TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Four Toed Hedgehog, Hewan Pemakan Kalajengking!

Sering berkelana sekalian berburu

Four toed hedgehog (commons.wikimedia.org/DBoneva)

Four toed hedgehog termasuk mamalia berpenampilan unik. Mereka merupakan spesies landak beurukuran mini yang populasinya hanya dapat ditemukan di satu benua. Hewan yang populer dengan nama ilmiah atelerix albiventris ini juga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Four toed hedgehog memiliki pertahanan diri yang sangat sulit ditembus oleh musuhnya. Mampu berkembang biak dengan cepat, berikut ini beberapa fakta menarik seputar four toed hedgehog. Simak ulasannya!

1. Habitat asli four toed hedgehog

Four toed hedgehog (commons.wikimedia.org/lienyuan lee)

Four toed hedgehog merupakan hewan endemik asal benua Afrika. Akan tetapi, populasi landak ini hanya dapat ditemukan di wilayah Afrika bagian tengah yang meliputi negara Gambia, Senegal, Somalia dan Mozambik. Dilansir laman Animalia, four toed hedgehog lebih suka mendiami area reremputan dan hutan terbuka.

Mereka termasuk hewan omnivora yang mengomsumsi beberapa jenis tumbuh-tumbuhan dan serangga. Bahkan, four toed hedgehog juga memakan hewan-hewan beracun seperti kalajengking. Landak ini akan menempuh perjalanan bermil-mil saat mencari makanan.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

Four toed hedgehog (commons.wikimedia.org/Masalenasi)

Four toed hedgehog aktif beraktifitas di malam hari. Hal ini dikarenakan suhu di malam hari lebih dingin yakni berkisar antara 24 -30 celcius. Sedangkan di siang hari, spesies landak ini akan berlindung dari panasnya sinar matahari di dalam liang tanah.

Ketika berada dalam bahaya, four toed hedgehog akan meregangkan otot punggungnya yang membuat bulu runcingnya berdiri kemudian meringkuk seperti bola. Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk pertahanan diri. Four toed hedgehog berkomunikasi dengan cara mengeluarkan suara dengusan.

3. Ciri khas fisik

Four toed hedgehog (commons.wikimedia.org/DBoneva)

Four toed hedgehog mempunyai bentuk badan bulat lonjong. Sedangkan rata-rata panjang tubuhnya 18 sentimeter dengan berat maksimal 700 gram. Dilansir laman Animaldiversity, bagian punggung mereka ditumbuhi bulu keras dan runcing.

Bagian perut landak ini ditutupi bulu lebat dengan tekstur yang sangat lembut. Sebagian besar populasi four toed hedgehog memiliki bulu berwarna putih. Untuk membedakan jenis kelamin, ukuran betina sedikit lebih besar dibandingkan jantan. 

4. Sistem reproduksi

Four toed hedgehog (commons.wikimedia.org/Masalenasi)

Musim kawin four toed hedgehog berlangsung selama musim hujan. Sedangkan masa kehamilan betina memakan waktu kurang lebih 40 hari. Dalam satu kali persalinan, four toed hedgehog mampu melahirkan sebanyak 10 bayi.

Rata-rata berat bayi four toed hedgehog hanya 10 gram. Bayi-bayi tersebut sangat lemah dan tidak dapat melihat. Mata mereka baru bisa terbuka ketika berusia 15 hari. Four toed hedgehog mencapai tingkat kematangan seksual di usia 3 bulan.

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya