TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Hewan Paling Setia ke Pasangan, dari Beaver sampai Macaroni Penguin

Satu pasangan seumur hidup

hewan yang setia ke pasangan (commons.wikimedia.org/Jerzy Strzelecki)

Sifat setia terhadap pasangan sangat melekat ke beberapa hewan yang dekat dengan kita. Mereka terkenal sebagai makhluk monogamous atau hanya memilih dan setia kepada satu partner selama masa hidupnya. Salah satu hewan yang terkenal akan kesetiaannya terhadap pasangan adalah angsa.

Lalu, selain angsa, hewan apa lagi yang juga setia seumur hidup kepada pasangannya? Temukan jawabannya dalam ulasan di bawah ini.

1. Beaver

beaver (pexels.com/Denitsa Kireva)

Beaver kerap disalahartikan sebagai hewan yang sama dengan otter. Keduanya sama-sama disebut sebagai berang-berang di Indonesia. Namun, beaver memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih berat dibanding otter yang terlihat lebih ramping.

Dilansir Forest Preserve District of Will County, salah satu jenis beaver, yakni beaver Amerika Utara dikenal sebagai hewan yang setia sampai salah satu di antaranya meninggal. Ketika salah satu dari pasangan mati, beaver yang masih hidup akan mencari pasangan lain. Selain menjadi hewan yang setia dengan pasangan, beaver juga memiliki sifat sosial serta kekeluargaan yang tinggi.

2. Burung nasar hitam

burung nasar hitam (commons.wikimedia.org/gary_leavens)

Burung nasar hitam atau black vulture juga merupakan hewan yang setia kepada pasangannya. Burung nasar hitam yang sudah kawin atau menemukan pasangannya akan terus bersama sepanjang tahun. Sepasang hewan ini juga akan bertanggung jawab untuk merawat anak-anaknya serta bergantian mengerami telurnya.

Sifat setia kepada pasangan ini juga sangat didukung dengan burung nasar hitam lainnya. Diketahui bahwa apabila ada burung nasar hitam yang selingkuh dari pasangannya, burung lain akan menyerang yang tertangkap berselingkuh.

3. Angsa

angsa (commons.wikimedia.org/Richard Bartz, Munich Makro Freak)

Hewan yang terkenal dengan bulu putih dan kesan anggun ini juga merupakan hewan yang setia terhadap pasangan. Disebutkan Treehugger, sepasang angsa bisa membentuk ikatan atau menjadi pasangan dalam waktu yang lama. Pada beberapa spesies keduanya bahkan menjadi pasangan seumur hidup.

Baca Juga: 8 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan serta Penjelasan juga Fungsinya

4. Koyote

koyote (commons.wikimedia.org/Cephas)

Secara umum, koyote juga merupakan hewan yang setia terhadap pasangannya. Hewan yang memiliki penampilan mirip serigala ini juga hanya setia kepada satu pasangan selama hidupnya. Ketika salah satu dari keduanya mati, koyote yang masih hidup akan mencari pasangan lain agar tetap bisa berkembang biak.

5. Kuda laut

kuda laut (commons.wikimedia.org/Will Thomas)

Tidak hanya hewan darat, para penghuni lautan juga banyak yang setia kepada pasangan mereka. Salah satunya adalah kuda laut. Menariknya, ketika kuda laut jantan bisa bersikap genit kepada calon pasangan potensial, kuda laut betina adalah makhluk yang mudah cemburu. Mereka bisa bersaing dengan kuda laut lainnya untuk mendapatkan jantan yang mereka inginkan.

Selain itu, keunikan dari makhluk laut satu ini adalah sang jantanlah yang bertugas untuk membawa bayi-bayi mereka dalam kantong yang ada di perutnya.

6. Dik-dik

dik-dik (commons.wikimedia.org/Englandfan~commonswiki)

Pernah dengar hewan bernama dik-dik? Dik-dik adalah nama dari beberapa spesies antelop kecil dalam genus Madoqua. Seumur hidupnya, hewan ini hanya kawin dengan satu pasangan saja. Selain itu, mereka juga lebih suka bepergian dengan pasangan lain.

7. Barn owl

barn owl (pexels.com/Omar Ramadan)

Barn owl juga diketahui termasuk dalam hewan yang kawin untuk seumur hidup. Untuk menarik perhatian calon pasangannya, burung antu jantan akan melakukan pertunjukan khusus untuk si betina. Tidak hanya itu, burung jantan juga akan memamerkan lokasi sarang potensial yang bisa digunakan betina untuk bertelur.

Setelah lamarannya diterima, barn owl jantan akan memberikan mangsa buruannya kepada betina. Ketika telur-telurnya menetas, burung jantan juga akan membawa pulang mangsa untuk diberikan kepada betina dan anak-anaknya. Sungguh ayah yang bertanggung jawab.

Verified Writer

Afrezya Yumia

Everything~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya