TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rumus Volume Tabung Lengkap Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Menghitung rumus volume tabung gampang banget, lho!

Ilustrasi bangun ruang (canva.com)

Tabung adalah sebuah ruang yang mempunyai sisi lengkung dengan susunan tutup dan alas berukuran sama dan sejajar yang berbentuk lingkaran. Bagian sisi lengkungnya diselimuti dengan persegi panjang. 

kamu bisa menemukan tabung di kehidupan sehari-hari, seperti drum, kayu yang telah dipotong, pipa, bambu, dan lain lain. Dalam ulasan ini, kami akan membahas mengenai rumus volume tabung, cara menghitung hingga contoh soalnya. Yuk, simak sampai akhir!

Baca Juga: Rumus Keliling Lingkaran: Cara Hitung dan Contoh Soal

1. Pengertian Tabung

Ilustrasi tabung (canva.com)

Tabung merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi dengan bagian alas dan tutup yang mempunyai ukuran sama. Serta terdapat selimut berbentuk persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. 

Contoh nyata dari bentuk tabung yaitu seperti botol minum, termos, atau kaleng makanan yang biasanya berbentuk tabung. Bentuk ini sangat mudah untuk ditemui dalam kehidupan kita sehari-hari.

2. Rumus volume tabung

Ilustrasi rumus menghitung volume tabung (dok. IDN Times)

Rumus untuk menghitung volume tabung = πr²t, yang didapatkan dari hasil perkalian rumus luas permukaan lingkaran dengan tinggi tabung. Berikut ini rincian rumus volume tabung secara lengkap yang perlu kamu ketahui, yaitu:

Rumus Volume Tabung

V = π x r x r x t

Keterangan:

V = volume tabung (m3)

π  = phi (3,14 atau 22/7)

r   = tinggi tabung (m)

t   = tinggi tabung (m)

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya