TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Tucuxi, Lumba-lumba Air Tawar Asli Sungai Amazon 

Musim kawin terjadi akhir musim panas dan awal musim gugur

Tucuxi (commons.wikimedia.org/Allen Sheffield)

Tucuxi atau Sotalia fluviatilis adalah spesies lumba-lumba air tawar yang dapat ditemukan di lembah sungai Amazon. Umumnya, mereka ditemukan di area sungai dengan arus yang rendah serta persimpangan sungai. Hal ini dikarenakan tempat tersebut makanan cukup berlimpah dan lebih sedikit energi yang harus dikeluarkan selama mencari makan.

Tucuxi menghindari daerah yang berlumpur atau genangan air yang berada di hutan. Beberapa tucuxi masih dapat ditemukan di muara sungai amazon meski wilayah muara sungai ini relatif asin. Walau begitu, tucuxi lebih menyukai wilayah air tawar yang lebih jauh ke pedalaman. Ada fakta menarik apa lagi ya mengenai tucuxi? Check this out!

1. Mirip lumba-lumba hidung botol

Tucuxi (www.inaturalist.org/Mamíferos de Colombia)

Tucuxi memiliki bentuk yang mirip dengan lumba-lumba hidung botol tetapi ukuran tucuxi lebih kecil. Tucuxi dapat memiliki panjang 1,5 meter dengan berat sekitar 50 kilogram. Bagian punggung hewan ini berwarna biru hingga abu-abu muda, sedangkan bagian perutnya berwarna putih atau merah muda pudar. Terdapat garis gelap yang membentang di antara mulut dan sirip tucuxi. 

Tucuxi memiliki moncong seperti paruh yang panjang dan ramping. Sirip bagian punggung hewan ini berbentuk segitiga dan ujungnya sedikit bengkok. Bagian ujung moncong dan sirip punggung ini dapat berwarna putih. 

Baca Juga: 5 Fakta Lumba-lumba Risso, Hewan yang Dikenal Agresif

2. Pemakan ikan

Tucuxi (www.inaturalist.org/Archilider)

Tucuxi merupakan hewan bersifat karnivora atau pemakan hewan lain. Makanan utamanya merupakan ikan dan diketahui terdapat 30 spesies ikan yang menjadi mangsa dari tucuxi. Ketika mencari makan, tucuxi akan berada dalam kelompok dan akan mengejar ikan dengan cepat di bawah permukaan air. 

3. Hewan yang pemalu

Tucuxi (www.inaturalist.org/Ben Schweinhart)

Tucuxi dapat terlihat dalam suatu kelompok besar yang terdiri dari 50–60 individu. Namun, mereka paling sering ditemukan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 10–15 individu, bahkan terkadang ada hanya berdua saja, yaitu seekor betina dan anaknya. Anak-anak tucuxi umumnya hidup dalam kelompok yang lebih besar untuk mempelajari berbagai perilaku sosial dari anggota kelompok. Tucuxi merupakan hewan yang pemalu. Mereka cenderung jarang melompat dan berenang secara perlahan. Tucuxi umumnya aktif pada pagi dan sore hari.

4. Berkomunikasi dengan suara

Tucuxi (commons.wikimedia.org/Franklin Checa)

Tucuxi berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai macam suara siulan dan bunyi seperti klik, seperti banyak lumba-lumba pada umumnya. Suara siulan akan meningkat ketika tucuxi menemukan tempat makanan yang berlimpah dan akan menarik individu tucuxi lainnya untuk ke tempat tersebut. Tucuxi juga menggunakan ekolokasi untuk membantu mereka menemukan mangsa.

5. Sistem perkawinan poliandri

Tucuxi (www.inaturalist.org/Charley Hesse)

Tucuxi memiliki sistem perkawinan poliandri, yaitu satu betina dapat kawin dengan banyak jantan. Musim kawin umumnya terjadi pada akhir musim panas dan awal musim gugur, yaitu berlangsung dari bulan Agustus hingga Oktober. Selama memasuki musim kawin, jantan akan menunjukkan perilaku agresif satu dengan lainnya.

Verified Writer

Fiti Aigaka

Mari mencari tahu lebih banyak lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya