TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Spesies Hewan Paling Spesial di Indonesia

Kalian harus tau

ilustrasi burung cendrawasih (pexels.com/Rajukhan Pathan)

Indonesia, dengan kekayaan biodiversitasnya, merupakan rumah bagi berbagai spesies hewan yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Berikut adalah lima spesies hewan yang sangat spesial dan unik yang dapat ditemukan di negara kepulauan ini:

1. Komodo (Varanus komodoensis)

ilustrasi komodo (pexels.com/Dana Englich)

Komodo adalah kadal terbesar di dunia dan endemik di beberapa pulau di Indonesia, terutama Pulau Komodo, Rinca, dan Flores. Hewan ini terkenal dengan ukurannya yang besar, bisa mencapai hingga 3 meter, serta keberaniannya. Komodo memiliki kemampuan berburu yang canggih dan merupakan predator puncak di habitatnya.

2. Orangutan (Pongo pygmaeus dan Pongo abelii)

ilustrasi orangutan (pexels.com/Florian Kriechbaumer)

Terdapat dua spesies orangutan di Indonesia: orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan orangutan Sumatera (Pongo abelii). Kedua spesies ini adalah primata yang terancam punah dan hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis Indonesia. Orangutan memiliki kecerdasan tinggi dan memainkan peran penting dalam ekosistem hutan sebagai penyebar biji.

3. Burung Cendrawasih (Paradisaeidae)

ilustrasi burung cendrawasih (pexels.com/Ira)

Burung cendrawasih, dikenal juga sebagai "burung surga", merupakan salah satu kelompok burung paling menakjubkan dan berwarna-warni di Indonesia. Spesies seperti Cendrawasih jambul kuning dan Cendrawasih kepala merah dapat ditemukan di Papua dan sekitarnya. Keindahan bulu dan ritual kawin mereka sangat mencolok, menjadikannya simbol keindahan dan keragaman hayati Indonesia.

4. Anoa (Bubalus depressicornis dan Bubalus quarlesi)

ilustrasi banteng (pexels.com/Pixabay)

Anoa adalah spesies banteng kerdil yang hanya ditemukan di pulau Sulawesi. Terdapat dua spesies anoa, yaitu anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis) dan anoa gunung (Bubalus quarlesi). Hewan ini dikenal karena ukurannya yang kecil dan keberaniannya. Anoas adalah spesies yang terancam punah, dan upaya konservasi sedang dilakukan untuk melindungi habitat dan populasinya.

Writer

Cipuy

Menginspirasi dengan setiap kata yang ditulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya