TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hewan yang Mirip Kuda, Apakah Berkerabat?

Beberapa juga dimanfaatkan sama seperti kuda

ilustrasi bagal atau mule (pixabay.com/Kevin)

Intinya Sih...

  • Kuda digunakan untuk transportasi, mengangkut barang, dan penghasil daging dan susu.
  • Keledai memiliki ciri fisik serupa dengan kuda, termasuk bagal yang merupakan hasil persilangan antara kuda dan keledai.
  • Zebra, okapi, kuda poni, dan moose memiliki kesamaan fisik dengan kuda meskipun tidak terkait secara genetik.

Kuda merupakan mamalia berkuku yang memiliki hubungan kuno dengan manusia. Kuda telah dijinakkan selama lebih dari 4.000 tahun dan digunakan untuk berbagai tujuan, seperti transportasi, mengangkut barang, penghasil daging, susu, dan sebagainya.

Kuda paling dikenali dengan kaki panjang, tubuh berotot, surai tergerai, dan ekornya. Namun, sebenarnya ada hewan lain yang memiliki ciri serupa dengan kuda. Di sini, kita akan membahas apa saja hewan yang mirip kuda.

1. Keledai

ilustrasi keledai (pixabay.com/mariohagen)

Keledai dan kuda sama-sama merupakan anggota keluarga Equidae. Jadi, tak mengherankan jika keduanya memiliki ciri fisik serupa.

Sama seperti kuda, keledai juga dapat berinteraksi dengan baik dengan manusia. Pada zaman dahulu, keledai digunakan alat transportasi maupun pekerja. 

Dijelaskan Wildlife Informer, keledai dan kuda berkerabat dekat, hal ini menjelaskan kemiripan penampilan mereka. Keduanya memiliki bentuk tubuh mirip, sama-sama memiliki empat kaki berkuku tunggal, surai, dan ekor. Hanya saja, keledai lebih kecil daripada kuda. Selain itu, bulu surai keledai lebih pendek dan kaku, sementara surai kuda panjang dan tergerai.

2. Bagal

ilustrasi bagal atau mule (pixabay.com/Kevin)

Bagal atau mule merupakan hasil persilangan antara kuda dan keledai. Bagal berukuran lebih kecil dari kuda, tetapi memiliki kerangka dan otot yang serupa. 

Bagal memiliki empat kaki berkuku tunggal dan mampu memakai sepatu kuda. Menurut Humming Birds, kebanyakan bagal mandul dan tidak dapat bereproduksi, jadi satu-satunya cara untuk mempertahankan populasi mereka adalah dengan mengawinkan kuda dan keledai.

3. Kiang

ilustrasi kiang (pixabay.com/Bishnu Sarangi)

Kiang atau yang memiliki nama ilmiah Equus kiang adalah spesies keledai liar Asia yang ditemukan di dataran tinggi yang dingin dan gersang di Nepal, India, Pakistan, serta China. Kiang memiliki bulu berwarna kemerahan hingga coklat yang berubah seiring musim, dikutip dari Britannica.

Kiang adalah spesies keledai liar terbesar dengan tinggi mencapai 140 cm hingga bahu dan berat hingga 440 kg. Di beberapa daerah, populasi kiang terus menurun karena persaingan dengan hewan ternak untuk mencari makan. Namun, di wilayah yang tidak terdapat kompetitor, kiang tumbuh subur.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kiang, Keledai Liar Anggun Berwarna Cantik

4. Zebra

ilustrasi zebra (pixabay.com/xiserge-15871962)

Zebra adalah hewan yang kuat, bersemangat, berkemauan keras, suka bermain, dan tangguh. Mereka suka berkerumun dalam jumlah banyak karena membuat mereka lebih aman.

Zebra mirip dengan kuda yang ditutupi kulit berwarna hitam putih. Tak mengherankan jika keduanya sangat mirip mengingat zebra termasuk dalam keluarga kuda. 

Tidak seperti kuda, zebra tidak dapat dijinakkan karena perilakunya tidak dapat diprediksi dan bisa menyerang secara tiba-tiba. Terlebih, zebra mempunyai tendangan kuat yang dapat menyebabkan cedera serius, menurut San Diego Zoo Wildlife Alliance.

5. Okapi

ilustrasi okapi (commons.wikimedia.org/Raul654)

Okapi merupakan hewan mirip kuda dengan bulu berwarna kastanye berwarna gelap di bagian tengahnya. Keduanya juga sama-sama herbivora dan memiliki kuku kaki. Hanya saja, okapi memiliki leher yang lebih panjang seperti jerapah dan bagian belakangnya bergaris seperti zebra.

Meskipun okapi mirip dengan kuda, tetapi keduanya tidak saling terkait. Dijelaskan HowStuffWorks, okapi berkerabat dengan jerapah dan merupakan satu-satunya hewan yang memiliki keterkaitan dengan jerapah.

6. Kuda poni

ilustrasi kuda poni (pixabay.com/JackieLou DL)

Kuda poni mirip dengan kuda karena keduanya merupakan spesies yang sama, dikutip dari Wildlife Informer. Ya, kuda dan kuda poni merupakan satu spesies dan berasal dari pohon keluarga yang sama. Bedanya, kuda poni jauh lebih kecil daripada kuda. Kuda poni mencakup banyak ras kuda, seperti kuda mini, kuda poni Welsh, dan kuda poni Shetland.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya