TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Identik dengan Suhu Panas, 5 Negara Tropis Ini Memiliki Salju

Indonesia, satu-satunya negara ASEAN yang memiliki salju

ilustrasi salju di puncak gunung Kenya (Micato.com)

Wilayah tropis dikenal dengan iklim yang hangat. Sinar matahari menyinari wilayah tropis sepanjang tahun. Dengan demikian, negara di wilayah tropis akan tidak mungkin memiliki salju seperti negara di Eropa. Namun, faktanya ada beberapa negara tropis yang wilayahnya diselimuti salju.

Indonesia adalah salah satu negara tropis yang wilayahnya memiliki salju. Jika kalian berkunjung ke puncak Jayawijaya, maka kalian akan menemukannya di sana. Fakta menariknya, Indonesia adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang memiliki salju. Selain Indonesia, berikut adalah 5 negara tropis yang memiliki salju di wilayahnya.

1. Tanzania

ilustrasi salju di puncak gunung Kilimanjaro (Pixabay.com/GregMontani)

Tanzania adalah negara tropis yang menjadi rumah bagi gunung tertinggi di Afrika. Gunung Kilimanjaro dengan ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut menjadikannya gunung tertinggi di Afrika yang terletak di Tanzania dan berbatasan dengan negara Kenya. Dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat indah, puncak gunung Kilimanjaro juga menjadi menakjubkan karena diselimuti salju.

Keberadaan salju pada puncak gunung Kilimanjaro disebabkan karena faktor ketinggian yang sangat tinggi sehingga menyebabkan suhu udara cukup dingin yang memungkinkan terbentuknya es atau salju. Namun, seiring berjalannya waktu, karena diduga faktor pemanasan global, perlahan lapisan es di puncak gunung Kilimanjaro mulai menghilang, seperti dilansir laman Discover Magazine.

Baca Juga: Fenomena Suara Aneh dari Langit: 4 Teori The Hum yang Membingungkan

2. Kolombia

ilustrasi salju di puncak gunung Pico Cristóbal Colón (aascolombia.weebly.com)

Kolombia merupakan negara tropis yang menjadi lokasi terbentangnya pegunungan Andes. Dikenal dengan pegunungan terpanjang di dunia yang terbentang sepanjang 7000 km, pegunungan ini melintasi 7 negara Amerika Selatan. Puncak tertinggi pegunungan Andes yang berada di Kolombia adalah Pico Cristóbal Colón, tepatnya di Sierra Nevada de Santa Marta berada dekat pantai Karibia.

Melansir laman The Complete Pilgrim, puncak gunung ini berada di ketinggian 5.700 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian ini, puncak Pico Cristóbal Colón memiliki suhu yang sangat dingin dan bahkan berada di bawah titik beku, sehingga puncak gunung ini diselimuti salju. Fakta menarik dari dari gunung Pico Cristobal Colon adalah namanya yang diambil dari penjelajah Eropa yang dianggap menemukan benua Amerika, yaitu Christopher Columbus. Selain itu, gunung Pico Cristobal Colon memiliki kembaran yang bernama Pico Simon Bolivar yang namanya diambil dari nama pahlawan revolusioner Simon Bolivar.

3. Kenya

ilustrasi salju di puncak gunung Kenya (Micato.com)

Apa yang ada di pikiran kalian tentang negara Kenya? Dapat dipastikan, mayoritas akan memikirkan negara yang panas dan gersang. Namun, faktanya di Kenya terdapat lokasi yang diselimuti salju.Melansir laman World Facts, berlokasi di 150 km sebelah utara Nairobi, terdapat gunung Kenya yang memiliki ketinggian 5.199 meter di atas permukaan laut. Puncak tertinggi gunung Kenya berada di puncak Batian dan Nelion. Kedua puncak ini memiliki suhu dibawah titik beku yang menyebabkan wilayah ini ditutupi salju abadi. Fakta menariknya adalah gunung Kenya merupakan puncak gunung tertinggi kedua di Afrika setelah gunung Kilimanjaro. Selain itu, gunung Kenya merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif dan terbentuk sejak 2,6 juta tahun yang lalu.

4. Venezuela

ilustrasi salju di puncak gunung Pico Bolivar (Theoutsiders.travel)

Sama seperti Kolombia, Venezuela merupakan negara tropis yang wilayahnya dilalui pegunungan Andes. Melansir laman Britannica, tepat berada di wilayah negara bagian Merida, terdapat puncak-puncak tertinggi dari pegunungan Andes yang dikenal dengan nama Sierra Nevada de Merida. Puncak tertingginya berada di puncak Pico Bolivar, yang memiliki ketinggian 4.978 meter di atas permukaan laut.

Dengan ketinggian yang ekstrim, suhu di sana bisa mencapai dibawah titik beku, sehingga permukaan puncak Pico Bolivar diselimuti salju. Bagi pendaki yang ingin mencapai puncak Pico Bolivar, bisa melalui teleferico Merida, yang merupakan salah satu kereta gantung terpanjang dan tertinggi di dunia. Kereta gantung ini akan mengantarkan pendaki ke Pico Espejo yang lokasinya dekat dengan Pico Bolivar.

Verified Writer

Ary Yulianto

Sedang menikmati belajar menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya