TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengapa Bintang Memiliki Warna yang Berbeda-beda? Ini Alasannya

Tiap warna memiliki suhu berbeda

ilustrasi bintang (unsplash.com/Nathan Anderson)

Pernah gak kamu mengamati bintang-bintang saat langit malam cerah? Coba deh perhatikan, gak semua bintang berwarna putih terang. Ada beberapa bintang tampak kecokelatan, ada juga yang bersinar dengan kilau kebiru-biruan.

Fenomena langit ini menimbulkan rasa penasaran. Mengapa bintang memiliki warna yang berbeda-beda, ya? 

Gak perlu berlama-lama, berikut alasan di balik warna bintang yang bermacam-macam. Simak penjelasannya, yuk!

Baca Juga: Kenapa Langit Senja Berwarna Jingga? Ini Penjelasannya

Ada kaitannya dengan suhu permukaan bintang

ilustrasi bintang (unsplash.com/Kristopher Roller)

Bintang adalah benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri. Ini terjadi karena reaksi fusi nuklir yang menghasilkan energi. Dengan kata lain, bintang berbeda dengan bintang semu yang memantulkan cahaya dari bintang lain sehingga terlihat bersinar.

Dilansir Sky at Night Magazine, ukuran dan warna bintang gak sama. Misalnya, matahari tergolong bintang karena memancarkan cahayanya sendiri. Bila disandingkan dengan bintang-bintang di malam hari, matahari tentu berbeda bukan? Warnanya cenderung merah atau jingga.

Perbedaan warna bintang disebabkan adanya perbedaan suhu permukaannya, lho. Contohnya, bintang dengan suhu permukaan 3.000 derajat Celcius akan berwarna merah. Sementara itu, bintang terpanas adalah bintang biru dengan suhu 40.000 derajat Celcius.

Bintang dengan suhu paling dingin akan memiliki spektrum warna yang mendekati warna merah atau merah kecokelatan. Sebaliknya, bintang bersuhu panas akan memiliki warna yang mendekati warna biru atau biru-putih, dilansir Science ABC.

Jika suhu meningkat, maka semakin banyak gas di dalam bintang. Sederhananya, lebih banyak bahan yang dibakar. Bintang pun makin panas sehingga warnanya berubah jingga, kuning, atau putih.

Perbedaan suhu permukaan itulah yang menjadi alasan mengapa bintang memiliki warna yang berbeda-beda. 

Baca Juga: Benarkah Berat Awan Setara 100 Gajah? Ini Fakta Sebenarnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya