TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatasi Anak Anjing yang Tak Mau Makan, Jangan Dibiarkan!

Anak anjing kerap tidak mau makan karena berbagai alasan

ilustrasi anak anjing (pexels.com/Torsten Dettlaff)

Intinya Sih...

  • Anak anjing sering tidak mau makan karena masalah kesehatan, pilihan makanan, dan lingkungan.
  • Pemeriksaan kesehatan anak anjing penting untuk mengetahui penyebabnya, sedangkan variasi makanan dapat memancing nafsu makan.
  • Memberikan makan sesuai jadwal, memperhatikan tekstur dan suhu makanan, serta menciptakan lingkungan yang tenang dapat membantu anak anjing agar mau makan.

Memelihara anak anjing ternyata bukanlah sesuatu yang mudah karena memiliki tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh pemiliknya. Salah satu tantangan dalam memelihara anakan anjing adalah ketika hewan tersebut tidak mau makan, sehingga hal ini akan sangat berdampak pada kondisi kesehatan dan juga pertumbuhannya secara signifikan.

Sebetulnya ada berbagai faktor mengapa anak anjing tidak mau makan, entah itu karena masalah kesehatan, makanan yang kurang cocok, hingga faktor lingkungan yang dimilikinya. Oleh sebab itu, kamu sebagai pemiliknya tentu dapat memperhatikan beberapa tips berikut ini dalam membantu mengatasi masalah anak anjing yang tidak mau makan.

1. Periksa kondisi kesehatannya

ilustrasi anak anjing (pexels.com/Brett Sayles)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa kondisi kesehatan anak anjing terlebih dahulu, sebab bisa saja penyebabnya karena memang sedang sakit atau tidak enak badan. Biasanya anak anjing yang kehilangan nafsu makan bisa karena memang sedang mengalami masalah kesehatan, seperti infeksi, gangguan pencernaan, hingga masalah pada giginya.

Jika kamu melihat bahwa anak anjing sudah tampak lesu, muntah, atau pun diare, maka jangan menunda untuk membawanya ke dokter hewan. #etidaknya hal tersebut akan membantu anak anjing untuk mendapatkan perawatan dan pemeriksaan secara lebih lanjut, sehingga mengembalikan nafsu makannya.

2. Berikan makanan yang menarik

ilustrasi anak anjing (pexels.com/Josh Sorenson)

Terkadang anak anjing mungkin menolak makan yang diberikan karena memang terlihat kurang menarik atau tidak sesuai dengan seleranya. Bagaimana pun juga anak anjing ternyata memiliki selera tersendiri apabila berkaitan dengan makanan, sehingga hal ini perlu dipahami oleh setiap pemiliknya.

Kamu bisa secara berkala mengganti jenis makanan agar lebih bervariasi atau pun menambahkan sedikit makanan basah, kaldu, hingga daging yang telah dimasak sebelumnya. Mungkin saja aroma yang lebih kuat dari makanan baru bisa membantu memancing nafsu makan yang dimiliki anak anjing, sehingga nantinya bisa melahap makanan yang ada dengan lebih berselera.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Anak Anjing Pertama Kali, Harus Tetap Hangat!

3. Berikan lingkungan makan yang tenang

ilustrasi anak anjing (pexels.com/Goochie Poochie Grooming)

Anak anjing mungkin tidak mau makan karena memang memiliki lingkungan yang bising atau pun penuh dengan gangguan. Sering kali anak anjing memerlukan tempat yang tepat agar nantinya bisa fokus dengan makanan yang disajikan, sehingga tidak sampai mudah mengalami distraksi yang pada akhirnya justru menimbulkan penurunan nafsu makan.

Kamu mungkin bisa memilih tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan atau pun sumber distraksi lainnya. Selain itu, pastikan pula tidak ada anjing lain atau pun hewan peliharaan lain yang mungkin dapat membuat anak anjing merasa mudah terancam dan mudah mengalami stress.

4. Membuat jadwal makan yang teratur

ilustrasi anak anjing (pexels.com/wkn)

Memberikan makanan untuk anak anjing tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan karena harus memperhatikan jadwal makan yang ada. Anak anjing setidaknya perlu dibiasakan untuk makan sesuai dengan jadwal, sehingga nantinya dapat membantu mengembangkan kebiasaan makan yang baik dan tidak sampai menurunkan nafsu makan yang dimilikinya.

Coba untuk memberikan makanan pada waktu yang sama setiap hari dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Kurangilah pemberian camilan di luar jam makan karena hal ini dapat menurunkan selera makan yang dimiliki anak anjing, sehingga justru membuatnya jadi tidak bisa makan banyak pada saat waktu makan utama.

Verified Writer

Alva Daria

Once you win, once you learn.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya