TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Predator yang Mampu Memangsa Aligator, Apa Saja?

Tinggal di habitat yang sama

ilustrasi aligator (pixabay.com/Cloud11)

Intinya Sih...

  • Ular piton Burma adalah predator aligator oportunistik yang dapat menyerang dan menelan spesies yang lebih besar, termasuk aligator.
  • Harimau Benggala mampu memangsa aligator dengan kemampuan menyembunyikan diri dan berenang, meskipun lebih suka memakan mamalia kecil.
  • Kuda nil dapat membunuh aligator dengan mudah karena ukurannya yang jauh lebih besar dan rahang yang kuat, meskipun jarang memakan dagingnya.

Setiap spesies dalam ekosistem memiliki peran unik, baik sebagai predator maupun mangsa. Di habitatnya, aligator berkuasa sebagai predator puncak yang kuat. Reptil ini merupakan makhluk yang menakutkan karena tubuhnya yang besar, rahang yang kuat, dan gigi yang tajam. Kendati demikian, aligator harus hidup berdampingan dengan berbagai predator lainnya yang mengancam keberadaan mereka, khususnya anak-anak mereka.

Di sini, kita akan melihat beberapa predator yang mungkin akan memakan aligator.

1. Ular piton

ilustrasi ular piton (pixabay.com/sipa)

Ular piton Burma merupakan predator oportunistik yang akan memakan berbagai hal yang mereka temui. Sebenarnya, makanan utama ular piton, meliputi kelinci, rubah, rakun, dan burung. Namun, ular piton berukuran besar diketahui menyerang dan menelan spesies yang lebih besar, seperti rusa dan aligator pada kesempatan tertentu.

Pertarungan antara ular piton dan aligator sebenarnya tidak bisa terjadi. Namun, jika terjadi, ini biasanya melibatkan ular piton yang berukuran sangat besar.

2. Harimau

ilustrasi harimau (unsplash.com/Waldemar)

Harimau dan aligator hidup di daerah yang sama. Harimau mampu memangsa aligator berkat kemampuan sembunyi-sembunyi dan berenang mereka. Harimau Benggala dikenal kerap bertarung dengan aligator dan menang di India, Bangladesh, dan Sunderbans.

Secara umum, harimau lebih suka memangsa mamalia yang lebih kecil. Namun, jika tidak ada mangsa lain yang tersedia, harimau dapat menggigit dan mengalahkan aligator berukuran sedang. Harimau adalah predator aligator yang paling umum.

3. Kuda nil

ilustrasi kuda nil (pexels.com/Ann Antonova)

Kuda nil sebenarnya herbivora, tetapi mamalia raksasa ini adalah hewan yang sangat agresif dan teritorial. Jika terancam atau melihat anak-anaknya dalam bahaya, kuda nil dapat membunuh aligator dengan mudah. Kuda nil berukuran jauh lebih besar dan memiliki rahang yang kuat sehingga dapat dengan mudah mematahkan kepala aligator.

Namun, kuda nil biasanya hanya membunuh aligator dan sangat jarang memakan dagingnya. Bayi kuda nil sering mengunyah kulit bersisik buaya dan aligator yang sudah mati. Ini karena mengunyahnya membantu pertumbuhan gigi kuda nil.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kuda, Berkomunikasi Menggunakan Telinga!

4. Anaconda

ilustrasi ular anaconda (pixabay.com/DenisDoukhan)

Mirip dengan ular piton, anaconda adalah ular tidak berbisa yang dapat membunuh mangsa besar dengan menghancurkannya. Anaconda hijau adalah salah satu predator buaya dan aligator di Amerika.

Anaconda dapat tumbuh hingga ukuran 10 m dan memiliki kekuatan yang luar biasa. Mereka dapat dengan mudah mengalahkan aligator, buaya, dan caiman yang lebih kecil.

5. Singa

ilustrasi singa (pixabay.com/ Angela)

Air bukanlah lingkungan yang disukai singa. Oleh sebab itu, aligator bukanlah makanan favorit mereka.

Aligator sangat teritorial dan bisa menjadi agresif menyerang singa yang minum di dekat air. Namun, kekuatan dan kelincahan singa sering menjadikannya pemenang.

6. Aligator

ilustrasi aligator (commons.wikimedia.org/Lokionly)

Aligator memiliki reputasi memakan spesiesnya sendiri. Hal ini disebabkan oleh sejumlah alasan, mulai dari kondisi geografis dan keterbatasan jumlah makanan yang tersedia.

Kebanyakan aligator dewasa terlindungi dari kanibalisme jika panjangnya mencapai lebih dari 1,2 m. Telur aligator dan aligator yang lebih kecil lebih mungkin dimakan oleh spesiesnya sendiri. Induk aligator akan memakan telurnya jika mereka mengalami dehidrasi atau tidak dapat menemukan sumber makanan lain.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya