TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hewan yang Bisa Dilatih Buang Air di Tempat Khusus, Cerdas!

Cocok dipelihara di dalam rumah

ilustrasi kucing (pexels.com/Tomas Andreopoulos)

Intinya Sih...

  • Ferret dan hamster dapat dilatih menggunakan litter box di rumah
  • Guinea pig bisa diajari buang air di litter box dengan memberi hadiah
  • Parrot, kambing pygmy, kucing, dan sigung juga bisa dilatih buang air di tempat khusus

Sama seperti manusia, beberapa hewan dapat dilatih untuk buang air di tempat khusus. Ini sangat cocok diterapkan pada hewan yang dipelihara di rumah. Dengan demikian, kamu bisa merawat hewan di rumah tanpa membuat rumah menjadi kotor.

Untuk bisa melatih hewan, diperlukan usaha dan kedisiplinan dari sang caretaker. Yang tak kalah penting, hewan tersebut harus secara alami memiliki kemampuan memahami perintah untuk bisa dilatih.

Mari, kita lihat apa saja hewan yang bisa dilatih buang air di tempat khusus.

1. Ferret

ilustrasi ferret (pexels.com/Magda Ehlers)

Dijelaskan laman Wildlife informer, ferret memiliki kecerdasan setingkat anjing. Ini membuat ferret cocok dipelihara di dalam rumah. 

Ferret dapat dengan mudah dilatih di rumah dan diajari menggunakan litter box. Untuk mengerti cara menggunakan litter box, ferret harus ditampilkan, dan proses ini harus dilakukan secara bertahap dan mungkin harus diulangi sebagai pengingat. 

2. Hamster

ilustrasi hamster (unsplash.com/Finney)

Melatih hamster menggunakan litter box dapat mencegah kandangnya menjadi bau. Kabar baiknya, karena hamster cukup cerdas dan cepat belajar, melatih mereka tidaklah terlalu sulit.

Dijelaskan Animal Quarters, hamster pada dasarnya adalah hewan yang cukup bersih, mereka lebih suka menggunakan tempat yang sama untuk buang air.

Tempatkan litter box di tempat hamster biasa buang air, dan mereka akan langsung beradaptasi dengan litter box tersebut sebagai tempatnya membuang air. Perlu diingat bahwa hamster buang air besar beberapa kali sehari sehingga kamu perlu sering-sering membersihkan litter box-nya.

3. Guinea pig

ilustrasi guinea pig (unsplash.com/Bonnie Kittle)

Guinea pig pada umumnya adalah hewan yang bersih. Kamu dapat melatihnya menggunakan litter box dengan cara memindahkan kotorannya ke dalam litter box setiap kali mereka buang air, menurut Home and Roost.

Selain itu, kamu harus meletakkan litter box di tempat persembunyian favorit guinea pig. Juga, jadikan penggunaan litter box sebagai pengalaman yang positif dengan memberi mereka hadiah berupa camilan lezat setiap kali mereka menggunakan litter box dengan benar.

Baca Juga: 7 Fakta Anjing Semak, Pemburu Hewan Pengerat yang Pemalu

4. Parrot

ilustrasi parrot (freepik.com/Nikita Buida)

Di alam liar, parrot terbiasa membuang kotoran di satu tempat tertentu. Mereka adalah makhluk yang cerdas dan mampu beradaptasi dengan lingkungan dengan cepat. 

Di rumah, kamu perlu memperhatikan waktu makan dan ekskresinya. Parrot kecil biasanya buang air setiap 20-25 menit, parrot setengah baya mungkin perlu buang air besar setiap setengah jam hingga lima puluh menit. Sedangkan, parrot dewasa mungkin perlu buang air setiap delapan jam sekali.

Dijelaskan Animal Quarters, kamu bisa menggunakan perintah, seperti "Tidak" untuk menghentikan mereka buang air besar dan “Potty” agar mereka buang air besar di tempat yang disediakan. Hadiahi mereka setiap kali berhasil menjalankan perintah. Dalam waktu sekitar 3 hari, kamu akan melihat bahwa mereka telah belajar.

5. Kambing pygmy

ilustrasi kambing pygmy (pixabay.com/Alan Roberts)

Kambing pygmy adalah hewan sosial yang membentuk ikatan kuat dengan pemiliknya. Menariknya, kambing pygmy juga cocok dipelihara di dalam rumah.

Agar rumah tetap bersih, kamu perlu melatih kambing pygmy untuk buang air di luar. Namun, dijelaskan laman Mom, kambing hanya bisa dilatih untuk buang air kecil di luar, tetapi mereka tidak bisa mengontrol kapan buang air besarnya. Artinya, kamu harus mengenakan popok pada kambing.

Letakkan kambing di luar saat ia bangun tidur dan setelah minum susu karena mereka biasanya buang air kecil di dua waktu ini. Kamu juga bisa menggunakan perintah untuk meminta mereka keluar.

6. Kucing

ilustrasi kucing (pexels.com/Tomas Andreopoulos)

Biasanya, kucing dewasa secara alami akan mencari tempat yang berpasir untuk buang air. Akan tetapi, anak kucing memerlukan sedikit bantuan untuk bisa menggunakan litter box.

Anak kucing mulai buang air di usia beberapa minggu. Pada masa tersebut, kamu dapat langsung mulai melatih anak kucing untuk membuang kotoran di litter box, dikutip dari PetMD. Kucing adalah hewan cerdas, begitu kamu melatihnya untuk buang air di litter box, mereka akan langsung paham di mana seharusnya mereka membuang kotoran.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya