TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Famili Cyprinidae, Memiliki Varian Warna yang Menarik

Salah satu jenisnya adalah ikan koi

ilustrasi ikan koi (pixabay.com/Pexels)

Cyprinidae adalah famili ikan air tawar yang paling banyak ditemukan di seluruh dunia. Melansir Gbif, Cyprinidae memiliki sekitar 3.000 spesies, yang hanya tersisa 1.270 yang masih ada dan dibagi menjadi sekitar 370 general.

Famili ini terkenal karena variasi warna, bentuk, dan ukuran ikan-ikan yang termasuk di dalamnya. Berikut adalah lima fakta menarik tentang famili Cyprinidae.

1. Habitat yang beragam

ilustrasi ikan mas (pixabay.com/epicioci)

Cyprinidae hidup di berbagai habitat air tawar seperti sungai, danau, rawa, dan bahkan air terjun. Beberapa spesies Cyprinidae hidup di lingkungan dengan air yang relatif dingin dan bertenaga seperti di pegunungan.

Ada juga beberapa spesies lainnya dapat hidup di air yang lebih hangat dan tenang seperti di danau dan rawa-rawa. Contoh spesies ikan Cyprinidae yang hidup di habitat yang beragam adalah ikan mas (Carassius auratus), ikan bawal (Colossoma macropomum), dan ikan koi (Cyprinus carpio).

2. Memiliki gigi tengah

ilustrasi ikan koi (pixabay.com/Nika_Akin)

Fakta menarik tentang famili Cyprinidae adalah mereka memiliki gigi tengah yang dapat dipakai untuk menghancurkan makanan. Meskipun sebagian besar Cyprinidae adalah ikan herbivora, beberapa spesies makan daging kecil seperti serangga dan larva serangga.

Kekuatan gigi tengah mereka memungkinkan mereka untuk menghancurkan makanan dengan mudah dan efisien, membantu mereka memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Contoh spesies ikan Cyprinidae yang memiliki gigi tengah adalah ikan bawal merah (Red-bellied Pacu) (Piaractus brachypomus) dan ikan mas koki (Fancy Goldfish).

3. Predator yang efektif

ilustrasi ikan koi (pixabay.com/Lancier)

Banyak spesies ikan yang termasuk dalam famili Cyprinidae menjadi mangsa dari ikan yang lebih besar seperti ikan predator dan burung pemangsa. Namun, beberapa spesies ikan Cyprinidae juga memangsa ikan lain.

Mengutip Springer Link, sebagian besar memakan produsen sekunder, seperti zooplankton, macrocrustacea, larva, pupa dan serangga dewasa, oligochaetes, bryozoa, siput, dan remis. Selain itu, beberapa spesies ikan Cyprinidae seperti ikan mas dan ikan koi dapat memakan tumbuhan air, seperti alga dan tanaman air, dan mengatur populasi makhluk hidup di lingkungan perairan tersebut.

4. Memiliki varian warna yang menarik

ilustrasi ikan bawal (pixabay.com/5851928)

Salah satu hal yang paling menarik dari famili Cyprinidae adalah varian warna yang dimilikinya. Beberapa spesies ikan Cyprinidae memiliki warna yang sangat cerah dan menarik, seperti ikan koi dan ikan mas koki.

Beberapa spesies lainnya memiliki warna coklat atau hijau, seperti ikan bawal dan ikan nila. Warna ikan Cyprinidae dapat sangat bervariasi bahkan dalam satu spesies yang sama, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan lingkungan hidupnya.

Baca Juga: 7 Fakta Lele Hantu, Ikan Unik Bertubuh Tembus Pandang

Verified Writer

Kazu Zuha

Hanya seorang anak SMK yang menyukai pelajaran SMA. Cenderung seperti bunglon, bisa menjadi Kpopers, Wibu, Agamis, Anak Sosiologi, Anak Politik, dan lain lain sesuai situasi dan kondisi hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya