TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Ikan Cupang Sering Berkelahi? Ini 5 Jawabannya!

Hobi bertarung sejak dini

ilustrasi ikan cupang (unsplash.com/Khoa Pham)

"Kalau pelihara ikan cupang, tempatkan di satu akuarium saja. Jangan digabung dengan ikan cupang lain, nanti berkelahi."

Pernah mendengar saran tersebut? Bukan mengada-ada, saran tersebut masuk akal, lho. Sebab, ikan cupang sering berkelahi atau bertarung dengan ikan cupang lain.

Bila kamu perhatikan, penjual ikan cupang selalu mengisi satu akuarium dengan satu ikan cupang. Lantas, kenapa ikan cupang sering berkelahi saat bersama dengan ikan cupang lain?

Daripada makin penasaran, simak penjelasan ilmiah tentang perilaku ikan cupang ini, ya.

1. Adu kekuatan biar kelihatan paling jantan

ilustrasi ikan cupang dumbo (pexels.com/Thang Cao)

Nama lain ikan cupang (betta fish) adalah Siamese Fighting Fish. Artinya, Ikan Petarung Siam. Dari namanya saja, ikan cupang sudah menunjukkan tendensi suka berkelahi ya, Guys.

Dilansir The Spruce Pets, nama tersebut terinspirasi dari perilaku ikan cupang yang sering melakukan agresi. Akibatnya, ikan cupang selalu dipelihara di akuarium terpisah. Memasukkan dua atau lebih ikan cupang jantan terutama dalam satu wadah bisa berbahaya.

Mereka akan saling mendorong, menggigit, menabrak, atau membuka penutup insang masing-masing. Bahkan uniknya, dua ikan cupang jantan dapat mengunci bibir saat berkelahi.

Perkelahian itu cuma memiliki satu tujuan. Mereka sedang adu kekuatan untuk menjadi ikan cupang jantan paling jagoan. Ini salah satu alasan kenapa ikan cupang sering berkelahi, ya.

2. Hewan teritorial yang posesif

ikan cupang indah (pexels.com/Chevanon Photography)

Selain adu kekuatan untuk mencari yang paling kuat, alasan kenapa ikan cupang sering berkelahi adalah untuk membangun wilayah. Ikan cupang adalah hewan yang teritorial.

Sebenarnya, semua hewan memiliki insting teritorial sebagai cara bertahan hidup di alam liar, seperti singa dan harimau. Namun sepertinya insting teritorial ikan cupang sangat kuat.

Dilansir Fishlab, ikan cupang juga terkenal sangat posesif dengan habitatnya. Ia gak akan segan menyerang pejantan lain yang memasuki wilayahnya. Ketika ditempatkan ke akuarium, ikan cupang akan menganggap akuarium adalah tempat atau habitat miliknya.

Bila ada ikan cupang jantan lain yang masuk akuariumnya, perkelahian gak akan terhindarkan. Risikonya, ikan cupang tersebut terluka atau bahkan mati.

Baca Juga: Mengapa Burung Hantu Disebut Burung Hantu? Ini Alasannya

3. Saling berebut makanan

ikan cupang biru (unsplash.com/Kyaw Tun)

Alasan kenapa ikan cupang sering berkelahi juga gak jauh-jauh dari makanan. Para ikan cupang punya kecenderungan protektif pada persediaan makanan. Ketika ada pejantan lain yang mengancam, ikan cupang akan melawannya. 

Ikan cupang tergolong cerdas dalam mendeteksi bahaya. Gak buang-buang waktu, ikan cupang bisa jadi langsung mengajak duel ikan cupang lain yang masuk akuariumnya. 

4. Bersaing demi mendapatkan sang betina pujaan

ikan cupang putih (pexels.com/Chevanon Photography)

Sama seperti naluri alamiah hewan lain, ikan cupang jantan akan bertindak agresif demi mendapatkan ikan cupang betina. Ikan cupang jantan rela bertarung untuk menarik perhatian betina pujaannya.

Inilah alasan lain kenapa ikan cupang sering berkelahi. Ikan cupang jantan memang gak bisa tinggal satu rumah dengan ikan cupang jantan lain. Tapi, beda halnya bila ia hidup dengan ikan cupang betina. 

Dilansir Betta Fish, ikan cupang jantan bisa satu atap dengan ikan-ikan cupang betina, lho. Ia tampak jinak, seolah bukan ikan cupang jantan seperti biasanya yang suka berkelahi.

Ikan cupang betina sendiri lebih proaktif. Ia bisa hidup rukun dengan sesama ikan cupang betina juga.

Menariknya, ikan cupang jantan cukup gentlemen nih. Sebab, ia akan melindungi telur yang dilahirkan ikan cupang betina. Ia berusaha sekuat tenaga menjaga sarangnya juga.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya