TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Famili Cichlidae, Dikenal sebagai Ikan yang Agresif

Kamu pernah melihatnya?

ilustrasi spesies ikan cichlid (pixabay.com/WikiImages)

Melansir Scientific American, Cichlidae adalah keluarga ikan air tawar yang terdiri dari sekitar 2.500 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang bervariasi dan dapat ditemukan di berbagai habitat air tawar seperti sungai, danau, dan rawa-rawa.

Keluarga ikan ini memiliki karakteristik khas, di mana mereka sering kali menjadi ikan hias populer untuk ditempatkan di akuarium. Dalam artikel ini, akan diberikan informasi tentang lima fakta menarik tentang famili Cichlidae yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Perawatan telur dan anakan

ilustrasi spesies ikan cichlid (pixabay.com/frankenstein))

Kebanyakan ikan Cichlidae memiliki siklus hidup yang sangat unik dan menarik. Setelah bertelur, induk ikan Cichlidae sering kali melindungi telurnya dan mengawasi dengan cermat hingga menetas.

Setelah menetas, anakan ikan tetap tinggal di dalam mulut induk selama beberapa waktu. Ini adalah sebuah adaptasi yang memungkinkan anakan ikan bertahan hidup pada awal kehidupannya. Jenis ikan Cichlidae seperti cichlasoma atau "jack dempsey" mempunyai siklus hidup seperti ini dan menjadi populer sebagai ikan hias di akuarium karena bentuk dan warnanya yang menarik.

Baca Juga: 7 Fakta Lele Hantu, Ikan Unik Bertubuh Tembus Pandang

2. Habitat asli yang berbeda-beda

ilustrasi spesies ikan cichlid (pixabay.com/nachbarsgarten)

Cichlidae tersebar luas di seluruh dunia dan dapat ditemukan di habitat air tawar yang berbeda. Beberapa jenis ikan Cichlidae hidup di danau dan sungai. Contohnya saja jenis ikan Cichlidae yang berasal dari Danau Malawi di Afrika.

Sementara jenis lainnya seperti Aequidens sp. hidup di rawa-rawa di Amerika Selatan. Karena habitatnya yang beragam, ikan Cichlidae juga mempunyai ciri fisik dan kebiasaan yang berbeda-beda.

3. Memiliki kecenderungan agresif

ilustrasi spesies ikan cichlid (pixabay.com/nachbarsgarten)

Beberapa jenis ikan Cichlidae dikenal memiliki kecenderungan yang agresif terhadap jenis ikan lain di akuarium. Hal ini terutama terjadi pada jenis Cichlidae yang berukuran besar seperti cichlasoma atau "jack dempsey".

Menurut The Dallas World Aquarium, namanya mengacu pada petinju, Jack Dempsey, karena sikap agresifnya. Ikan ini memiliki kecenderungan untuk melindungi wilayah teritorialnya dan sering kali menjadi agresif terhadap ikan lain yang masuk ke wilayah tersebut. Karena sifatnya yang agresif, Cichlidae membutuhkan perhatian khusus saat ditempatkan di akuarium.

4. Beraneka ragam jenis tubuh

ilustrasi spesies ikan cichlid (pixabay.com/Ralphs_Fotos)

Cichlidae memiliki berbagai macam bentuk tubuh yang sangat berbeda-beda. Beberapa jenis ikan Cichlidae memiliki tubuh yang ramping dan panjang seperti pada jenis ikan Cichlidae yang berasal dari Danau Malawi. Sedangkan jenis ikan Cichlidae seperti cichlasoma atau "jack dempsey" memiliki tubuh yang lebih gemuk dan pendek.

Selain itu, Cichlidae juga memiliki berbagai macam warna yang menarik seperti warna biru metalik pada jenis ikan Cichlidae yang berasal dari Danau Malawi atau warna merah pada jenis ikan Cichlidae yang berasal dari Amerika Selatan. Kebanyakan jenis ikan Cichlidae juga mempunyai sirip ekor yang indah, menjadikannya ikan hias yang populer untuk ditempatkan di akuarium.

Baca Juga: Kenapa Ikan Cupang Sering Berkelahi? Ini 5 Alasannya

Verified Writer

Kazu Zuha

Hanya seorang anak SMK yang menyukai pelajaran SMA. Cenderung seperti bunglon, bisa menjadi Kpopers, Wibu, Agamis, Anak Sosiologi, Anak Politik, dan lain lain sesuai situasi dan kondisi hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya