TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Herrerasaurus, Dinosaurus Tertua di Dunia!

Herrerasaurus hidup sekitar 200 juta tahun yang lalu

Rekonstruksi kerangka Herrerasaurus (commons.wikimedia.org/Eva K.)

Intinya Sih...

  • Herrerasaurus hidup sekitar 200 juta tahun yang lalu, merupakan dinosaurus paling primitif dan paling tua yang pernah hidup.
  • Sebagai pemakan daging, Herrerasaurus memakan hewan kecil pemakan tumbuhan dengan gigi panjang dan rahang kuat.
  • Ukurannya bisa mencapai 6 meter, memiliki tangan panjang dengan tiga cakar, serta penemuan fosilnya menjadi penting untuk studi evolusi dinosaurus.

Dinosaurus sudah hidup di bumi sejak 200 juta tahun yang lalu, selama itu mereka juga berkembang dan berevolusi. Ada yang berevolusi dengan menumbuhkan leher panjang, ada yang berbulu, ada yang punya rahang kuat, bahkan ada yang bisa terbang. Namun evolusi tersebut terjadi secara perlahan dan dinosaurus yang muncul pertama kali bisa dibilang punya ciri yang cukup primitif.

Salah satu dinosaurus pertama di dunia adalah Herrerasaurus dan ia hidup pada periode trias. Dinosaurus ini merupakan pemakan daging dan punya beberapa ciri primitif yang tidak ditemukan pada dinosaurus yang lebih modern dan berkembang. Karenanya Herrerasaurus sangat menarik untuk diulik dan kali ini kita akan mengulik beberapa hal tentang Herrerasaurus ini di artikel ini!

1. Herrerasaurus hidup sekitar 200 juta tahun yang lalu

Rekonstruksi kerangka Herrerasaurus (commons.wikimedia.org/★Kumiko★)

Dilansir Britannica Kids, Herrerasaurus hidup di Amerika Selatan pada periode trias akhir, yaitu sekitar 230 sampai 208 juta tahun yang lalu. Sebagai dinosaurus yang hidup di periode trias ia juga merupakan dinosaurus paling primitif dan paling tua yang pernah hidup. Di zamannya belum ada banyak dinosaurus yang bermunculan. Bahkan hanya ada beberapa dinosaurus yang diketahui hidup di periode trias seperti Plateosaurus dan Colephysis.

Kehidupan di periode trias juga sangat keras karena sumber air, tumbuhan, dan sumber makanan sangat menipis. Suhu di periode ini sangat panas dan gersang, mirip seperti gurun, bebatuan, atau savana pada masa kini. Hutan belum banyak dan hanya ada sedikit di beberapa daerah. Selain itu di periode ini bentuk bumi juga sangat berbeda dan hanya ada satu benua saat itu, benua tersebut adalah benua raksasa bernama Pangea.

2. Herrerasaurus merupakan dinosaurus karnivor

Rekonstruksi patung Herrerasaurus (commons.wikimedia.org/Eva K.)

Laman Dinopit menerangkan kalau hewan dengan nama lengkap Herrerasaurus ischigualastensis ini merupakan karnivor atau pemakan daging. Kemungkinan makanan utamanya adalah hewan-hewan kecil pemakan tumbuhan. Reptil kecil, synapsida, dan dinosaurus yang lebih kecil menjadi hewan yang umum ditemukan di habitatnya dan jadi makanan utama dinosaurus ini. Dengan gigi-giginya yang panjang dan rahangnya yang kuat ia mampu mencengkeram mangsa dan mengoyak daging dengan cukup mudah. Bahkan ada kemungkinan kalau Herrerasaurus jadi salah satu predator paling ditakuti di habitatnya.

3. Panjangnya berkisar antara 5 sampai 6 meter

Perbandingan ukuran Herrerasaurus dengan manusia (commons.wikimedia.org/Mike.BRZ)

Baca Juga: 5 Fakta Menakjubkan Kecoak, Hidup sejak Era Dinosaurus

Walau termasuk dinosaurus primitif namun ukurannya tidak bisa diremehkan, dari segi ukuran hewan ini masih bisa bersaing dengan dinosaurus terkenal macam Velociraptor. Jika berbicara ukuran, Herrerasaurus bisa tumbuh hingga mencapai panjang 6 meter, jelas artikel di jurnal Science. Beberapa spesimen juga ada yang punya tubuh lebih kecil, namun ukurannya tidak jauh dari 4,5 sampai 5 meter. Bobotnya juga cukup bervariasi, yaitu sekitar 200 sampai 350 kg.

Sayangnya belum ada bukti fosil yang menunjukan tekstur kulit, sisik, atau warna dari dinosaurus ini. Namun jika melihat dinosaurus lain dan melihat habitatnya kemungkinan besar tubuh Herrerasaurus diselimuti sisik seperti reptil modern yang hidup di gurun. Warna tubuhnya juga sama sekali tidak diketahui, jika kamu melihat ilustrasi berwarna dari dinosaurus ini warna tersebut hanya imajinasi dari ilustrator dan bukan merupakan warna asli.

4. Punya tangan yang panjang dan tubuh yang ramping

Ilustrasi Herrerasaurus (commons.wikimedia.org/PaleoNeolitic)

Sekilas Herrerasaurus tak terlalu berbeda dengan dinosaurus karnivor lain, namun sebagai dinosaurus tertua ia ternyata cukup berbeda, lho. Kepalanya sedikit mengotak dan beberapa struktur tulangnya juga berbeda dari dinosaurus yang lebih modern. Ia juga punya tubuh yang ramping dan kaki belakang yang kuat, jelas Britannica. Kemungkinan bentuk tubuh seperti ini digunakan untuk berlari dengan cepat di gurun dalam upaya mengejar mangsa dan kabur dari predator.

Berbeda dari dinosaurus seperti Tyrannosaurus, tangan Herrerasaurus justru cukup panjang dan punya tiga cakar. Karenanya tangan dinosaurus ini cukup berguna dan bisa digunakan untuk menangkap atau mencengkeram mangsa. Tentunya hal ini berbeda dari dinosaurus karnivor yang lebih modern. Kebanyakan dari dinosaurus yang lebih modern punya tangan kecil yang tidak berguna atau tangan panjang berbulu yang akhirnya berevolusi menjadi sayap.

Verified Writer

Arzha Ali Rahmat

Mahasiswa Unnes yang suka ular.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya