TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Warna Kucing Memengaruhi Sifatnya?

Kucing oren sering dianggap paling barbar

ilustrasi kucing oren (unsplash.com/Oscar Fickel)

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling menarik perhatian di mana pun. Karena itu, segala informasi seputar mamalia menggemaskan ini rasanya menarik untuk dibahas. Uniknya, banyak yang meyakini bahwa warna kucing memengaruhi kepribadian hewan ini. 

Meski benar bahwa banyak kucing dengan warna tertentu lebih cenderung menunjukkan kepribadian tertentu, tidak adil rasanya jika mengatakan bahwa semua kucing dengan warna tertentu memiliki karakter yang sama. Namun, apakah benar warna kucing memengaruhi kepribadiannya? Daripada makin penasaran, yuk, kita cari tahu jawabannya di sini!

 

1. Apakah warna memengaruhi kepribadian kucing

ilustrasi anak kucing (pixabay.com/Jordan Holiday)

Diterangkan laman Happy and Polly, belum ada penelitian yang bisa menjelaskan bagaimana warna bulu berperan dalam kepribadian kucing. Sebagai contoh, gen apa yang dimiliki kucing warna oranye yang membuatnya jadi sangat aktif? Sebagian besar hanya berupa survei dan bukti anekdotal.

Banyak orang percaya bahwa kucing oren memiliki kepribadian berapi-api. Sementara, kucing hitam sering dikatakan misterius. Kendati tidak ada dasar ilmiah untuk klaim ini, ada kemungkinan bahwa warna bulu memang memengaruhi beberapa ciri kepribadian pada kucing. Satu hal yang pasti turut membentuk kepribadian kucing adalah pengalaman mereka semasa kanak-kanak, dikutip dari Feliway. Jika banyak mendapat paparan positif, kucing akan tumbuh menjadi individu yang ceria dan ramah.

Baca Juga: Seberapa Sering Kucing Perlu Dibawa ke Dokter Hewan?

2. Kepribadian kucing berdasarkan warnanya

ilustrasi induk kucing dan anaknya (pexels.com/Mochamad Wildan)

Sebuah survei yang dimuat dalam jurnal Animals tahun 2022 dilakukan untuk mengetahui kepribadian kucing berdasarkan warna bulunya. Survei ini melibatkan 211 pemilik kucing di Meksiko. Dalam survei ini, pemilik dan kucing memiliki hubungan yang dekat.

Berdasarkan hasil survei tersebut, didapatkan hasil bahwa kucing abu-abu memiliki skor tertinggi untuk sifat pemalu, penyendiri, dan tidak toleran. Sementara, kucing oranye memiliki skor tertinggi untuk sifat mudah dilatih, ramah, dan tenang. Kucing tabi memegang skor tertinggi untuk kucing yang berani dan aktif. Sementara, kucing tiga warna dikenal sebagai yang paling keras kepala. Terakhir, kucing hitam putih adalah yang paling toleran. Sekali lagi, survei ini tidak menjelaskan bagaimana warna bulu membentuk kepribadian kucing.

Verified Writer

Eka Ami

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya