TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik American Anole, Spesies Kadal yang Bersifat Teritorial!

Mereka juga sering disebut green anole

American anole (oaklandzoo.org)

Kadal memiliki ribuan spesies yang populasi hampir tersebar di berbagai wilayah di dunia. Salah satu spesies kadal yang dikenal akan penampilannya yang menarik adalah american anole. Hal ini dikarenakan mereka mempunyai dewlap berbentuk kipas pada bagian bawah tenggorokannya yang dapat dikembangkan. Selain itu, dewlap tersebut berwarna merah muda cerah sehingga terlihat menawan.

Memiliki sifat tempramental karena sering terlihat berkelahi dengan sesamanya di alam liar. Inilah beberapa fakta menarik seputar american anole dilansir dari laman Animalia.bio dan Animaldiversity, sebagai berikut.

1. Habitat asli american anole

American anole (a-z-animals.com)

American anole merupakan hewan endemik yang berasal dari Amerika. Namun, sebagian besar populasi mereka banyak terdapat di wilayah Amerika bagian tenggara yang memiliki iklim subtropis seperti Carolina, Georgia, Florida, Texas dan Alabama. Dilansir laman Animalia.bio, spesies kadal ini mendiami berbagai macam daerah mulai dari hutan, taman, rawa-rawa, ladang dan semak-semak.

Mereka sangat suka hidup di area yang dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan berwarna hijau serta sinar matahari yang melimpah. Bahkan, american anole juga dapat ditemukan di pepohonan yang berada di pinggir jalan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Silky Anteater, Spesies Trenggiling Berukuran Mini!

2. Kebiasaan hidup di alam liar

American anole (thesprucepets.com)

American anole termasuk hewan aboreal yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berada di atas pohon walaupun terkadang mereka turun ke tanah. Di habitat aslinya, spesies kadal ini lebih memilih untuk hidup menyendiri ketimbang membuat kelompok.

Sang jantan memiliki sifat teritorial yang akan mempertahankan daerah kekuasaannya dari pejantan lainnya. Jika terjadi konflik maka keduanya akan bertarung dengan cara saling mengigit serta mencakar hingga menimbulkan cedera yang serius.

3. Ciri khas fisik

American anole (mypetcarejoy.com)

American anole termasuk spesies kadal berukuran kecil. Mereka hanya memiliki panjang badan antara 4 hingga 8 sentimeter dengan bobot maksimal 8 gram. Dilansir Animaldiversity, tubuh american anole berwarna hijau walaupun ada sebagian kecil dari populasi mereka yang berwarna coklat dan abu-abu.

Akan tetapi, american anole hijau dapat berubah warna yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan, suhu hingga tingkat stres. Untuk membedakan jenis kelamin, american anole betina memiliki garis pada bagian punggung mereka.

4. Sistem reproduksi

American anole (en.wikipedia.org)

Musim kawin american anole berlangsung mulai dari bulan April hingga September. Saat berkembangbiak american anole suka bergonta ganti pasangan atau lebih dikenal dengan sebutan hewan poligini.

Sang betina dapat mengeluarkan hingga 10 telur yang akan diinkubasi selama 5-7 minggu dengan panas dari matahari. Bayi yang baru lahir harus hidup mandiri tanpa kedua orang tuanya. Mereka mencapai tingkat kematangan seksual pada usia 8 bulan untuk dapat bereproduksi.

Baca Juga: 5 Satwa Liar Unik yang Berhabitat di Wilayah Chili, Bikin Terpukau!

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya