TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Ikan Splash Tetra, Bertelur di Luar Permukaan Air! 

Ikan splash tetra dapat melompat keluar permukaan air

potret ikan splash tetra (fishi-pedia.com)

Ikan splash tetra memiliki nama ilmiah Copella arnoldi yang berasal dari famili Lebiasinidae. Ikan ini merupakan salah satu spesies ikan air tawar. Ternyata ikan ini memiliki kebiasaan yang sangat unik berbeda dari ikan pada umumnya.  

Ikan umumnya merupakan hewan selalu berada di dalam air. Namun, ikan ini juga memiliki kebiasaan unik yang melompat keluar dari permukaan air saat akan bertelur. Terdapat beberapa fakta unik dari ikan splash tetra ini. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Distribusi dan habitat

potret ikan splash tetra (seriouslyfish.com)

Ikan splash tetra merupakan ikan yang hidup di sungai air tawar. Dilansir dari Seriouslyfish, ikan splash tetra tersebar luas di sungai Amazon, Brazil hingga pesisir Guyana dan Suriname. Kebanyakan ikan ini menghuni sungai dan anak sungai kecil dan hidup di hutan yang tergenang air. Habitat dengan banyak vegetasi yang ada di tepi sungai dan menjorok ke arah sungai cukup disukai oleh ikan ini. Hal ini dikarenakan dapat memudahkan mereka saat pemijahan telur.

2. Hewan omnivora dan mikro predator

potret ikan splash tetra (fishi-pedia.com)

Ikan splash tetra merupakan organisme yang termasuk hewan omnivora dan mikro predator. Dikutip dari jurnal Acta Amazonica oleh Soares dkk. (2020), ikan splash tetra mengkonsumsi detritus atau sedimen yang ada di aliran sungai. Ikan ini juga dikenal sebagai mikro predator yang memakan serangga maupun arthropoda lain yang jatuh ke dalam air dari vegetasi yang ada di tepi sungai.

3. Proses pemijahan telur terjadi di luar permukaan air

ilustrasi proses pemijahan telur ikan splash tetra (animaldiversity.org)

Berbeda dari ikan pada umumnya, ikan splash tetra ini tidak hanya hidup di dalam air. Ikan splash tetra memiliki kebiasaan unik dengan melompat keluar dari permukaan air saat bereproduksi. Dikutip dari jurnal Integrative and Comparative Biology oleh Ishimatsu dkk. (2018), proses pemijahan dan pengendapan telur dari ikan splash tetra dilakukan pada vegetasi yang menjorok di atas permukaan air. Hal ini dilakukan untuk melindungi telur mereka dari predator. 

Ikan splash tetra jantan dan betina akan melompat keluar dari permukaan air untuk menempelkan telur ke daun atau vegetasi yang menjorok ke permukaan air. Selanjutnya ikan jantan akan membuahi telur tersebut. Ikan jantan akan tetap berada di sekitar tempat pemijahan dan secara berkala akan memercikkan tetesan air ke arah telurnya untuk menjaganya tetap lembab.

4. Perbedaan ukuran tubuh antara ikan jantan dan betina

ilustrasi proses pemijahan telur ikan splash tetra (paluweb.nl)

Ikan splash tetra jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup terlihat dari ukuran tubuhnya. Dilansir dari Seriouslyfish, ikan jantan akan tumbuh dengan ukuran tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan ikan betina. Ikan jantan juga akan mengembangkan siripnya lebih panjang dan lebih berwarna dibandingkan ikan betina.

Verified Writer

Fani Rahmawati

Be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya