TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Long Billed Corella, Burung Bersuara Sumbang!

Hanya terdapat di satu negara

Long billed corella (commons.wikimedia.org/Fir0002)

Long billed corella merupakan salah satu subspesies dari burung kakatua. Mereka dikenal akan tingkat kecerdasannya yang tinggi jika dibandingkan spesies burung lainnya. Selain itu, long billed corella juga memiliki penampilan yang terlihat menawan. 

Hal inilah yang membuat long billed corella sangat populer di kalangan pecinta burung. Termasuk hewan yang mampu bertahan hidup lama, inilah beberapa fakta unik seputar long billed corella dilansir dari laman Animalia dan Green-cheek, sebagai berikut:

1. Habitat asli long billed corella

Long billed corella (commons.wikimedia.org/Robert Young)

Long billed corella merupakan hewan endemik asal Australia. Populasi mereka dulunya hanya dapat ditemukan di wilayah Victoria dan New South Wales. Namun, setelah tahun 1970, populasi burung ini menyebar luas ke beberapa wilayah Australia lainnya seperti Tasmania hingga Queensland

Mereka hidup di berbagai macam area mulai dari hutan, padang rumput, dan perkebunan. Bahkan ada sebagian kecil dari populasi long billed corella yang hidup di perkotaan yang menempati taman-taman kota. Makanan utama kakatua ini adalah biji-bijian dan umbi-umbian.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

Long billed corella (commons.wikimedia.org/Donald Hobern)

Long billed corella termasuk hewan yang suka bersosialisasi. Dilansir laman Greencheek, mereka hidup dengan membentuk kelompok. Bahkan di habitat aslinya, burung ini dapat berkumpul hingga lebih dari 2000 ekor.

Long billed corella lebih memilih untuk membuat sarang di pohon eucalyptus. Akan tetapi, sarang long billed corella harus dekat dengan sumber air. Kakatua ini bergerak dengan cara melompat. Saat berkomunikasi, long billed corella mengeluarkan suara yang terdengar sangat keras dan sumbang.

Baca Juga: Burung Dianggap Hilang 20 Tahun Lalu, Kini Ditemukan Kembali

3. Ciri khas fisik

Long billed corella (commons.wikimedia.org/Fir0002)

Long billed corella termasuk spesies burung berukuran sedang. Mereka rata-rata memiliki panjang 40 sentimeter dan berat maksimal 567 gram. Tubuh burung ini sebagian besar ditutupi bulu berwarna putih cerah.

Sedangkan pada bagian wajah, tenggorokan dan dada terdapat bercak berwarna merah. Yang menariknya, mata Long billed corella memiliki lingkaran seperti cincin berwarna biru. Mereka sangat mudah sekali diindentifikasi di alam liar.

4. Sistem reproduksi

Long billed corella (commons.wikimedia.org/Eoin Murphy)

Long billed corella dikenal akan sifatnya yang sangat setia. Mereka hanya memiliki satu pasangan untuk berkembang biak. Musim kawin long billed corella berlangsung pada musim dingin hingga musim semi.

Sang betina betina mampu mengeluarkan maksimal tiga telur. Telur burung ini berbentuk lonjong dan berwarna putih. Dibutuhkan waktu selama kurang lebih tiga minggu agar telurnya menetas. Anak-anak burung akan terus berada di dalam sarang hingga berusia dua bulan.

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya