TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Serangga Pemakan Nektar, Sering Ditemukan Menempel pada Bunga

Nektar adalah cairan manis yang diproduksi oleh tanaman

Kupu-kupu, salah satu serangga pemakan nektar (inaturalist.org/vatcharavee)

Pasti kamu sering melihat serangga seperti kupu-kupu, ngengat, atau lebah bertengger di atas bunga. Kebiasaan mereka tersebut bukanlah tanpa sebab karena sebenarnya mereka sedang mencari makan. Yang mereka cari bukan daun di bunga, serbuk sari di bunga, atau tangkai bunga melainkan nektar manis yang ada di dalam bunga.

Nektar sendiri merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh tanaman dan biasanya mengandung gula dan protein. Bahkan tak cuma di bunga, beberapa buah juga menghasilkan nektar, lho. Tentunya untuk mengambil nektar tersebut berbagai jenis serangga juga mengembangkan adaptasi khusus. Serangga yang suka memakan nektar juga ada banyak dan kita akan membahas beberapa diantaranya!

1. Kupu-kupu

Kupu-kupu (inaturalist.org/fynkynd)

Dilansir Nature Museum, kupu-kupu merupakan salah satu serangga yang memakan nektar dari bunga. Karena nektar biasanya berada di bagian dalam bunga serangga ini menggunakan belalainya untuk menyedot nektar tersebut. Tentunya belalai yang ia miliki sedikit berbeda dari belalai gajah. Jika belalai gajah selalu memanjang maka belalai kupu-kupu bisa digulung ke dalam dan hanya akan dipanjangkan saat hendak makan.

Tak hanya itu, kupu-kupu juga sangat unik karena jadi satu-satunya serangga yang sayapnya ditutupi oleh sisik. Sisik tersebut sangat kecil dan halus serta membentuk pola yang indah di sayap serangga ini. Pola tersebut punya beragam warna seperti hitam, kuning, merah, ungu, hijau dan lain-lain serta digunakan untuk menakut-nakuti predator, berkamuflase, atau menarik perhatian lawan jenis.

2. Nyamuk

Nyamuk (inaturalist.org/djhiker)

Mungkin kamu bingung kenapa nyamuk masuk dalam daftar ini, padahal nyamuk merupakan serangga penghisap darah. Namun ternyata hanya nyamuk betina yang menghisap darah, lho. Hal tersebut dilakukan saat nyamuk hendak bereproduksi karena protein yang ada di darah membantu telur nyamuk untuk berkembang. Darah yang dihisap juga beragam, bisa darah manusia, mamalia, kodok, bahkan nyamuk lain.

Jika serangga ini tidak dalam tahap reproduksi maka makanan utama mereka merupakan nektar yang ada di bunga atau buah-buahan, jelas Orkin. Jadi jangan kaget jika kamu sering melihat nyamuk menempel di bunga atau buah-buahan yang sudah matang. Bahkan nyamuk betina yang hendak bereproduksipun tetap akan memakan nektar. Darah hanya menjadi makanan pendukung untuk telur dan bayi-bayinya.

3. Lalat

Lalat (inaturalist.org/varajuan)

Lalat memang terkenal sebagai hewan yang jorok dan menjijikan, bahkan larva dari hewan ini hanya memakan bangkai dan tanaman yang sudah membusuk. Namun hal ini berbeda dari lalat dewasa karena mereka juga memakan nektar, terang laman Ehlrich Pest Control. Lalat dewasa juga tak pilih-pilih makanan, mau itu nektar dari bunga atau buah bisa dimakan oleh serangga kecil ini.

Namun sebenarnya nektar hanyalah makanan pendukung bagi lalat dan bukan makanan utama. Walau ada juga spesies lalat yang disebut lalat buah di mana lalat dewasa dan larvanya secara khusus hanya memakan buah, khususnya buah yang terlalu matang. Lalat buah ini punya ciri fisik yang sedikit berbeda dari lalat yang umumnya kamu lihat. Ukurannya lebih kecil, warnanya lebih cerah, dan cukup jarang terlihat di area pemukiman.

4. Lebah

Lebah (inaturalist.org/naturalist27321)

Sudah menjadi rahasia umum kalau serangga berwarna kuning ini merupakan serangga yang memakan nektar. Laman USGS menjelaskan kalau lebah memakan dua hal, yaitu nektar dan serbuk sari. Lebah memakan nektar untuk memberikan energi pada tubuh sementara serbuk sari kaya akan nutrisi dan protein yang menyehatkan tubuh serangga ini. Tak hanya untuk dirinya sendiri, karena merupakan hewan komunal lebah juga mencari makanan untuk larva yang ada di sarangnya.

Tak cuma itu, karena sering hinggap dari satu bunga ke bunga lain lebah menjadi serangga yang penting bagi ekosistem, lho. Ia punya peran sebagai penyerbuk alami yang membantu bunga dan buah untuk tumbuh dan berkembang. Jadi jangan heran jika ada lebah di kebun atau di sekitar pohon buahmu. Biarkan saja lebah tersebut beterbangan karena hal tersebut justru baik bagi bunga dan buah.

Verified Writer

Arzha Ali Rahmat

Mahasiswa Unnes yang suka ular.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya