TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Golden Crowned Sifaka, Punya Gigi Mirip Sisir!

Mudah diidentifikasi di habitat aslinya

Golden crowned sifaka (commons.wikimedia.org/Jeff Gibbs)

Golden crowned sifaka termasuk primata yang memiliki penampilan memukau. Ini lantaran tubuhnya ditumbuhi oleh bulu berwarna emas sehingga dapat mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya. Mereka sangat suka bersosialisasi di alam liar.

Di sisi lain, golden crowned sifaka berstatus sebagai hewan langka yang sulit ditemukan keberadaannya. Memiliki sistem reproduksi yang tergolong lambat, berikut beberapa fakta menarik seputar golden crowned sifaka. Simak nih ulasannya!

1. Habitat asli golden crowned sifaka

Golden crowned sifaka (uk.inaturalist.org/Martin Mandak)

Golden crowned sifaka merupakan hewan endemik asal benua Afrika. Namun, populasi mereka hanya dapat ditemukan di Madagaskar. Dilansir dari laman Animalia, sebagian besar dari populasi mamalia ini terdapat di wilayah Daraina yang berada di Madagaskar bagian timur.

Mereka mendiami berbagai jenis hutan mulai dari hutan kering hingga hutan gugur. Golden crowned sifaka termasuk hewan herbivora. Untuk bertahan hidup, golden crowned sifaka memakan berbagai jenis buah-buahan, biji-bijian, daun, dan bunga.

Baca Juga: 7 Fakta Anjing Laut Biarawan Hawaii, Termasuk Paling Langka di Dunia

2. Kebiasaan hidup di alam liar

Golden crowned sifaka (uk.inaturalist.org/ Kevin Schafer )

Golden crowned sifaka merupakan hewan sosial. Mereka hidup dengan membentuk grup yang jumlahnya berkisar antara 5 - 6 individu. Mamalia ini aktif beraktifitas pada siang hari seperti bersosialisasi dan berkembang biak.

Sedangkan di malam hari, mereka akan beristirahat di dalam sarnganya yang terdapat di atas puncak pohon. Golden crowned sifaka juga bersifat teritorial yang akan mati-matian mempertahankan wilayah kekuasaannya dari sifaka lainnya. Biasanya hewan ini menandai wilayahnya dengan aroma yang dikeluarkan dari tubuhnya.

3. Ciri khas fisik

Golden crowned sifaka (commons.wikimedia.org/Jeff Gibbs)

Golden crowned sifaka termasuk primata berukuran kecil. Dilansir laman Animaldiversity, mereka rata-rata hanya mempunyai panjang tubuh 48 sentimeter dan berat maksimal 3 kilogram. Sedangkan panjang ekornya bisa mencapai 39 sentimeter. 

Sebagian besar tubuh golden crowned sifaka ditutupi oleh bulu berwarna putih keemasan. Namun, pada bagian atas kepalanya ditumbuhi bulu berwarna orange. Bentuk giginya mirip sisir yang sering digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bulunya.

4. Sistem reproduksi

Golden crowned sifaka (uk.inaturalist.org/Matthias Markolf)

Hingga saat ini belum ada informasi detail seputar cara berkembang biak golden crowned sifaka. Musim kawin primata ini berlangsung mulai dari bulan Januari hingga Maret. Betina hanya mampu melahirkan satu ekor anak dalam satu kali persalinan. 

Sedangkan masa kehamilannya memakan waktu sekitar enam bulan. Anak yang baru lahir akan terus menempel pada perut ibunya. Golden crowned sifaka akan mencapai tingkat kematangan seksual ketika menginjak usia 3 tahun.

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya