TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Katak Kaca Dwarf, Menakjubkan Seluruh Organ Dalamnya Terlihat!

Kata kaca dwarf tubuh yang transparan

ilustrasi katak kaca dwarf (inaturalist.org/tom-kirschey)

Tersembunyi di antara dedaunan lebat hutan hujan tropis dan subtropis Amerika Tengah dan Selatan, terdapat permata mungil berkulit transparan. Permata alam ini dikenal sebagai Teratohyla spinosa, atau katak kaca dwarf.

Hewan kecil ini, menyimpan banyak keunikan dan memainkan peran penting dalam keseimbangan ekosistem hutan hujan. Berikut lima fakta menarik spesies katak kaca dwarf yang menakjubkan

1. Ukuran tubuh yang mungil

ilustrasi katak kaca dwarf (inaturalist.org/perksimages)

Spesies katak kaca dwarf ini sangat unik dan estetik, jika dibandingkan spesies katak kaca yang lain. Teratohyla spinosa atau katak kaca dwarf termasuk salah satu katak terkecil di dunia.

Ukutan tubuh katak kaca dwarf jantan dewasa, memiliki panjang sekitar 18 hingga 20 mm (0,71hingga 0,79 inci). Sedangkan pada betina sedikit lebih besar dengan panjang 20 hingga 23 mm (0,79 hingga 0,91 inci).

2. Kulit transparan hingga terlihat organ dalam

ilustrasi katak kaca dwarf (inaturalist.org/alexander949)

Selain ukurannya yang kecil spesies ini sangat spesial dibandingkan dengan spesies katak yang lain. Spesies ini sangat mudah dibedakan dengan spesies yang lainnya karena memiliki ciri khas kulit yang transparan.

Namun terdapat salah satu ciri khas yang paling menonjol dari katak ini adalah pada bagian kulit perut yang transparan, memungkinkan organ dalamnya terlihat jelas. Hal ini membantu mereka berkamuflase di lingkungannya, terutama saat bertengger di daun.

3. Memiliki mata yang besar

ilustrasi katak kaca dwarf (inaturalist.org/tommi3)

Selain memiliki tubuh yang kecil dan memiliki kulit yang transparan spesies ini menyimpan fakta yang mengagumkan. Fakta menarik selanjutnya dari spesies katak ini adalah memiliki ukuran mata yang besar dan menonjol.

Katak kaca memiliki mata yang besar dan menonjol, berguna untuk membantu mereka melihat dalam kondisi minim cahaya. Posisi matanya yang berada di atas kepala memberikan mereka pandangan luas untuk mencari mangsa dan menghindari predator.

4. Memiliki suara yang unik

ilustrasi katak kaca dwarf (inaturalist.org/jeffersom_03)

Tidak hanya memiliki mata yang besar, fakta menarik katak spesies ini adalah memiliki suara yang sangat unik. Katak kaca jantan memiliki suara panggilan kawin yang khas, terdengar seperti kicauan burung.

Selain itu, Teratohyla spinosa atau katak kaca dwarf juga mengeluarkan suara lain seperti dengungan dan klik. Spesies ini sangat unik dan tampil secara estetik menjadi suatu bukti keajaiban alam.

Verified Writer

Fahmi Irwan Utomo

Penulis yang baik, karena ia menjadi pembaca yang baik (Herwono)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya