TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Spesies Spaniel, Dikenal sebagai Anjing Pemburu yang Handal

Kebanyakan berasal dari Inggris

American spaniel (commons.wikimedia.org/Mike Baird)

Anjing spaniel dibiakan secara khusus bertugas untuk mengusir hewan buruan. Kemampuan spaniel dalam menemukan dan memburu hewan buruan di berbagai medan termasuk air.

Spaniel dikenal kesetiaannya dan pendamping bagi majikannya. Spaniel sering dicirikan telinganya terkulai, moncong lebar dan bulu bergelombang dengan berbagai warna seperti putih, merah, cokelat tua atau hitam dll. Spaniel terbagi dalam berbagai ras. Apa saja itu?. Simak penjelasan lengkapnya.

1. American spaniel

American spaniel (commons.wikimedia.org/Томасина)

Keturunan american spaniel langsung adalah english spaniel, namun dalam perkembangannya dikawinsilangkan dengan ras lain jadilah american spaniel. American spaniel biasanya ditugaskan untuk memburu burung woodcock karena mereka dikenal gigih, dikutip Wagwalking.      

Rambut di kepalanya pendek dan halus. Tubuhnya dipenuhi bulu mulai dari kaki, dada, perut dan telinga.American spaniel hadir dalam berbagai warna seperti hitam, hitam putih, cokelat putih, merah putih, krem, emas, perak dan merah. Tingginya sekitar 15 inci dan beratnya mencapai 30 pon. Diakui secara resmi oleh American Kennel Club pada 1878, 

2. Irish spaniel

Irish spaniel (commons.wikimedia.org/Canarian)

Irish spaniel dikenal karena kemampuannya mengambil buruan dari air di mana mereka juga suka berenang. Ditambah memiliki kaki yang berselaput untuk membantunya berenang.

Webmd menyebut, irish spaniel memiliki bahu dan kaki kuat serta leher panjang dan melengkung. Irish spaniel memiliki kepala berbentuk kubah, telinga panjang, ekor pendek dan tebal. Panjangnya mencapai 24 inci dan beratnya adalah 65 pon.

Warna ciri khas irish spaniel adalah cokelat kemerahan tua. Di bagian atas kepalanya terdapat ikal panjang dan longgar yang sering menutupi matanya. Irish spaniel punya sifat riuh, energik dan sangat penyayang.

Sesuai namanya, irish spaniel berasal dari Irlandia konon dibawa dari semenanjung Iberia. Namun itu hanya teori para ahli semata. Seekor anjing bernama Boastwain dianggap sebagai bapak irish spaniel modern.  

3. Field spaniel

Field spaniel (commons.wikimedia.org/Canarian)

Field spaniel dapat menjalankan tugasnya di air. Kakinya yang panjang digunakan untuk melewati semak belukar dan medan tebal. Matanya berbentuk almond berwarna cokelat tua, telinganya panjang dan lebar serta berbulu sedang.

Lanjutnya, memiliki moncong panjang dan ramping dengan hidung besar, kaki belakangnya lebar dan berotot. Bulunya halus, mengkilap, tebal dan anti air. Warna bulunya hitam dan emas. Beratnya mencapai 50 pon dan tingginya 18 inci. Field spaniel adalah anjing asli Inggris.

4. Clumber spaniel

Clumber spaniel (commons.wikimedia.org/Pleple2000)

Clumber spaniel adalah jenis spaniel yang langka. Clumber spaniel dapat diandalkan untuk menerobos semak-semak dan mengatasi medan yang sulit, namun tetap stabil. Selain itu, mereka juga dikenal jago berenang dan sangat antusias berada di air, dilansir Viovet.

Clumber memiliki bulu lembut panjang dan putih disertai corak oranye atau lemon dan diberkahi berat mencapai 40 kg. Clumber rentan terhadap penyakit seperti dysplasia pinggul, kelainan mata dan alergi kulit.

Banyak pendapat mengatakan bahwa clumber spaniel diperkenalkan ke Inggris saat Revolusi Perancis. Lantaran terancam oleh teror tahun 1794, membuat Duc de Noailles mengantarkan anjing clumber spanielnya ke Clumber Park di Nottingham, Inggris.

Verified Writer

FAISAL Faitoshi Ahmad

1.JPop Showa enthusiasm, 2. sejarah (Nusantara, dunia, dll), 3. Trivia. Seorang self employed yang sedang berjuang untuk sukses.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya