TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Serangga Air Raksasa, Predator Ganas Pemangsa Hewan Air!

Serangga air raksasa bisa memangsa ikan sampai kura-kura

Serangga air raksasa (inaturalist.org/Joshua Lincoln)

Biasanya image predator ganas sangat lekat dengan hewan-hewan seperti burung elang, singa, buaya, harimau, atau ikan hiu. Saking ganasnya mereka sangat ditakuti sampai-sampai menjadi predator puncak di habitatnya. Hal ini tidak mengejutkan mengingat hewan-hewan tersebut punya cakar yang tajam, ukuran yang besar, otot yang kuat, sampai rahang yang kuat. Bahkan beberapa diantaranya sering menyerang dan membahayakan manusia, lho. 

Walau begitu nyatanya ada juga hewan kecil yang tak kalah ganas dari singa atau harimau, salah satunya adalah serangga air raksasa yang berasal dari famili Belostomatidae. Sebagai serangga, hewan ini sangat terkenal karena cakarnya yang kuat. Bahkan tak hanya digunakan untuk menangkap mangsa cakar tersebut juga cukup kuat untuk melukai manusia. Selain itu, serangga air juga punya banyak fakta unik yang beberapa diantaranya akan kita bahas.

1. Populasinya sangat melimpah di Benua Amerika

Serangga air raksasa (inaturalist.org/Henning)

Dilansir iNaturalist, setidaknya serangga air raksasa punya sekitar 170 spesies yang bisa ditemukan di perairan air tawar di seluruh dunia. Namun jika dipetakan penyebaran hewan ini terpusat di satu daerah, yaitu daerah neotropik yang mencakup Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sebagai perbandingan terdapat sekitar 20 spesies serangga air raksasa di Benua Afrika sementara itu terdapat sekitar 110 spesies di Benua Amerika. Tentunya perbandingan tersebut bagaikan langit dan bumi.

Sebagai hewan akuatik serangga air raksasa lebih suka tinggal di perairan berair tenang seperti kolam, sungai, danau, saluran air, dan kolam renang. Ia dapat tinggal dimanapun selama daerah yang ditinggalinya punya pasokan makanan, tempat persembunyian, air yang tenang, dan tempat untuk berkembang biak. Serangga ini juga sangat suka berdiam diri di dasar air atau di sela-sela bebatuan.

2. Panjang maksimalnya mencapai 12 cm

Serangga air raksasa (inaturalist.org/Andre Harmse)

Walau termasuk spesies serangga namun kamu tak boleh meremehkan ukuran hewan ini karena spesies terbesarnya saja mampu tumbuh hingga sepanjang 12 cm, jelas National Park Service. Tubuhnya sendiri berwarna gelap dan warna yang paling umum ditemukan pada hewan ini adalah hitam, abu-abu, cokelat, atau kekuningan.

Tubuhnya juga datar dan berbentuk oval. Ia juga punya enam kaki dengan kaki paling depan berevolusi menjadi semacam tangan penusuk yang tajam yang kuat. Tangan itulah yang digunakan hewan ini untuk menangkap mangsa dan melukai predator.

3. Serangga air raksasa punya banyak spesies

Serangga air raksasa (inaturalist.org/ronlyons)

Seperti yang sudah dijelaskan kalau hewan ini punya ratusan spesies dan beberapa diantaranya adalah Belostoma lutarium, Belostoma flumineum, Benacus griseus, dan Lethocerus medius, jelas Bug Guide. Tentunya tiap spesies juga punya beberapa perbedaan, seperti perbedaan ukuran, ciri fisik, habitat, dan wilayah penyebaran. Famili Belostomatidae juga dibagi menjadi beberapa subfamili yang diantara adalah Belostomatinae, Horvathiniinae, dan Lethocerinae.

Bahkan tak hanya itu, ternyata serangga air raksasa sudah hidup dari zaman prasejarah, lho. Hal ini bukan bualan semata karena sudah dibuktikan dari bukti fosil yang ditemukan dan diteliti oleh para ahli. Beberapa genus seperti Aenictobelostoma, Belostomates, dan Triassonepa merupakan genus serangga air raksasa yang sudah punah. Fosil mereka ditemukan dan dideskripiskan antara tahun 1839 sampai tahun 2017.

4. Mampu memakan berbagai hewan air mulai dari ikan, kodok, sampai kura-kura

Serangga air raksasa (inaturalist.org/bekahwal)

Serangga air raksasa sendiri merupakan karnivor yang sangat ganas dan bisa memakan apapun bahkan hewan yang lebih besar dari tubuhnya. Laman Macro Invertebrates menerangkan kalau saat masih kecil serangga air raksasa hanya bisa memakan invertebrata kecil, kemungkinan cacing dan krustasea. Namun saat tumbuh dewasa hewan ini sanggup memakan apapun mau itu invertebrata, reptil, krustaesa, sampai ikan.

Beberapa hewan yang sering ia makan adalah ikan, kepiting, udang, katak, dan kadal air. Namun pernah juga ditemukan serangga air raksasa yang sanggup memakan anak kura-kura dan ular air. Hewan ini mampu menangkap mangsanya dengan tangannya yang besar dan sangat tajam. Bahkan tidak hanya efektif untuk menangkap mangsa, tangan tersebut juga bisa digunakan untuk menyerang, lho. Gilanya lagi tusukan atau capitan serangga ini juga mampu memberikan luka yang dalam dan menyakitkan bagi manusia.

Verified Writer

Arzha Ali Rahmat

Mahasiswa Unnes yang suka ular.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya