TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahaya Ular Piton bagi Manusia, Jangan Disepelekan!

Walau tak memiliki bisa, tetapi ular piton tetap berbahaya

ilustrasi ular piton (pexels.com/Pixabay)

Ular piton merupakan salah satu jenis ular yang cukup terkenal dengan ukuran tubuhnya yang besar dan juga kekuatan yang luar biasa. Walau pun secara umum memang ular piton tidak memiliki bisa, namun tetap saja keberadaannya menjadi ancaman serius bagi manusia, sehingga tidak disarankan untuk berinteraksi secara langsung.

Bahaya yang ditimbulkan oleh ular piton sering kali tidak disadari oleh banyak orang, apalagi ular ini banyak ditemukan di area yang dekat dengan pemukiman penduduk. Meski memang ular piton tidak memiliki bisa, namun ada beberapa bahaya utama berikut ini yang mungkin bisa ditimbulkan oleh ulat tersebut terhadap manusia.

1. Kemampuan membelit yang mematikan

ilustrasi ular piton (unsplash.com/Hongwei FAN)

Ular piton terkenal dengan ukuran tubuhnya yang besar dan juga kekuatan yang luar biasa, sehingga membuat ular tersebut dapat membelit dengan sangat kuat. Ular piton biasanya akan membelit mangsanya dengan kekuatan besar hingga mangsa tersebut tidak bisa bernapas dan hal ini tentu saja dapat mengakibatkan bahaya apabila sampai dialami oleh manusia.

Ular piton memang memiliki cara untuk melumpuhkan mangsa nya dengan cara membelit, sehingga akibatnya bisa fatal bahkan dalam hitungan menit. Risiko ini bisa semakin berbahaya apabila ular piton memiliki ukuran yang jauh lebih besar, sehingga kekuatan membelitnya juga jadi luar biasa.

2. Ukuran tubuhnya yang luar biasa

ilustrasi ular (pexels.com/Davyd Bortnik)

Seperti yang diketahui bahwa ular piton memiliki ukuran dan juga kekuatan yang besar jika dibandingkan dengan ular ular pada umumnya. Banyak ditemukan ular piton dengan panjang lebih dari 6 m dan berat yang bahkan mencapai 100 kg, namun hal ini juga biasanya disesuaikan dengan spesiesnya masing-masing.

Memiliki ukuran kekuatan yang luar biasa tentu saja dapat membuat ular piton mampu menyerang dan melumpuhkan manusia, terutama anak-anak atau pun orang dewasa yang mungkin tidak berdaya. Serangan ular piton dengan ukuran yang besar akan sulit untuk dilawan, sehingga membuat korbannya jadi berada pada situasi yang berbahaya.

Baca Juga: Ular Piton 3 Meter Melilit di Tembok Rumah Warga Wedomartani Sleman

3. Risiko gigitan yang keras

ilustrasi ular (pexels.com/Diego Madrigal)

Kamu harus cermat dengan risiko gigitan yang mungkin dilakukan oleh ular piton karena bisa menimbulkan luka yang tentu saja berbahaya. Walau memang ular piton tidak memiliki bisa, namun gigitannya dapat menimbulkan cedera serius karena ular tersebut memiliki deretan gigi tajam yang melengkung ke belakang, sehingga dirancang untuk menahan mangsanya agar tidak bisa melarikan diri.

Gigitan yang dilakukan oleh ular piton ternyata bisa menyebabkan luka dalam infeksi hingga pendarahan yang tentunya membutuhkan perawatan medis segera. Selain itu, gigitan ular piton sering kali merupakan awal dari belitan mematikan yang nantinya akan dilakukan oleh ular tersebut.

4. Serangan tidak terduga

ilustrasi ular (pexels.com/Kamil Zubrzycki)

Ular piton ternyata merupakan predator yang memiliki kemampuan untuk menyergap dengan cara yang cerdik. Hal ini karena memang ular piton sering menunggu di tempat tersembunyi dan menyerang secara tiba-tiba pada saat masanya sudah mulai mendekat, sehingga hal ini bisa menimbulkan bahaya tersendiri apabila sampai terjadi pada manusia.

Kerap kali situasi seperti ini banyak terjadi di daerah hutan, ladang, atau bahkan di sekitar pemukiman yang berdekatan dengan habitat alami dari ular piton. Serangan tidak terduga yang dilakukan oleh ular piton dapat menimbulkan trauma fisik dan juga psikologis yang parah, sehingga harus berhati-hati dan ekstra waspada.

Verified Writer

Alva Daria

Once you win, once you learn.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya