TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Hiu Sandbar, Predatornya hanya Hiu Banteng

Ditemukan hampir di seluruh dunia

Hiu sandbar (commons.wikimedia.org/Tim Menzies)

Hiu sandbar pertama kali dideskripsikan oleh Nardo sebagai squallus plumbeus berdasarkan penelitian yang diambil dari laut Adriatik pada 1827. Pada 1841, Muller dan Henle menetapkan eulamia milberti sebagai nama ilmiah untuk hiu sandbar.

Namun, nama ilmiah eulamia milberti saat ini hanya digunakan oleh beberapa ilmuwan untuk mendeskripsikan hiu sandbar yang berada di laut Mediteranai sebagai speies lain. Nama ilmiah umum untuk hiu sandbar adalah carcharhinus plumbeus dipergunakan hingga sekarang.

Sandbar adalah salah satu hiu pantai terbesar di dunia. Mari intip seperti apa hiu sandbar melalui artikel ini ya.

1. Habitat hiu sandbar

Hiu sandbar (commons.wikimedia.org/Srinayan Puppala)

Dilansir Animal diversity, hiu sandbar ditemukan di seluruh dunia di perairan tropis dan beriklim hangat. Secara khusus ditemukan di Atlantik barat dan timur, Pasifik barat, Hindia barat, Samudera Hindia, Karibia, Teluk Meksiko dan Laut Mediteranai bahkan sampai ke Eropa.

Tempat-tempat yang biasa mereka diami di pesisir dapat ditemukan di dataran berlumpur atau berpasir, lalu di muara, sungai dan teluk. Hiu sandbar dapat ditemukan di kedalaman 1 hingga 280 m. Sebaliknya, hiu sandbar menghindari air tawar dan terumbu karang.

2. Hiu sandbar memiliki sirip punggung yang besar

Hiu sandbar (commons.wikimedia.org/Joe Boyd)

Sirip punggung pertama hiu sandbar memiliki ukuran besar dan berbentuk segitiga. Ia mempunyai moncong bulat tumpul lebih pendek. Mereka juga memiliki sirip dada besar. Tubuh atasnya berwarna abu-abu tua dan perunggu.

Panjang hiu dewasa berkisar dari 6,5 kaki hingga 8 kaki dan beratnya mencapai 90 kg, dilansir Aquarium of Pacific. Gigi atasnya berbentuk segitiga dan gigi bawah lebih sempit dan bergerigi halus.     

3. Perkirakan rentang hidupnya kurang lebih 30 tahun

Hiu sandbar (commons.wikimedia.org/islandjoe)

Hiu sandbar diperkirakan hidup kurang lebih 30 tahun. Setelah kawin, betina melahirkan setiap 2 tahun sekali. Betina cenderung hamil dari 8-12 bulan. Betina memberi makan embrio di rahimnya melalui kantong plasenta. Pada umumnya, induk betina melahirkan dari 6-13 anak.

Remaja hiu akan tetap berada di perairan dangkal hingga akhir musim gugur. Ketika mereka membentuk kawanan akan pindah perairan lebih hangat. Migrasi yang dilakukan remaja menempuh jarak jauh lebih pendek dibandingkan jarak yang ditempuh hiu dewasa.

4. Perilaku hiu sandbar

Hiu sandbar (commons.wikimedia.org/Josh Hallett)

Hiu sandbar dikenal tidak berbahaya sebab frekuensi serangannya dikenal sedikit terhadap manusia. Justru, hiu sandbar menjadi salah satu hiu paling aman untuk dipelihara bahkan populer di akuarium, dikutip Kids.kiddle.

Hiu sandbar biasanya melakukan migrasi yang dipengaruhi oleh suhu dan arus laut. Di Atlantik Utara barat, hiu dewasa bergerak ke utara selama bulan musim panas dan ke kembali ke selatan saat cuaca dingin. Jantan bermigrasi melalui perairan lebih dalam dengan dibandingkan betina yang biasanya bermigrasi sendirian.

5. Mengandalkan ketajaman sensoriknya untuk menemukan predator dan mangsanya

Hiu sandbar (commons.wikimedia.org/lwolfartist)

Hiu sandbar memiliki ketajaman sensorik yang sangat baik untuk membantu menemukan mangsa dan menghindari predatornya. Penciuman mereka sangat sensitif terhadap getaran. Memakan hewan seperti ikan bertulang, pari, hiu kecil, kepiting dan udang. Sebaliknya, mereka hanya diincar oleh hiu banteng. 

Verified Writer

FAISAL Faitoshi Ahmad

1.JPop Showa enthusiasm, 2. sejarah (Nusantara, dunia, dll), 3. Trivia. Seorang self employed yang sedang berjuang untuk sukses.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya