TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hewan Mamalia Darat Tercerdas, Memiliki DNA Mirip dengan Manusia

Memiliki kemampuan intelektual yang menakjubkan

ilustrasi simpanse (wikimedia.org/Chi King)

Mamalia adalah kelompok hewan bertulang belakang yang sangat beragam dan mendominasi sebagian besar ekosistem di bumi. Karakteristik mamalia adalah menghirup udara dengan paru-paru, memiliki tulang belakang atau tulang punggung, memiliki rambut, dan memiliki kelenjar penghasil susu yang terdapat pada semua mamalia betina.

Kelompok mamalia sangat luas, begitu pula dengan habitat mamalia yang beragam mulai dari air tawar, laut, dan sebagian besar hidup di darat. Mamalia darat diidentifikasi sebagai kelompok hewan yang memiliki otak lebih berkembang jika dibandingkan dengan hewan lainnya. Salah satu mamalia darat bahkan dinobatkan sebagai hewan tercerdas yaitu simpanse. Ingin mengetahui informasi terkait hewan mamalia darat tercedas lainnya? Yuk, simak faktanya di bawah!

1. Simpanse

ilustrasi simpanse (wikimedia.org/Bjoertvedt)

Simpanse adalah mamalia darat sekaligus hewan yang sangat cerdas. Mereka diyakini miliki DNA yang sangat mirip dengan manusia. Dilansir laman BBC Science Focus, simpanse memiliki 98,7 persen DNA yang sama dengan manusia.

Kemampuan intelektual simpanse sangat menakjubkan. Mamalia darat ini mampu mempelajari bahasa insyarat untuk berkomunikasi dengan manusia dan dapat mengingat orang yang sudah lama tidak mereka lihat. Simpanse juga mampu mengenali diri mereka sendiri saat bercermin dan menunjukkan tanda-tanda kepedulian dan kesedihan.

Simpanse terkenal dengan kemampuannya dalam menggunakan alat. Di alam liar, simpanse dapat membuat tombak untuk berburu, menggunakan alat untuk memecahkan kacang dan menyingkirkan rayap dari kayu. Simpanse juga mampu memecahkan masalah tingkat lanjut dan teka-teki. Mereka bahkan mengalahkan manusia dalam tes mengingat.

2. Orangutan

ilustrasi orang utan (wikimedia.org/Emcc83)

Orangutan dianggap sebagai makhluk terpintar setelah manusia, hal ini karena manusia berbagi lebih dari 96 persen DNA yang sama kepada orangutan. Dilansir laman Borneo Nature Foundation, orangutan terkenal dengan kemampuannya dalam menggunakan alat di alam liar. Mereka biasa menggunakan tongkat kayu untuk menangkap ikan dan menggunakan daun untuk meningkatkan volume suara mereka pada saat berkomunikasi.

Terdapat penemuan terkait kecerdasan orangutan, dimana orangutan betina beberapa kali terpantau sedang mengunyah daun Dracaena cantleyi hingga menjadi busa, yang kemudian dioleskan ke bagian tubuh tertentu untuk pereda nyeri. Menariknya, daun Dracaena cantleyi atau daun tewukak sudah lama digunakan oleh masyarakat Dayak untuk meredakan pegal-pegal dan nyeri.

Baca Juga: 12 Mamalia Darat Terbesar di Indonesia, Sebagian Besar Herbivor

3. Gajah

ilustrasi gajah (wikimedia.org/Yathin S Krishnappa)

Gajah merupakan mamalia yang memiliki otak terbesar dari semua mamalia darat yang ada di Bumi. Dilansir laman HowStuffWorks, gajah memiliki ingatan yang luar biasa. Ingatan ini hidup dalam 251 miliar neuron (tiga kali lebih banyak dari manusia) yang ada di otak mereka.

Banyaknya neuron yang dimiliki memungkinkan gajah untuk memiliki penyimpanan memori jangka panjang yang luar biasa. Mereka akan mengingat rute navigasi dan lokasi tempat mencari makan, mengingat suara dan bau predator, serta dapat membedakan anggota keluarga dan rekan dari ratusan gajah lainnya.

Gajah juga memiliki kecerdasan emosional yang menakjubkan. Mereka akan membantu gajah lain yang terluka, membawakan mereka makanan dan air. Mereka juga menunjukkan kesedihan ketika anggota keluarga mereka meninggal dan terkadang menguburkannya atau menutupinya dengan dedaunan.

4. Tupai

ilustrasi tupai (wikimedia.org/Charles J. Sharp)

Meskipun terkenal dengan sifat lucunya, tupai sebenarnya merupakan salah satu hewan yang cerdas dan sangat strategis, lho. Dilansir laman HowStuffWorks, tupai memiliki kemampuan yang sangat strategis di tengah lingkungan hidupnya yang dikelilingi oleh banyak predator, hal ini dapat dilihat dari kebiasaan mereka dalam menyimpan makanan.

Tupai membutuhkan asupan kalori yang tinggi untuk ukuran tubuhnya, mereka seringkali menyimpan banyak makanan untuk bulan-bulan sulit di musim dingin. Mereka biasanya menyimpan dan mengubur makanan mereka di beberapa lokasi untuk menghindari apabila salah satu lokasi mereka terancam predator. Mamalia cerdas ini juga membangun sarang yang dikenal dengan sebutan dreys, di tempat yang tinggi dan aman dari bahaya.

Selain itu, tupai merupakan salah satu mamalia darat yang sangat strategis. Mereka akan membuat tempat persembunyian palsu untuk membingungkan calon pencuri yang ingin mengambil simpanan makanannya.

Verified Writer

Alifya Putri

Bibliophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya