TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyebab Kucing Tiba-tiba Menjauh, Bisa Jadi Sakit!

Kucing biasanya akan mengisolasi dirinya sendiri

ilustrasi kucing (unsplash.com/Jiawei Zhao)

Intinya Sih...

  • Kucing bisa menjauh karena sensitif terhadap perubahan lingkungan, seperti pindah rumah atau rutinitas harian yang berubah.
  • Kucing bisa mengalami trauma akibat kejadian menyakitkan, suara keras, atau tindakan tidak sengaja, membuatnya merasa tidak aman.
  • Kucing juga bisa menjauh karena masalah kesehatan, seperti sakit atau ketidaknyamanan fisik yang membuatnya memilih untuk menyendiri.

Kucing memang dikenal sebagai hewan peliharaan yang cukup mandiri dan sering kali cuek dengan berbagai hal. Mungkin pada beberapa kesempatan bisa saja kucing akan tampak sangat manja dan penuh kasih sayang, namun di lain waktu justru bisa tiba-tiba menjauhimu dan mengisolasi dirinya tanpa alasan yang jelas.

Perubahan perilaku yang dilakukan oleh kucing akan membuat pemiliknya menjadi takut atau pun khawatir, apalagi jika terus menerus menjauh dengan kurun waktu yang tidak sebentar. Namun, ada beberapa penyebab berikut ini yang mungkin saja menjadi latar belakang utama dari sikap kucing yang tiba-tiba menjauhimu.

1. Perubahan lingkungan yang dialaminya

ilustrasi kandang kucing (pexels.com/Carolina Almeida)

Kucing termasuk hewan yang cukup sensitif terhadap beragam perubahan yang terjadi di lingkungannya. Memang berbagai perubahan tersebut bisa berupa pindah rumah, penambahan anggota keluarga baru, hingga perubahan rutinitas harian yang mungkin dilakukannya sehari-hari.

Bukan hal mudah bagi kucing untuk menyesuaikan dirinya dengan perubahan yang ada, sehingga membuat kucing merasa tidak aman dan mudah mengalami stres. Rasa tidak nyaman inilah yang kemudian membuat kucing jadi berusaha menjauh untuk menyesuaikan dirinya dengan situasi yang baru.

2. Mengalami trauma

ilustrasi kucing sphynx (pexels.com/Pexels User)

Kucing termasuk salah satu hewan yang juga cukup rentan mengalami risiko trauma apalagi pada situasi-situasi yang dirasa menakutkan untuknya. Sering kali kucing mungkin mengalami kejadian yang cukup menyakitkan, entah itu karena kecelakaan kecil, suara yang keras, atau pun tindakan yang tidak sengaja dilakukan olehmu.

Biasanya pengalaman pengalaman negatif yang dialami oleh kucing dapat menimbulkan trauma tersendiri yang membuat hewan tersebut jadi menjauh. Namun, jika memang kondisi kucing sudah mulai merasa lebih baik, maka ia pun akan kembali dan tidak lagi mengisolasi dirinya sendiri.

3. Perubahan bau pada lingkungannya

ilustrasi kucing (pexels.com/Aleksandr Nadyojin)

Kucing termasuk hewan teritori yang memang cukup sensitif dengan aroma atau pun bau di lingkungannya. Tidak mengherankan apabila kucing bisa saja bersikap sangat peka terhadap perubahan bau yang ada, termasuk apabila bau tersebut tidak dikenali sama sekali atau pun tidak disukai oleh hewan berbulu tersebut.

Bukan tidak mungkin jika kucing biasanya akan menjauh sejenak untuk menghindari perubahan bau yang ada, apalagi jika terletak di beberapa area yang sering didekati oleh kucing. Namun, jika memang baru tersebut sudah hilang, maka biasanya kucing pun akan kembali mendekat dan tidak mengisolasi dirinya lagi.

Baca Juga: Kenapa Kucing Menatap Kita Lama bahkan Tanpa Berkedip?

4. Mengalami sakit

ilustrasi kucing (unsplash.com/Sam Chang)

Kucing tentu saja merupakan hewan yang bisa mengalami masalah kesehatan tertentu apabila kondisinya sedang kurang baik. Biasanya kucing yang sedang tidak enak badan atau pun sakit sering kali lebih memilih untuk menyendiri daripada berbaur dengan hewan lainnya atau pun bermain bersama pemiliknya.

Tentu saja kamu harus ekstra curiga apabila kucing tersebut tiba-tiba menjauhimu dan tampak lebih lesu dari biasanya. Apalagi jika gejala tersebut diikuti dengan perubahan nafsu makan, perilaku buang air atau pun adanya tanda-tanda ketidaknyamanan secara fisik, sehingga menjadi pertanda bahwa kucing tersebut sedang sakit.

Verified Writer

Alva Daria

Once you win, once you learn.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya