TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Utama Terjadinya Tsunami, Tidak Hanya Gempa Bumi!

Tanah longsor juga mempengaruhi

Ilustrasi tsunami (pxhere.com/GEORGE DESIPRIS)

Tsunami adalah gelombang laut yang sangat besar dan kuat yang bisa menyebabkan bencana bagi daerah pesisir. Tsunami bisa menghancurkan bangunan, menenggelamkan tanah, dan menewaskan banyak orang. Tapi apa sih yang menyebabkan tsunami? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gempa bumi di laut

Ilustrasi gempa yang terjadi di bawah laut, hal ini akan menyebabkan meluapnya air ke daratan (flickr.com/James St. John)

Tsunami seringkali disebabkan oleh gempa bumi di bawah laut. Ketika dua lempeng bumi saling menekan atau menggeser, mereka melepaskan energi yang telah lama terkumpul. Energi ini dapat mengubah bentuk dasar laut dan menaikkan atau menurunkan tingkat air laut.

Menurut Irish Independent, hal inilah yang menyebabkan gelombang besar muncul dan meluas ke berbagai arah. Gempa bumi yang lebih kuat akan menghasilkan tsunami yang lebih besar. Indonesia merupakan negara yang rentan terhadap gempa bumi dan tsunami karena berada di tempat bertemunya tiga lempeng bumi besar, yaitu Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik.

2. Letusan gunung berapi di laut

Ilustrasi erupsi gunung bawah laut (flickr.com/Hawaii Volcanoes National Park)

Penyebab tsunami lainnya adalah letusan gunung berapi di laut. Letusan gunung berapi akan memuntahkan lava, abu, gas, dan batuan ke udara dan laut. Jika letusannya cukup kuat, maka dapat terjadi pergerakan atau tanah longsor di dasar laut sehingga bisa mengganggu keseimbangan air laut.

Hal ini bisa memicu tsunami. Selain itu, letusan gunung berapi juga dapat menimbulkan gelombang ketika terjadi peningkatan atau penurunan tekanan udara secara tiba-tiba. Seperti dilansir Britannica, gelombang ini disebut gelombang gravitasi akustik dan bisa menjadi tsunami jika mencapai wilayah pesisir. Contoh tsunami akibat letusan gunung berapi antara lain tsunami Krakatau pada tahun 1883 dan tsunami Anak Krakatau pada tahun 2018.

3. Tanah longsor di laut

Ilustrasi tanah longsor bawah laut (commons.wikimedia.org/NOAA Photo Library)

Penyebab terjadinya tsunami selanjutnya adalah tanah longsor di laut. Tanah longsor dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, erosi, atau aktivitas manusia. Longsoran di laut memindahkan material dalam jumlah besar dari darat ke laut atau dari dasar laut ke permukaan laut.

Material ini memampatkan atau mengangkat air laut dan menimbulkan gelombang tsunami. Longsor di laut dapat terjadi di dekat pantai maupun di laut dalam. Semakin besar jumlah material yang terlibat, semakin besar pula gelombang tsunaminya. Contoh tsunami akibat tanah longsor di laut adalah tsunami Teluk Lituya di Alaska pada tahun 1958.

4. Tumbukan benda langit dengan laut

Ilustrasi benda langit yang akan menumbuk laut, hal ini jika terjadi akan menyebabkan tsunami besar (needpix.com/RafaelMousob)

Penyebab tsunami yang jarang namun berpotensi sangat dahsyat adalah tumbukan benda langit dengan laut. Benda langit seperti meteor atau komet masuk ke atmosfer bumi dan jatuh ke laut. Jika benda langit berukuran besar dan cukup cepat, maka akan terjadi ledakan besar yang menimbulkan gelombang kejut dan panas.

Gelombang kejut ini dapat mendorong air laut ke atas dan membentuk tsunami. Gelombang panas ini menguapkan air laut dan meningkatkan tekanan udara. Menurut American Red Cross, tekanan udara ini dapat meningkatkan tinggi gelombang tsunami. Contoh tsunami yang melanda laut dari benda langit adalah tsunami akibat hantaman meteorit di Teluk Carancas Peru pada tahun 2007.

Verified Writer

Agam Praminsya

Tidak ingin menjadi penulis maupun pembaca, aku hanya ingin menjadi pemilik hatimu selama-lamanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya