TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pintar Bernyanyi, Ini 6 Fakta Unik Lemur Indri dari Madagaskar

Lemur terbesar di dunia!

ilustrasi lemur indri (commons.wikimedia.org/SurreyJohn)

Nama Indri gak cuma digunakan oleh manusia saja, lho. Hewan juga ada. Indri merupakan nama spesies lemur yang ada di Pulau Madagaskar. Mereka tinggal di pepohonan dilengkapi dengan tangan dan kaki panjang untuk bergelantungan di dahan-dahan pohon. Di antara spesies lemur lainnya, indri merupakan yang terbesar dan salah satu yang terunik. 

Tahukah kamu kalau primata unik ini punya bakat bernyanyi bak manusia? Dari mana, sih, asal muasal penamaan indri? Simak enam fakta unik lemur indri yang wajib kamu tahu berikut ini!

1. Lemur terbesar di dunia

ilustrasi lemur indri (commons.wikimedia.org/Gerry Zambonini)

Dengan berat tubuh berkisar 7—10 kilogram dan panjang tubuh antara 60—90 sentimeter, indri merupakan spesies lemur terbesar di dunia. Mereka punya tangan dan kaki panjang yang membantunya bergelantungan di dahan-dahan pohon. Bahkan, kaki belakangnya mampu membuat mereka melompat sejauh 10 meter dari dahan pohon satu ke dahan pohon lain, ungkap laman A-Z Animals

Selain ukuran tubuh yang besar, ekor juga jadi pembeda indri dari spesies lemur pada umumnya. Kalau lemur lain punya ekor yang hampir sama panjangnya dengan tubuh, ekor indri justru superpendek. Dilansir laman Animal Diversity Web, panjang ekornya cuma antara 5—6 sentimeter saja. 

2. Cuma ada di Madagaskar

ilustrasi lemur indri (commons.wikimedia.org/Charles James Sharp)

Kamu cuma bisa menemukan indri di Pulau Madagaskar. Dulu, populasi indri terbilang melimpah dan tersebar hampir di penjuru pulau. Sayangnya, kini mereka semakin terdesak ke bagian timur pulau, tepatnya di antara Sungai Mangoro dan Kota Sambava, ungkap laman Animalia.

Hutan hujan pegunungan dan pesisir merupakan habitat ideal bagi indri. Mereka hampir tidak pernah turun dari pohon untuk menghindari predator darat. Pepohonan juga menyediakan semua kebutuhan makanan mereka yang merupakan pemakan dedaunan ini. 

Baca Juga: 10 Potret Hewan dengan Sengatan Mengerikan, Bisa Menyebabkan Kematian

3. Dilindungi penduduk asli Pulau Madagaskar

ilustrasi lemur indri (commons.wikimedia.org/SurreyJohn)

Indri berarti 'there it is' atau 'itu dia' dalam bahasa Malagasi, bahasa utama bangsa Malagasi yang merupakan penghuni asli Pulau Madagaskar. Nama indri didapat dari penduduk lokal yang berteriak “indri, indri” sambil menunjuk ke arah hewan tersebut kepada para peneliti hewan. 

Oleh penduduk lokal, indri disebut babakoto yang berarti 'little father' atau 'ancestor of man'. Penduduk lokal meyakini kalau indri menyerupai leluhur mereka. Oleh karena itu, mengganggu, apalagi sampai berburu dan menyakiti indri, merupakan hal yang sangat tabu. 

Perburuan yang kini mengancam populasi indri banyak dilakukan oleh orang nonlokal. Hal ini menjadi perhatian besar bagi para konservasionis karena spesies ini sudah berada dalam mara bahaya akibat penghancuran habitat alaminya. 

4. Betina lebih dominan di dalam kelompok

ilustrasi lemur indri (commons.wikimedia.org/Z thomas)

Indri betina lebih berkuasa di dalam kelompok daripada pejantan. Menurut laman New England Primate Conservancy, jantan sering kali diusir ke cabang pohon yang lebih rendah dengan makanan berkualitas lebih rendah pula.

Sementara itu, para betina, terutama betina pemimpin kelompok, menguasai cabang pohon bagian atas. Begitu menginjak usia dewasa, indri betina mendapatkan prioritas makanan. Mereka memiliki akses ke dahan pohon paling atas dengan dedaunan paling berkualitas.

Betina dominan juga memimpin kelompok saat melakukan perjalanan. Kelompok indri bisa menempuh jarak sampai 700 meter dalam sehari. 

5. Ritme bernyanyi seperti manusia

Kalau kamu cukup beruntung, kamu bisa mendengar nyanyian indri saat jalan-jalan di hutan hujan Pulau Madagaskar. Indri terkenal punya suara yang nyaring dan suka berlagu. Menurut laman Animal Spot, indri biasanya akan bertengger di atas pohon supaya nyanyiannya bisa terdengar sampai beberapa kilometer jauhnya. Nyanyian ini biasanya dilakukan untuk berkomunikasi dan untuk melindungi wilayah teritorialnya. 

Primata langka ini bernyanyi dengan ritme, suatu hal yang dianggap mustahil untuk dilakukan oleh selain manusia dan burung. Dilansir laman BBC, para ilmuwan Universitas Turin Italia menemukan kalau indri saling memadukan suara dan berhamonisasi dengan satu sama lain. Panjang nada dan pola yang dinyanyikan juga punya kemiripan dengan musik buatan manusia. 

Baca Juga: 11 Ide Nama Hewan Peliharaan Jantan, Terkesan Gagah dan Menawan

Verified Writer

Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya