial melindungi beberapa betina dan anak-anaknya. 

Kedua spesies ini pun tampil mirip. Keduanya sama-sama punya bentuk wajah panjang, telinga mirip kambing, dan otot kekar bak kuda. Tampilan khas ini bikin roan antelope dan sable antelope jadi jenis antelop paling menawan di Afrika.

3. Bisa lumpuhkan singa untuk membela diri

tampak sekujur tubuh roan antelope jantan (commons.wikimedia.org/Charles J. Sharp)

Umumnya, antelop hewan yang sangat awas. Roan antelop justru terbilang kalem dan gak mudah terusik. Kalau terganggu, mereka akan lari dalam jarak dekat, lalu berhenti untuk melihat ke belakang dan menyelidiki gangguan tersebut. Namun, kalau sudah terprovokasi atau merasa terancam, roan antelop bakal bertarung dengan ganas.

Roan antelope diketahui bisa membunuh singa untuk membela diri. Singa yang gagal melumpuhkan antelop ini dengan segera bisa kalah dan tumbang karena keagresifan roan antelope. Temperamen agresif, tubuh besar, dan sepasang tanduk panjang jadi senjata ampuh roan antelope untuk melumpuhkan singa. Gak heran kalau roan antelope dewasa yang sehat cenderung kebal dimangsa oleh predator, seperti singa, buaya, atau hiena. 

4. Jantan teritorialnya bukan main

Kawanan roan antelope berkumpul di badan air. (commons.wikimedia.org/Bernard DUPONT)

Sifat temperamen dan agresif roan antelope gak cuma ditujukan ke predator saja, lho. Sifat ini juga muncul saat mereka melindungi kawanannya. Jantan dominan gak akan membiarkan jantan lain dekat-dekat. Menurut laman Animal Diversityroan antelope jantan mempertahankan seluruh wilayah sekitar 300—500 meter dari kawanannya itu. 

Kalau ada jantan lain yang masuk ke wilayah ini, jantan dominan akan mengusirnya. Kalau jantan tersebut berniat untuk menguasai kawanan, pertarungan sengit bisa terjadi. Keduanya akan bertarung menggunakan tanduknya. Meski pertarungan bisa berlangsung dengan sengit, perselisihan ini jarang mengakibatkan kematian. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kuda Nil, Ternyata Gak Bisa Berenang

Verified Writer

Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya