TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan Kucing dan Anjing Kesayangan

Spirulina memang punya banyak manfaat!

Potret anjing putih dan kucing (unsplash.com/@krista)

Spirulina, atau juga dikenal sebagai ganggang hijau-biru, sudah lama diklaim sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi serta sifat antioksidannya. Bahkan, tumbuhan ini menjadi salah satu suplemen makanan pilihan bagi para astronot NASA saat menjalankan misi di luar angkasa, lho!

Namun, tidak hanya manusia saja yang bisa merasakan khasiat dari spirulina. Hewan peliharaan kesayanganmu seperti kucing dan anjing juga dapat menikmati dampak positif dari tumbuhan ini. Yuk, simak beberapa manfaat kesehatan spirulina untuk kucing dan anjingmu!

1. Meningkatkan kesehatan kulit dan bulu anabul

Potret kucing orange yang sedang tidur (unsplash.com/@ludemeula)

Dilansir Healthline, setiap satu gram bubuk spirulina mengandung asam lemak omega-6 dan omega-3. Asam lemak omega, seperti asam linoleat dan asam arakidonat, sangat penting untuk kesehatan kucing dan anjing karena mereka tidak bisa memproduksi zat ini sendiri. Oleh karena itu, mereka membutuhkan asupan tambahan dari makanan yang mengandung asam lemak.

Dengan menambahkan sedikit bubuk spirulina ke dalam makanan anabul kesayanganmu setiap hari, kandungan asam lemak yang tinggi dalam spirulina dapat membantu mengurangi peradangan, kekeringan, dan rasa gatal pada kulit.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Potret kucing orange sedang memakan rumput (unsplash.com/@kentro)

Sebuah studi yang diterbitkan oleh PubMed Central pada tahun 2017 mengklaim bahwa spirulina dapat membantu kesehatan usus karena tingginya kadar serat. Menurut Healthline, serat dalam spirulina dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Semakin banyak bakteri baik, semakin kuat dan tebal pula dinding usus anabul. 

Kamu bisa mencegah infeksi bakteri jahat pada hewan peliharaanmu, seperti diare dan sembelit, dengan rajin memberikan spirulina.

Baca Juga: 5 Fakta Kesehatan Spirulina, Alga Hijau yang Berkhasiat untuk Kulit

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Potret kucing calico (unsplash.com/@hcelmas)

Rutin mengonsumsi spirulina setiap hari dapat memperkuat sistem imun anabulmu dengan tingginya kadar nutrisi dan vitamin dalam spirulina, seperti vitamin E, C, dan B6. DIlansir Cats, vitamin C berperan sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat karena sifat antioksidannya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa spirulina dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi, yang berfungsi melawan penyakit pada hewan peliharaan. Penuh manfaat, ya!

4. Membersihkan racun dalam tubuh

Potret kucing dan anjing orange bermain bersama (unsplash.com/@danieltuttle)

Spirulina dikenal sangat efektif dalam menjaga kesehatan hati dengan membantu mengurangi kadar kolestrol buruk dan memproduksi kolestrol baik dalam tubuh, sebagaimana dijelaskan oleh Healthline.

Pada hewan kesayangan, rajin mengonsumsi spirulina dapat mengurangi risiko penyakit hati, kanker, bahkan gangguan autoimun. Spirulina bekerja dengan cara mengikat zat-zat berbahaya dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui sistem pencernaan, sehingga membantu proses pengeluaran racun secara alami, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya