TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bolehkah Mencukur Rambut di Dekat Telapak Kaki Kucing?

Bagian kaki kucing ini ternyata punya fungsi tak terduga

potret paw (telapak kaki) dari kucing dewasa (commons.wikimedia.org/Alvesgaspar)

Kaki bisa dibilang jadi salah satu bagian tubuh paling menonjol dari kucing domestik (Felis catus). Berkat bagian tubuh ini, salah satu anabul favorit manusia ini dapat beraktivitas dengan mudah dan mengungguli berbagai jenis hewan lain di sekitarnya. Nah, pada bagian kaki ini, terdapat telapak kaki yang memiliki bantalan berwarna merah muda yang biasa disebut paw.

Kalau kita coba menekan bagian ini, rasanya seperti sedang menyentuh jeli yang lembut dan kenyal. Jika menekan bantalan dekat jarinya, maka cakar tajam si imut ini pun akan keluar. Nah, terkadang di bagian paw kucing juga tumbuh rambut di sekitarnya sehingga sering buat pemeliharanya bertanya-tanya, sebenarnya untuk apa fungsi rambut ini dan apakah kita boleh mencukurnya?

Nah, kali ini, yuk, kita coba cari tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Selain itu, rasanya menarik juga, kan, untuk mengetahui beberapa fakta lain dari telapak kaki dari anabul imut favorit manusia ini. Tanpa berlama-lama lagi, langsung gulir layar ke bawah, ya!

1. Apa fungsi rambut pada telapak kaki kucing?

seekor kucing yang sedang menjilati kakinya (commons.wikimedia.org/ReneeWrites)

Sebelum menjawab boleh atau tidaknya kita mencukur rambut di sekitar telapak kaki kucing, perlu diketahui dulu kalau sebenarnya keberadaan rambut-rambut itu bukannya tanpa fungsi. Bahkan, rambut ini terbilang sangat penting bagi kucing ketika ingin bergerak ke sana ke mari, lho.

Rambut di sekitar telapak kaki dapat menjadi sensor yang mengirimkan umpan balik saat kucing akan bergerak di tanah. Umpan balik itu bisa berupa informasi apakah tanah yang sedang dipijaknya itu panas atau dingin. Dengan demikian, kucing dapat mengukur berapa lama telapak kakinya dapat bertahan ketika sedang menapaki tanah dengan suhu tertentu. Hal ini sangat penting supaya bantalan di telapak kaki bisa bekerja secara optimal.

Menariknya, fungsi rambut pada paw kucing tak berhenti sampai di situ. Bagian tubuh tersebut juga jadi semacam pelindung bagi telapak kaki kucing dari paparan panas, kotoran, debu, sampai elemen kimia yang bisa saja berada di tanah.

Selain fungsi praktikal, ada fungsi estetika yang bisa kita amati dari rambut di telapak kaki kucing. Bagi ras kucing domestik tertentu, kehadiran rambut ini justru menambah keunikan dan kecantikan sendiri yang bisa menjadi kebahagiaan tersendiri pemiliknya. Bahkan, pada beberapa acara kecantikan kucing, rambut di telapak kaki ini bisa menambah nilai bagi anabul yang ikut berlomba, lho.

2. Lalu, apakah boleh mencukur rambut pada telapak kaki kucing?

potret rambut telapak kaki kucing yang sudah sangat panjang (commons.wikimedia.org/Flanoz)

Terkait pernyataan ini, mungkin ada orang-orang yang mengatakan kita tidak boleh mencukur rambut tersebut, tapi ada pula yang berpendapat boleh-boleh saja. Ternyata, jawabannya boleh-boleh saja, lho. Akan tetapi, pastinya ada aturan atau hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pemilik bisa memutuskan untuk mencukur rambut tersebut.

Sebenarnya, rambut pada paw kucing terbilang lebih pendek dan ringan. Mengingat fungsinya sebagai sensor dan mencegah kotoran masuk ke kulit telapak kaki, pemilik bisa membiarkan saja rambut tersebut. Ketika sudah menjadi sangat panjang dan terlihat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kucing, barulah pemilik bisa untuk mencukur bulu tersebut.

Dilansir The Dodo, rambut telapak kaki yang terlalu panjang dapat menyebabkan debu dan kotoran terjebak di dalamnya. Jika kucing beraktivitas telalu sering di luar ruangan, debu maupun kotoran itu dapat terjebak di telapak kakinya. Kalau kondisi tersebut dibiarkan terlalu lama, maka bisa saja nanti telapak kaki si kucing akan mengalami iritasi ataupun infeksi seandainya ia terluka di area tersebut.

Pastinya, serahkan tugas mencukur rambut sekitar telapak kaki kucing pada ahlinya kalau tak memiliki keahlian serta alat yang diperlukan. Datang ke dokter hewan atau tempat grooming hewan bisa jadi solusi untuk membantu menyelesaikan masalah ini. Sekali lagi, ingat, ya, kalau kita tak sebenarnya tak perlu mencukur rambut di paw kucing jika tidak terlalu lebat dan panjang.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Kucing Sehat dan Bahagia, Cat Lovers Harus Tahu

Verified Writer

Anjar Triananda Ramadhani

Penulis artikel dengan tema sains, alam, dan teknologi | Email: anjar.triananda85@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya