TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Vireo Mata Merah, Burung yang masuk Guinness World Record 

Mereka punya puluhan ribu jenis nyanyian

Vireo mata merah (commons.wikimedia.org/Andy Reago & Chrissy McClarren)

Rakyat Amerika Utara boleh berbangga karena mempunyai spesies burung seperti vireo mata merah. Lanjutnya, burung ini sampai-sampai masuk Guinness World Record dengan 22.197 jenis nyanyian yang direkam dalam periode 10 jam, jelas Nationalzoo.

Vireo mata merah kerap berada di hutan berdaun lebat di Amerika Utara selama musim panas dan semi. Habitat sejati mereka berada di hutan: gugur dan campuran. Selama migrasi musim gugur, mereka berada di hutan pinus dan hutan tropis dataran rendah saat musim dingin.  

Selain Amerika Utara, vireo mata merah juga berkembang biak di Karibia: Kuba, Trinidad dan Tobago, Puerto Rico, Haiti, dll. Amerika Selatan berada di Argentina, Uruguay, Paraguay dan Bolivia di mana menghuni rawa bakau, hutan kering, perkebunan dll. Mari simak lebih lanjut mengenai vireo mata merah yang mempunyai segudang fakta.

1. Vireo mata merah memiliki ratusan ribu nyanyian

Vireo mata merah (commons.wikimedia.org/Andrew Weitzel)

Dilansir Allaboutbirds, kicauan khas vireo mata merah adalah pendek dengan nada yang naik-turun serta cukup mudah dikenali. Sebab sang burung menyanyikannya hampir sepanjang hari.

Bradford menyatakan pada 1889 bahwa setiap vireo jantan menyanyikan 30 atau lebih jenis lagu berbeda. Tercatat lebih dari 12.000 jenis nyanyian berbeda telah direkam. Peneliti lain, Louise de Kiriline Lawrence pada Mei 1952 menghitung jumlah lagu yang dinyanyikan vireo mata merah. Ada sekitar 22.197 lagu dalam 14 jam.   

Baca Juga: 4 Spesies Ular Paling Beracun di Nepal, Predator Ulung!

2. Ciri fisiknya

Vireo mata merah (commons.wikimedia.org/Wildreturn)

Burung ini mendapatkan namanya dari iris vireo dewasa berwarna merah. Vireo mata merah memiliki tubuh kekar, kaki berwarna abu-abu kebiruan, bagian tubuh atasnya hijau zaitun dengan garis mata hitam serta dada dan perutnya adalah putih krem.

Bagian atas kepalanya berwarna abu-abu dihiasi garis mata hitam, paruhnya runcing dan berwarna kuning di panggul. Vireo dewasa memanjang hingga 13 cm, beratnya 26 g dan lebar sayapnya mencapai 25 cm.

3. Bersarang berhubungan dengan perkawinan

Vireo mata merah (commons.wikimedia.org/Wildreturn)

Jantan vireo mata merah bersifat monogami atau hanya kawin dengan satu pasangan. Musim kawin terjadi dari pertengahan April hingga Agustus, dilansir thoughtco. Jantan akan menggoyangkan tubuh untuk menyambut kedatangan betina. Kemudian kedua burung akan menggetarkan sayapnya bersama-sama.

Jantan suka mengejar betina si calon pasangan. Begitu keduanya komitmen soal perkawinan, betina membangun sarang yang terbuat dari rumput, ranting, jaring laba-laba, jarum pinus bahkan bulu hewan.

Betina menghasilkan telur hingga 5 butir, lalu telurnya akan disimpan di sarang untuk mencegah adanya parasit dari cowbird. Masa inkubasi telurnya berlangsung 15 hari. Anak yang lahir mempunyai kulit oranye kemerahan.

Begitu remaja, mata dan kepala vireo berwarna kecokelatan. Irisnya berwarna cokelat dan kuning di bagian bawah ekornya. Anak burung akan meninggalkan sarang selama 12 hari dan mulai menjadi mandiri setelah 25 hari sejak lahir.  

4. Pola makan vireo mata merah

Vireo mata merah (commons.wikimedia.org/Melissa McMasters)

Pada bulan musim panas, vireo mata merah memakan serangga: ulat, ngengat, kumbang, lebah, semut, siput dan laba-laba. Menjelang akhir musim panas, mereka cenderung memakan elderberry, blackberry, sumac dll.

Verified Writer

FAISAL Faitoshi Ahmad

1.JPop Showa enthusiasm, 2. sejarah (Nusantara, dunia, dll), 3. Trivia. Seorang self employed yang sedang berjuang untuk sukses.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya