TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Diamondback Water Snake, Ular Pemburu Tangguh!

Jago juga berenang!

Diamondback water snake (commons.wikimedia.org/Greg Schechter)

Ular merupakan jenis hewan reptil yang memiliki ribuan spesies yang dibedakan menurut penampilan, racun dan habitatnya. Salah satu spesies ular yang memiliki kebiasaan hidup unik adalah diamondback water snake. Hal ini dikarenakan diamondback water snake termasuk hewan predator ulung di mana mereka mampu membuat serangan mematikan hingga mangsanya tidak berkutik.

Dengan populasi yang hanya tersebar di satu negara serta mampu berkembang biak dengan sangat cepat. Inilah beberapa fakta menarik seputar diamondback water snake dilansir dari laman Animalia.bio dan Floridamuseum, sebagai berikut:

1. Habitat asli diamondback water snake

Diamondback water snake (commons.wikimedia.org/Greg Schechter)

Diamondback water snake merupakan spesies ular yang hanya dapat ditemukan di negara Amerika Serikat. Dilansir dari laman Animalia.bio, sebagian besar populasi diamondback water snake terdapat di Amerika Serikat bagian tengah mulai dari wilayah Arkansas, Texas, Mississippi, Alabama, Kansas dan Georgia.

Mereka sangat suka mendiami daerah yang berdekatan dengan sumber air seperti danau, sungai, dan rawa-rawa. Ular ini bertahan hidup dengan memangsa berbagai jenis hewan di antaranya katak, salamander, ikan bahkan anak kura-kura.

Baca Juga: 5 Fakta Ular Sanca, Boa, dan Anakonda, Apa Perbedaannya?

2. Kebiasaan hidup di alam liar

Diamondback water snake (commons.wikimedia.org/Andy Reago)

Seperti spesies ular pada umumnya, diamondback water snake merupakan hewan soliter yang lebih memilih hidup menyendiri ketimbang berkelompok. Akan tetapi hewan ini juga dapat berbagi sarang mereka dengan ular lainnya.

Diamondback water snake memiliki cara unik ketika berburu makanan yakni dengan cara mengintainya dari atas cabang-cabang pohon di tepi air. Setelah mangsanya berupa ikan atau katak terlihat mereka akan menceburkan diri ke dalam air. Saat musim dingin spesies ular ini akan melakukan hibernasi di dalam sarangnya.

3. Ciri khas fisik

Diamondback water snake (commons.wikimedia.org/Greg Schechter)

Diamondback water snake termasuk spesies ular berukuran pendek dengan panjang tubuh berkisar antara 76 hingga 122 sentimeter. Dilansir dari laman Floridamuseum, badan ular ini lebih kekar dengan warna sisik coklat keabu-abuan. Di sekitar tubuhnya terdapat garis-garis hitam yang membentuk pola seperti diamond atau berlian.

Sedangkan bagian bawah perut dari diamondback water snake berwarna kuning kegelapan. Di habitat aslinya, diamondback water snake dapat bertahan hidup hingga usia maksimal 10 tahun.

4. Sistem reproduksi

Diamondback water snake (commons.wikimedia.org/Dougfirefighter93)

Diamondback water snake merupakan hewan ovovivipar yang berkembang biak dengan dua proses yaitu bertelur dan melahirkan. Musim kawin ular ini berlangsung pada musim semi di mana sang betina mampu mengeluarkan hingga 62 ekor anak.

Anak ular yang baru lahir memiliki panjang tubuh antara 20 hingga 25 sentimeter. Mereka akan langsung hidup mandiri di alam liar dan tidak mendapatkan perawatan dari sang induk. Diamondback water snake mencapai tingkat kematangan seksual ketika menginjak usia dua tahun.

Baca Juga: 7 Ular Kanibal yang Senang Memakan Ular Lain

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya