TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Berang-Berang, Dapat Tahan Napas di Air Selama 15 Menit

Hewan pengerat yang bergantung kepada air

Berang-berang (commons.wikimedia.org/John Cummings)

Intinya Sih...

  • Berang-berang adalah hewan pengerat terbesar di dunia yang hidup di sungai, danau, rawa, dan parit. Mereka membutuhkan air untuk bertahan hidup.
  • Berang-berang tersebar di Amerika Utara, Eropa, dan Asia dengan berat mencapai 30 kg. Mereka bisa berenang dengan kecepatan 5 mil per jam.
  • Berang-berang umumnya herbivora, menyimpan makanan untuk musim dingin. Namun jumlah mereka menurun akibat perburuan bulu dan dagingnya sejak abad 18.

Berang-berang (castor) adalah salah satu hewan pengerat terbesar di dunia saat ini. Berang-berang berdiam di sungai, danau, rawa dan parit. Habitat mereka sukai adalah lembah berhutan dengan aliran sungai lambat. Intinya berang-berang cenderung tinggal di habitat perairan karena mereka membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Berang-berang saling berkomunikasi menggunakan aroma, suara dan pergerakan. Namun ada yang menarik yakni sinyal komunikasi melalui tamparan ekor. Ini dilakukan dalam keadaan khusus misalnya untuk mencari perlindungan ke perairan dalam dari predator yang akan menyerang. Mari lacak fakta lengkap dari berang-berang ini ya.

1. Ciri fisik umum berang-berang

Berang-berang (commons.wikimedia.org/Grossbildjaeger)

Dilansir Britannica, berang-berang adalah hewan pengerat yang tersebar hampir ke seluruh dunia berasal dari Amerika Utara, Eropa dan Asia. Mereka memiliki panjang mencapai 80 cm dan beratnya ialah 30 kg. Beratnya bisa berubah seiring bertambahnya usia yakni 50 kg.

Ciri khas ekornya bersisik, rata dan berbentuk dayung mempunyai panjang 45 cm dan lebarnya 13 cm. Tubuhnya kekar, Kaki pendek dan kepalanya kecil. Bulunya memiliki lapisan bawah pendek, halus dan padat berwarna abu-abu dan cokelat. Giginya berwarna oranye yang panjang dan kaya zat besi.

2. Perilaku unik berang-berang

Berang-berang (commons.wikimedia.org/Greg Schechter)

Berang-berang bisa berenang dengan kecepatan 5 mil per jam. Masih dalam air, berang-berang bisa menahan napas selama 15 menit di bawah air. Mereka memiliki kelopak mata ketiga transparan yang melindungi mata utamanya saat berenang di bawah air.

Selama musim dingin, berang-berang menyimpan sejumlah lemak di pangkal ekornya. Berang-berang menjaga suhu tubuhnya dengan meringkuk di sarangnya dan setelah itu memasuki periode tidak aktifnya. 

3. Bagaimana berang-berang membangun sarangnya?

Berang-berang (commons.wikimedia.org/Ryan Hodnett)

Wilayah jelajah berang-berang berkisar hingga 20 km di pantai. Mereka membuat terowongan pada sarangnya hingga 20 m. Mereka membuat sarang dari batang kayu, lumpur, batu dan tumbuh-tumbuhan.

Membangun sarang berhubungan dengan kehidupan perkawinannya. Berang-berang bersifat monogami. Kedua induknya tinggal bersama anak-anaknya di sarang. Periode kawin berang-berang terjadi selama musim dingin dari Januari-Maret.

Betina berang-berang Amerika memiliki masa kehamilan sekitar 105 hari, sedangkan eurasia dengan masa kehamilan sekitar 128 hari. Anak-anak berang-berang amerika disapih sekitar 2 minggu, sedangkan eurasia disapih sekitar 6 minggu.

Baca Juga: 7 Hewan yang Mirip Berang-berang, Agak Sulit Dibedakan

4. Subspesies berang-berang

Berang-berang (commons.wikimedia.org/Marcin Klapczynski)

Berang-berang umumnya terbagi 2 spesies yakni berang-berang amerika dan eurasia. Berang-berang amerika, sesuai namanya hidup di Amerika Utara seperti Meksiko utara dan Amerika Serikat. Mereka memiliki panjang hingga 4 kaki dan beratnya 65 pon.

Berang-berang eurasia persebarannya di Eropa: Inggris, Norwegia, Prancis, Rusia, Swedia, Prancis, dll. Di Asia, mereka dijumpai di Jepang, Mongolia dan China. Panjangnya mencapai 53 inci dan berat 35 kg.  

5. Berang-berang adalah herbivora

Berang-berang (commons.wikimedia.org/William Berryman Scott)

Pada umumnya, berang-berang adalah herbivora yang memakan daun, batang berkayu, kulit pohon, lapisan kayu, tumbuhan air. Makanan favoritnya adalah poplar, aspen, willow, birch dan maple. Berang-berang menyimpan makanan seperti ranting di kolam berlumpur di sarang untuk dimakan selama musim dingin, dikutip Nationalzoo.

Di musim panas, makanan berang-berang terdiri dari berbagai macam tanaman yang didapatkan melalui air. Sebaliknya, berang-berang dimangsa oleh rubah merah, burung pemangsa, pine marten, cerpelai amerika, musang bahkan berang-berang itu sendiri. 

Verified Writer

FAISAL Faitoshi Ahmad

1.JPop Showa enthusiasm, 2. sejarah (Nusantara, dunia, dll), 3. Trivia. Seorang self employed yang sedang berjuang untuk sukses.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya