TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Katedral St.Vitus, Katedral Ikonik Kota Praha

Katedral bergaya Gotik terbesar di Republik Ceko

potret fasad Katedral St. Vitus, Praha yang merupakan gereja berarsitektur Gotik terbesar di Republik Ceko (pixabay.com/Duernsteiner)

Katedral St. (Saint) Vitus, Wenceslaus dan Adalbert atau lebih dikenal dengan Katedral St. Vitus merupakan gereja Katolik Roma tempat kedudukan Uskup Agung Praha yang terletak  di kota Praha, Ibu Kota Republik Ceko. Awalnya gereja katedral tersebut didedikasikan untuk St. Vitus, seorang martir Kristen asal kota Sisilia, kemudian pada tahun 1997 katedral tersebut didedikasikan kembali juga untuk St. Wenceslaus dan St. Adalbert, dua tokoh yang dikenal sebagai orang kudus yang berasal dari wilayah Republik Ceko. Meski demikian, hingga saat ini publik masih mengenal katedral ini dengan nama Katedral St. Vitus saja.

Gereja Katedral yang berlokasi seluruhnya di dalam kompleks Kastel Praha tersebut merupakan katedral ikonik yang menjadi simbol Kekatolikan di kota Praha dan seluruh wilayah Republik Ceko

Ingin tahu lebih lanjut mengenai Katedral St. Vitus ini? Simak lima faktanya berikut ini, yuk!

1. Dibangun pada abad ke-14 dan merupakan gereja termegah di kota Praha

potret megahnya Katedral St. Vitus dilihat dari kejauhan (pixabay.com/Duernsteiner)

Discoverwalks melansir, konstruksi awal pembangunan Katedral St. Vitus dimulai pada tahun 1344 pada masa pemerintahan Charles IV yang merupakan raja Bohemia (sebutan untuk wilayah Ceko) pertama yang menjadi Kaisar Romawi Suci. Arsitek pertama dari pembangunan ini adalah Matthias of Arras yang kemudian dilanjutkan oleh Peter Parler. Katedral St. Vitus dibangun di atas gereja yang berasal dari abad ke-10 M. Pembangunan katedral menghadapi beberapa kendala seperti peperangan dan kebakaran sehingga vakum dalam waktu yang cukup lama.

Meski dalam kondisi bangunan setengah selesai, katedral sudah digunakan untuk tempat peribadatan dan acara monarki seperti pemahkotaan sejumlah raja dan ratu monarki Bohemia, pemakaman sejumlah santo, bangsawan dan Uskup Agung. Akhirnya, setelah melalui berbagai kendala, Katedral St. Vitus berhasil diselesaikan seluruhnya pada tahun 1929 atau hampir sekitar 6 abad sejak dimulainya proses pembangunannya.

Dari dimensinya, Katedral St. Vitus memiliki ukuran panjang: 124 m, lebar: 60 m, dengan tinggi menara utama: 102,8 m, tinggi menara depan: 82 m serta tinggi portal gerbang: 33,2 m. Katedral St. Vitus merupakan salah satu katedral tertua dan terbesar di kota Praha yang menjadikannya sebagai gereja terpenting dan simbol spritual di seluruh wilayah Republik Ceko.

2. Dibangun dengan gaya arsitektur Gotik

Katedral St. Vitus merupakan contoh bangunan dengan arsitektur Gotik yang paling menonjol di Republik Ceko (pixabay.com/waldomiguez)

Katedral St. Vitus dibangun dengan arsitektur Gotik, sebuah aliran arsitektur yang berasal dari Prancis di abad ke-12 yang menjadikan bangunan berkesan agung, megah dan enigmatik. Dilansir Czechcenter, ciri khas arsitektur Gotik dapat dilihat di eksterior maupun interior Katedral St. Vitus, seperti menara-menara meruncing, penggunaan penyangga melayang (flying buttresses) pembagi beban serta ornamen dekorasi batu berukir dapat ditemukan di seluruh eksteriornya.

Bagian interior Katedral St. Vitus juga menampilkan ciri khas gaya Gotik yang menakjubkan. Cahaya alami masuk ke dalam bagian gereja melalui jendela kaca patri besar, beberapa kaca patri tersebut dibuat oleh para seniman Art Nouveau. Kaca patri besar merupakan salah satu ornamen penting dalam arsitektur Gotik utamanya dalam pencahayaan alami bagian interior gereja sebelum ditemukannya listrik. Kemudian ornamen dengan dekorasi rumit  yang digunakan pada eksterior bangunan juga dapat ditemukan di bagian interiornya.

3. Memiliki mozaik bersejarah dari abad ke-14 M

potret mosaik "Pengadilan Terakhir" yang berasal dari abad ke-14 M di gerbang Golden Gate (commons.wikimedia.org/ErwinMeier)

Salah satu karya seni Kekristenan bernilai tinggi di Katedral St. Vitus adalah mozaik yang mengisahkan tentang "Penghakiman Terakhir" yang terdapat di fasad bagian selatan gereja. Mozaik monumental tersebut memiliki warna yang cerah dan menjadi salah satu tengara penting seni Kekristenan dari abad pertengahan. Dikutip dari laman Radio Prague International, mozaik tersebut selesai dibuat pada tahun 1371 atas permintaan Raja Bohemia dan Kaisar Romawi Suci Charles IV.

Pada bagian tengah mozaik tersebut terdapat panel yang menggambarkan Yesus Kristus yang dikelilingi oleh para malaikat dan orang-orang kudus, sedangkan dua panel di sampingnya menggambarkan surga dan neraka.

Saat ini mozaik bersejarah tersebut tengah mendapat perhatian serius dari para ahli karena adanya potensi kerusakan. Meskipun sudah direnovasi 20 tahun yang lalu dan diberi lapisan pelindung namun mozaik tersebut masih terekspos dengan cuaca luar ruangan yang dapat menimbulkan reaksi korosi sehingga harus diinspeksi secara rutin.

4. Terdapat sejumlah kapel yang menyimpan relikui suci

potret kapel St. Wenceslas yang dihiasi mural indah di dalam Katedral St. Vitus (commons.wikimedia.org/Clayton Tang)

Salah satu ciri khas dan daya tarik dari Katedral St. Vitus ini adalah terdapatnya sejumlah kapel yang di dalamnya menyimpan relikui suci yang berkaitan dengan sejarah Kekristenan di Republik Ceko. Dikutip dari laman Prague, salah satu kapel yang paling terkenal di Katedral St. Vitus adalah Kapel St. Wenceslaus. St. Wenceslaus adalah seorang martir dan pelindung Bohemia, ia merupakan simbol Kekristenan karena kehidupan moralnya yang baik. Untuk menghormatinya, Kaisar Kekaisaran Romawi suci, Charles IV, pada abad ke-14 M membangun sebuah kapel indah bergaya Gotik di atas makamnya yang dihiasi dengan mural indah dan batu mulia.

Kapel tersebut dibuat berdasarkan gambaran Yerusalem baru sebagaimana dituliskan dalam Injil Yohanes. Kapel St. Wenceslaus juga menyimpan mahkota permata Ceko (Czech Crown Jewels) di ruang mahkota yang pintunya hanya dapat diakses melalui Kapel St. Wenceslaus. Dinding kapel dihiasi oleh karya seni lukisan bernilai tinggi yang menggambarkan kehidupan Yesus Kristus dan legenda dari kehidupan St. Wenceslaus itu sendiri.

Verified Writer

Dodi Wijoseno

Penyuka sejarah dan olah raga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya