TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Satwa Unik yang Hidup di Gabon, Ada Spesies Trenggiling Langka!

Penampilannya mencuri perhatian

Chimpanzee (commons.wikimedia.org/Giles Laurent)

Wilayah Gabon didominasi oleh hutan tropis yang menjadi habitat dari berbagai spesies hewan. Di negara ini, kamu dapat menemukan berbagai jenis satwa khas Afrika. Bahkan, beberapa di antaranya berstatus sebagai hewan yang terancam punah.

Sebagian besar dari populasi mereka banyak tinggal di kawasan lindung seperti cagar alam dan Taman Nasional. Penasaran, hewan memukau apa saja yang hidup di Gabon. Yuk, cek daftarnya!

1. Giant pangolin

Giant pangolin (commons.wikimedia.org/U.S Fish and wildlife service headquaters)

Giant pangolin merupakan salah satu spesies trenggiling. Daya tarik utama dari hewan ini terletak pada ukurannya yang besar jika dibandingkan dengan spesies trenggiling lainnya. Dilansir dari laman Kevmrc, mereka bertahan hidup dengan mengonsumsi berbagai jenis serangga seperti rayap dan semut.

Fakta menarik lainnya, ekor hewan ini berfungsi sebagai penyeimbang ketika sedang berjalan. Ini lantaran tubuhnya yang berat membuatnya kesulitan untuk bergerak. Di habitat aslinya, giant pangolin sangat sulit dijumpai karena keberadaannya yang terancam punah.

2. Chimpanzee

Chimpanzee (commons.wikimedia.org/Giles Laurent)

Populasi chimpanzee tersebar di beberapa negara di benua Afrika, salah satunya Gabon. Mereka termasuk hewan sosial yang hidup dengan membentuk kelompok. Bahkan, dalam satu kelompok chimpanzee jumlahnya bisa mencapai ratusan ekor.

Ciri khas fisik dari chimpanzee adalah bulu berwarna hitam serta wajahnya yang tidak ditumbuhi bulu. Primata ini dikenal akan tingkat kecerdasannya yang tinggi. Selain itu, mereka merupakan hewan diurnal yang aktif beraktivitas di siang hari seperti mencari makanan hingga berkembang biak.

Baca Juga: 4 Satwa Unik yang Hidup di Taman Nasional Glacier, Ada yang Ganas!

3. Gaboon viper

Gaboon viper (commons.wikimedia.org/Bernard Dupont)

Gaboon viper merupakan predator yang paling ditakuti di Gabon. Bukan tanpa alasan, racun ular yang populer dengan nama ilmiah bitis gabonica ini mampu melumpuhkan korbannya dalam sekejap. Di sisi lain, gaboon viper dinobatkan sebagai spesies ular beracun dengan ukuran taring terpanjang.

Rata-rata panjang taring gaboon viper adalah 5 sentimeter. Taring tersebut membantunya untuk membuat lubang yang dalam pada daging korbannya agar bisa menyuntikan racun lebih banyak. Gaboon viper sering terlihat berkeliaran di area kering seperti gurun dan daerah bebatuan.

4. Olive backed forest robin

Olive backed forest robin (commons.wikimedia.org/Charles J. Sharp)

Olive backed forest robin memiliki penampilan yang terlihat menawan. Tubuhnya ditutupi oleh bulu dengan perpaduan warna orange, olive, dan krem. Akan tetapi, penampilan sang betina tidak semenarik burung jantan.

Spesies burung ini juga dikenal akan suara kicauannya yang terdengar merdu. Olive backed forest robin pertama kali diidentifikasi di tahun 2008. Mereka merupakan subspesies dari burung robin. Kabar buruknya, jumlah olive backed forest robin dari tahun ke tahun semakin menurun drastis.

Selain keempat hewan di atas, wilayah Gabon masih menyimpan beberapa satwa unik lainnya. Mereka lebih suka tinggal di area terpencil yang jauh dari pemukiman manusia.

Baca Juga: 7 Fauna Air Paling Panjang Umur di Dunia, Gak Cukup Satu Abad

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya