TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Spesies Ikan dalam Famili Osphronemidae, Penghuni Akuarium!

Warnanya cantik-cantik, lho!

Salah satu spesies Betta splendens. (commons.m.wikimedia.org/Pariskanza)

Intinya Sih...

  • Famili Osphronemidae merupakan kelompok ikan air tawar terbesar dan paling beragam dalam subordo Anabantoidei.
  • Betta splendens, Betta tussyae, Macropodus erythropterus, dan Trichogaster lalius adalah spesies ikan populer dalam famili Osphronemidae.
  • Ikan-ikan ini dikenal karena keindahan, keunikan, dan kemampuan bertahan hidup yang sangat baik di lingkungan akuarium.

Famili Osphronemidae merupakan salah satu kelompok ikan air tawar yang paling populer di kalangan penggemar akuarium. Famili Osphronemidae terdiri dari sekitar 12 genus dan 46 spesies, yang menjadikannya famili terbesar dan paling beragam dalam subordo Anabantoidei. Ikan dalam famili ini terbatas pada air tawar dan mampu menghuni daerah yang tergenang dan rendah oksigen karena adanya organ pernapasan udara yang disebut labirin.

Famili Osphronemidae juga dikenal karena keindahan dan keunikan mereka, serta kemampuan untuk bertahan hidup di lingkungan akuarium yang beragam. Berikut adalah lima ikan dalam famili Osphronemidae yang paling populer dan sering dijadikan penghuni akuarium.

1. Betta splendens

Salah satu spesies Betta splendens. (commons.m.wikimedia.org/Smrithy Raj)

Betta splendens merupakan salah satu ikan hias terpopuler di dunia. Ikan ini sering disebut ikan cupang Siam, yang banyak terdapat di perairan pantai timur. Ikan ini berasal dari Thailand tetapi tersedia di toko hewan peliharaan di seluruh dunia.

Betta splendens memiliki bentuk tubuh yang khas dan warna yang beragam, mulai dari oranye, merah tua hingga biru tua. Melansir Animal Diversity, rata-rata panjang hewan ini adalah 7,75 cm tergantung keanekaragamannya. Desain bodinya yang ramping membuatnya mudah meluncur di perairan terbuka. Ikan ini mempunyai sisik yang bentuknya seperti sirap pada atap rumah dan menutupi tubuh ikan.

2. Betta tussyae

Salah satu spesies Betta tussyae. (commons.m.wikimedia.org/DefenderRegina)

Betta tussyae adalah salah satu spesies cupang yang paling langka dan berharga. Ikan ini merupakan ikan endemik di wilayah pesisir negara bagian Pahang dan Terengganu, bagian timur Semenanjung Malaysia. Mereka memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil daripada Betta splendens dan warna yang lebih gelap.

Ikan ini sangat langka di pasar ikan hias karena keterbatasan populasi alaminya. Namun, bagi penggemar cupang, memiliki Betta tussyae adalah impian yang sulit tercapai. Untuk kamu yang ingin memelihara ikan ini, ukuran akurium yang tepat untuk ikan ini adalah 45 × 30 cm, dilansir Seriously Fish.

3. Macropodus erythropterus

Salah satu spesies Macropodus erythropterus. (commons.m.wikimedia.org/BS Thurner Hof)

Baca Juga: Kenapa Ikan Cupang Sering Berkelahi? Ini 5 Jawabannya!

Diinformasikan oleh iNaturalist, Macropodus erythropterus adalah spesies ikan gurami yang endemik di sungai-sungai di Vietnam. Spesies ini memiliki panjang hingga 6,5 cm dan sering ditemukan dalam perdagangan akuarium. Mereka memiliki bentuk tubuh yang lebih besar daripada Betta splendens dan warna yang lebih cerah. Ikan ini dikenal karena kekuatan bertarungnya yang sangat tinggi dan sering digunakan dalam pertandingan ikan adu. Mereka juga populer di kalangan penggemar akuarium karena keindahan dan keunikan mereka.

Ikan ini dapat dipelihara di akuarium yang dihias sepenuhnya meskipun banyak pembiak memilih tidak menggunakan substrat karena kemudahan pemeliharaan. Akar dan cabang kayu apung dapat digunakan dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga terbentuk beberapa tempat teduh, sementara beberapa vegetasi mengapung atau permukaan harus disertakan jika tujuannya adalah untuk mengembangbiakkan ikan.

4. Trichogaster lalius

Salah satu spesies Trichogaster lalius (commons.m.wikimedia.org/Jvarszegi)

Trichogaster lalius, atau lebih dikenal sebagai gourami kerdil, adalah spesies gourami yang populer di kalangan penggemar akuarium. Menurut Aqua Info, ikan jantan Trichogaster lalius memiliki tubuh berwarna merah dengan garis-garis biru yang memantulkan cahaya. Sirip punggung, sirip dubur, dan sirip perut juga sebagian besar memiliki corak biru yang mencolok ini. Sirip ekor memiliki pola garis-garis yang sama dengan tubuhnya. Selain itu, baik ikan jantan maupun betina memiliki dua sirip perut. Ikan betina mudah dibedakan dari ikan jantan karena warnanya lebih kusam. Ikan betina sepenuhnya berwarna abu-abu keperakan. Selain bentuk standar, ada juga banyak bentuk perkembangbiakan.

Ikan ini dikenal karena kemampuan bertahan hidup yang sangat baik dan keindahan yang menarik. Mereka sering dijadikan penghuni akuarium karena kemampuan mereka untuk hidup dalam lingkungan yang beragam.

Verified Writer

KAZH

Scaredy Cat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya