TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hewan yang Senang Memakan Tulang, Punya Rahang dan Gigi Kuat!

Tulang kaya akan mikronutrien bermanfaat

Hewan yang Senang Memakan Tulang (pixabay.com/Andrea Bohl)

Intinya Sih...

  • Tulang mengandung mikronutrien penting seperti kalsium, natrium, fosfor, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
  • Hewan-hewan seperti wolverin, hyena, serigala, lammergeier, cacing tulang, coyote, dan beruang memakan tulang untuk mendapatkan nutrisi.
  • Kemampuan mereka dalam memecah dan mencerna tulang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh hewan tersebut.

Saat makan daging, biasanya kita akan menyisakan tulangnya untuk kemudian dibuang. Alasannya, tulang memiliki tekstur keras yang sulit dikunyah dan rasanya tidak seenak daging.

Namun, tulang mirip dengan jaringan hidup. Tulang kaya akan mikronutrien, seperti kalsium, natrium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa banyak hewan suka memakan tulang. Alasan lainnya termasuk tingginya konsentrasi kolagen, gelatin, dan glisin yang mendukung kesehatan usus.

Di sini, kita akan menggali lebih dalam apa saja hewan-hewan yang senang memakan tulang.

1. Wolverin

ilustrasi wolverin (pixabay.com/Светлана)

Wolverin adalah karnivora yang hidup di hutan lebat dan daerah pegunungan. Mereka merupakan bagian dari keluarga Mustelidae yang memiliki reputasi ganas.

Dijelaskan A-Z Animals, wolverin mampu memakan tulang berkat rahang dan otot lehernya yang kuat. Otot leher dan rahang mereka membantu memecah tulang dengan mudah dan membuatnya lebih mudah dicerna. Keistimewaan lain yang mereka miliki adalah posisi geraham mereka 90 derajat ke dalam yang membantu mereka memecahkan tulang. 

2. Hyena

ilustrasi hyena (unsplash.com/Matt Burke)

Hyena adalah hewan yang memiliki rahang terkuat di dunia. Dilansir Wildlife Informer, kekuatan gigitan hyena bisa mencapai 1.100 psi, yang memungkinkan mereka menggigit tulang dengan mudah.

Makan daging sekaligus tulangnya memungkinkan hyena menyerap semua nutrisi yang diperlukan. Tulang adalah sumber kalsium dan fosfor yang sangat baik dan membantu menjaga hyena tetap ternutrisi dengan baik. Setelah hyena mematahkan tulangnya, banyak juga burung yang suka memakan pecahan yang ditinggalkannya.

3. Serigala

ilustrasi serigala kutub (pixabay.com/miezekieze)

Setelah berhasil melumpuhkan mangsanya, serigala akan memakan daging hingga tulang mangsanya. Namun, serigala cenderung memakan anggota tubuh depan dan tulang kecil mangsanya. Mereka akan menyisakan tulang yang lebih besar karena sulit dipatahkan atau dikunyah.

Menurut Animal Quarters, serigala memakan tulang untuk memenuhi kebutuhan fosfat dan mineral lainnya. Namun, karena gigitannya tidak sekuat harimau atau predator puncak lainnya, serigala hanya mengonsumsi tulang yang lebih kecil seperti tulang rusuk dan kaki depan mangsanya.

4. Lammergeier

Hewan yang Senang Memakan Tulang (pixabay.com/Andrea Bohl)

Lammergeier atau yang juga dikenal sebagai burung hering berjanggut merupakan hewan pemakan tulang sejati. Burung ini mempunyai adaptasi perilaku dan anatomi yang memungkinkan mereka mengonsumsi hingga 90 persen tulang.

Dijelaskan Discover Wildlife, lammergeier mampu membawa tulang yang beratnya setengah dari berat tubuhnya. Selanjutnya, burung ini akan menjatuhkannya dari ketinggian dan menghantamkannya ke bebatuan di bawahnya. Lammergeier mampu mencerna tulang dengan baik berkat saluran usus ekstra panjang dan asam lambungnya yang memiliki pH sekitar 0,7.

5. Cacing tulang

ilustrasi cacing tulang (ocean.si.edu)

Sesuai dengan namanya, cacing tulang sangat senang mengonsumsi tulang. Cacing yang ditemukan di laut dalam ini kadang-kadang disebut cacing zombie. Diterangkan Wildlife Informer, cacing tulang mampu mengebor bangkai ikan paus dan mencerna lemak yang ditemukan di dalam tulang ikan paus.

Selain pola makan yang tidak biasa, cacing ini juga mempunyai cara makan yang aneh. Kulit mereka mengeluarkan asam yang mampu melarutkan tulang. Ini memungkinkan cacing mengakses lemak dan protein yang terperangkap di dalam tulang.

6. Coyote

ilustrasi coyote (pixabay.com/RENE RAUSCHENBERGER)

Coyote adalah hewan karnivora yang merupakan pemburu terkemuka di Amerika Utara. Mereka dikenal karena nafsu makannya yang tinggi. Selain itu, coyote memiliki rahang kuat dengan deretan gigi tajam, dikutip dari Animal Quarters. Hasilnya, coyote mampu menghancurkan tulang mangsanya dengan mudah.

Saat berburu, coyote akan menerkam mangsanya dari belakang. Coyote paling senang memakan mamalia kecil, seperti kelinci dan tikus. Namun, mereka juga bisa memangsa hewan yang berukuruan lebih besari dari dirinya, seperti banteng dan rusa.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya