TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Babun Guinea, Dilindungi di Beberapa Wilayah Afrika

Spesies yang dilindungi di beberapa wilayah di Afrika

Babun guinea (commons.wikimedia.org/Lherm-michel-94)

Intinya Sih...

  • Babun Guinea adalah spesies babun terkecil, beratnya 26 kg dan dapat lari hingga 45 km/jam.
  • Babun Guinea memiliki bulu cokelat kemerahan, pantat empuk, dan tidur dalam kelompok untuk menghindari predator.
  • Babun Guinea bersifat diurnal, bergantung pada air, dan menjadi hama bagi petani sehingga dilindungi di beberapa wilayah di Afrika.

Babun Guinea adalah ras babun berasal dari dunia lama. Nama ilmiahnya papio papio dan habitat dominannya berada di Afrika. Papio papio berkerabat dengan papio ursinus, papio cynocephalus, papio kindae, papio anubis dan papio hamadryas.

Babun guinea juga disebut babun merah tersebar luas di Guinea (sesuai namanya), Mauritania, Mali, Gambia, Senegal, Sierra Leone bahkan semenanjung Arab. Babun guinea beradaptasi di sabana, iklim kering, semi-gurun, padang rumput, hutan: basah dan bakau serta perairan: air tawar, kolam batu dan sungai pegunungan.

Babun guinea biasanya beristirahat di pohon kapuk atau palem berukuran besar. Diketahui juga bahwa babun guinea sering mengunjungi gua untuk menjilati dinding. Apa saja fakta menarik dari makhluk yang suka bersosialisasi seperti babun guinea? Check this out.

1. Karakteristik fisik

Babun guinea (commons.wikimedia.org/eamonccorbett)

Dilansir Neprimateconservancy, babun guinea adalah spesies babun terkecil dengan beratnya ialah 26 kg menunjukkan tubuh mungilnya. Walaupun begitu, babun guinea dapat berlari hingga 45 km/jam, lho. Panjang jantan sekitar 32 inci dan betina mencapai 70 cm.

Babun guinea berbulu cokelat kemerahan. Jantan memiliki bulu lebih lebat dan rambut tebal menutupi leher dan bahu mereka. Babun di wilayah barat Afrika terlihat lebih terang, sedangkan yang tinggal di timur Afrika bulunya lebih gelap.

Babun guinea memiliki pantat yang empuk digunakan untuk duduk, tidak seperti monyet lain yang berjongkok. Babun guinea memiliki geraham panjang dan gigi seri yang lebar. Tungkai depan, belakang, jari tangan dan kaki memiliki ukuran yang hampir sejajar dan relatif pendek serta gemuk sehingga kesulitan dalam memanjat.

2. Kehidupan sosial babun guinea

Babun guinea (commons.wikimedia.org/eamonccorbett)

Mengutip Zoodelahau, babun guinea menghabiskan malam dalam kawanan terdiri dari 40-100 ekor untuk bersembunyi dari predator di pohon-pohon atau bukit berbatu. Adapun predatornya ialah macan tutul, hyena belang, hyena tutul, singa dan anjing liar afrika.  

Babun guinea tidur di pohon palem dengan batang yang sangat lebar untuk menghindari predator. Untuk mencapai cabang-cabang pohon, babun melompat dari pohon atau tebing di dekatnya. Di sini babun dewasa mengajari anak-anaknya untuk melompat dan terkadang anak-anaknya terjatuh.

Dalam kelompok, seekor jantan memimpin harem terdiri dari 1-4 betina dan anak-anaknya. Jantan memimpin dan memandu kelompoknya dalam perjalanan. Nada panggilan babun guinea amat keras yang dapat didengar hingga jarak sangat jauh.  

Komunikasi melalui sentuhan dilakukan dengan menunggangi babun lain, memperlihatkan pantat, bahkan menyentuh alat kelamin. Jelasnya, menyentuh kelamin jantan lain untuk menyampaikan konfirmasi bersedia untuk bekerja sama satu sama lain.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Babun Kuning, Punya Cara Unik Hindari Konflik

3. Pola makan

Babun guinea (commons.wikimedia.org/Lucy Keith-Diagne)

Babun guinea harus bergantung pada air. Jika mereka tidak memiliki akses air bersih yang mengalir, babun akan menggali sumur di pasir dekat dengan badan air. Babun guinea adalah omnivora yang memakan tanaman berkayu, buah-buahan berdaging dan kering, daun muda, bunga, serangga dan burung.

Babun guinea bersifat diurnal artinya mereka tidur di malam hari dan aktif di siang hari untuk mencari makan dalam kelompok kecil. Kelompok ini berpencar untuk mencari makan masing-masing. Jika berada di lahan pertanian, babun guinea akan memakan ubi, kacang tanah dan jagung. Hal ini menyebabkan konflik dengan petani.

4. Reproduksinya

Babun guinea (commons.wikimedia.org/V0L0DYA)

Dilansir Jungledragon, betina babun guinea menunjukkan pembengkakkan seksual maksudnya pantat betina akan memerah dan membengkak ketika siap untuk kawin. Masa kehamilan betina berlangsung selama 184 hari dan cenderung melahirkan 1 bayi saja. Kedua induknya akan merawat bayinya hingga usia 8 bulan.   

Verified Writer

FAISAL Faitoshi Ahmad

1.JPop Showa enthusiasm, 2. sejarah (Nusantara, dunia, dll), 3. Trivia. Seorang self employed yang sedang berjuang untuk sukses.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya